Apa Itu Hernia? Penyebab Dan Pencegahan Yang Mudah Dilakukan

Apa Itu Hernia? Penyebab dan Pencegahan Yang Mudah Dilakukan – Sering kali kita bertanya apa itu hernia? Penyakit ini terjadi saat ada organ tubuh yang menonjol keluar melalui jaringan otot yang melemah dan membentuk sebuah kantung dengan cincin sebagai pintu keluar organ tersebut. Memang kebanyakan penderita adalah laki-laki dimana terjadi penurunan buah zakar sebab tertekan oleh organ yang keluar tadi. Namun wanita juga dapat mengalaminya saat otot dinding bagian perut melemah sehingga usus dapat menonjol keluar. Bayi pun dapat mengalami hernia tali pusar dimana organ yang keluar akan mendorong bagian di sekitar tali pusar bayi sehingga membengkak. Biasanya benjolan akan terlihat saat bayi sedang menangis atau batuk-batuk, namun benjolan akan menghilang kedalam saat bayi tidur dalam posisi telentang.

inguinal-hernia

Penyebab dan Pencegahan Hernia yang Sesuai Kondisi Penderita

Penyebab hernia sendiri bermacam-macam tergantung pada gaya hidup penderita contohnya kebiasaan mengangkat benda-benda berat. Hal ini akan diperburuk saat penderita tidak memiliki stamina yang baik sehingga menyebabkan otot melemah dan terbentuklah hernia. Selain itu batuk kencang secara terus menerus yang mengguncang perut akan menyebabkan otot sakit dan lemah. Benturan yang keras pada bagian perut dapat pula menyebabkan hernia perut secara tiba-tiba. Kebiasaan penderita yang buruk seperti merokok, asupan gisi buruk, dan penggunaan tenaga yang berlebihan akan menyebabkan kemungkinan terjadinya hernia meningkat. Bahkan sisi psikologi dari penderita juga akan mempengaruhi kemungkinan terjadinya penyakit ini.

Untuk pencegahannya tentu kita harus sesuaikan dengan penyebab dari hernia itu sendiri. Namun, terdapat beberapa hal umum yang dapat kita lakukan.

1. Penggunaan teknik mengangkat beban yang berat, seharusnya mengangkat beban dilakukan menggunakan otot kaki bukan otot perut atau punggung.

2. Bagi yang kesulitan buang air kecil, biasanya akan menekan otot perut secara berlebihan saat sedang buang air kecil. Hal ini dapat menjadi penyebab hernia yang lain. Karena itu segera periksakan masalah Anda, penyebab kesulitan buang air bermacam-macam.

3. Obesitas dapat meningkatkan kemungkinan terbentuknya hernia sebab tumpukan lemak dapat membebani otot sehingga melemah. Berolahraga secara teratur untuk menjaga stamina dan kekuatan otot sertai mengurangi berat badan yang berlebih.

4. Berhenti merokok karena kandungan buruk dalam rokok akan menyebabkan otot kekurangan oksigen sehingga kondisinya akan menurun dan menyebabkan hernia terjadi.

5. Makan banyak serat sehingga melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Buang air besar dengan menekan otot perut berlebihan akan merusak kondisi otot.

6. Ubah pola makan dengan mengasumsi makanan yang mengandung gizi yang cukup. Dengan demikian nutrisi tubuh akan tercukupi dan kondisi otot akan kuat. Setiap otot yang melemah akan dapat diperbaiki sebelum terjadinya hernia. Dengan menjaga kondisi badan Anda bahkan tidak perlu bertanya apa itu hernia karena pencegahan telah dilakukan.