Apa Saja Faktor Penyebab Radang Tenggorokan Sering Kambuh

Apa Saja Faktor Penyebab Radang Tenggorokan Sering Kambuh – Sebelum kita mengulas faktor, virus atau makanan apa saja penyebab radang tenggorokan. Terlebih dahulu samakan pendapat kita mengenai apa itu penyakit radang tenggorokan. Dalam dunia medis biasa di kenal dengan istilah “faringitis”, bisa diartikan sebagai peradangan yang muncul di bagian belakang tenggorokan (faring). Faringitis sendiri bisa mempengaruhi beberapa atau bahkan semua bagian tenggorokan dan amandel, meliputi:

virus penyebab radang tenggorokan kronis

  • Satu per tiga bagian belakang lidah
  • Bagian belakang dari langit-langit mulut(soft palate atau palatum molle)
  • Tonsil (amandel).

Ini dikarenakan bagian-bagian itulah yang mengalami peradangan sehingga menyebabkan rasa sakit tenggorokan pada anak serta balita bahkan orang dewasa, sakit saat menelan, entah itu menelan ludah, makanan & minuman.

Secara umum penyebabnya dibagi menjadi dua golongan besar yakni faktor infeksi (virus & bakteri) dan penyebab non-infeksi (alergi, iritan, GERD, tumor)

Kebanyakan Penyebab Radang Tenggorokan yang ialah karena infeksi virus, virus yang juga mengakibatkan common cold (pilek) & Influenza (flu).

Penyebab Radang tenggorokan Pada Bayi Usia 4, 6, 7, 8 bulan: Infeksi

Infeksi virus
Beberapa Virus yang mengakibatkan peradangan diantaranya:

  1. Flu (influenza)
  2. Mononucleosis (mono)
  3. Common cold
  4. Virus Campak
  5. Virus Cacar air
  6. Virus Croup – menyebabkan penyakit pada anak dengan gejala batuk keras disertai menggonggong

Infeksi bakteri
Infeksi bakteri yang mengakibatkan diantaranya:

  1. Radang tenggorokan muncul di karenakan bakteri Streptococcus pyogenes, atau group A streptococcus.
  2. Batuk rejan, infeksi saluran pernapasan yang cepat menular
  3. Difteri, penyakit pernafasan tingkat lanjut yang lebih lebih sering menyerang di negara berkembang.

Penyebab Radang Tenggorokan Pada Anak Balita Usia 1 atau 2 tahun: non-infeksi

Alergi.
Alergi terhadap bulu hewan seperti kucing, kelinci ataupun yang lainnya, jamur, debu & serbuk sari.

Kekeringan.
Kekeringan yang terjadi di area sekitar tenggorokan, umumnya dikarenan suhu udara panas & kurangnya konsumsi air minum. contoh kasusnya semisal bernapas lewat mulut – karena hidung tersumbat – juga bisa mengakibatkan mulut kering & berlanjut menjadi radang tenggorokan kronis.

Iritasi.
Penyebab yang satu ini sering kita temukan, bahkan sebagian besar masyarakat mengalaminya. Yang menjadi penyebab iritasi sangatlah beragam mulai dari akibat makan-makanan contohnya goreng-gorengan, keripik, makanan pedas, ciki-ciki (terutama pada anak), minuman beralkohol. selain itu juga bisa dikarenakan oleh polusi udara, & asap rokok.

Gastroesophageal reflux disease (GERD).
GERD merupakan keadaan dimana terganggunya sistem pencernaan karena asam lambung atau isi lainnya dari lambung kembali lagi keatas (reflux) yaitu ke esofagus. Dikarenakan isi lambung adalah asam yang bersifat membuat iritasi jaringan maka dapat mengakibatkan radang pada tenggorokan. Tanda-tanda ataupun gejala lain yang mungkin terlihat seperti perut menjadi mulas muntah, suara serak, & terasa ada benjolan di tenggorokan.

Infeksi HIV.
Peradangan pada tenggorokan & gejala seperti flu kadang-kadang timbul di awal-awal setelah seseorang terinfeksi virus HIV. Jika sudah terkena HIV-positif kemungkinan bisa terserang radang tenggorokan kronis. Gangguan kesehatan lain yang sering diderita diantaranya : infeksi jamur biasa dikenal dengan oral trush & infeksi sitomegalovirus.

Tumor.
Kalau yang satu ini jarang sekali terjadi, tumor atau kanker lidah ataupun pita suara (laring) bisa menyebabkan sakit di tenggorokan.

Itulah sedikit pengetahuan penyebab terjadinya radang tenggorokan yang mungkin pernah anda mengalaminya. Semoga bisa menambah pengetahuan para pembaca semua tentang dunia kesehatan. Dan bisa disembuhkan dengan Cara pengobatan baik itu menggunakan obat antibiotik, obat herbal dan obat alami tradisional.

penyebab radang tenggorokan sering kambuh, apa saja yang menyebabkan radang kambuh, kenapa radang tenggrokan sering kambuh, penyebab penyakit radang tenggorok sering kambuh, sering radang kambuh