Berikut Gejala Kanker Getah Bening

Berikut Gejala Kanker Getah Bening – Pada postingan kali ini mbah akan coba menjelaskan tentang bagaimana Anda dapat mengetahui apa saja pengelompokan ciri-ciri kanker kelenjar getah bening & apa gejala awal kanker getah bening secara medis. Arti dari kanker kelenjar getah bening (limfoma) ialah suatu tumor ganas yang begitu erat kaitannya dengan sistem limfatik. Sistem limfatik sendiri merupakan salah satu bagian penting dari sistem ketahanan tubuh & tugasnya yakni membentuk pertahanan secara alami tubuh melawan tumor dan infeksi.

Cairan limfatik yaitu cairan berwarna putih mirip seperti susu yang di dalamnya terkandung protein, lemak serta limfosit yang semuanya mengalir menuju seluruh bagian tubuh melalui pembuluh limfatik. Gejala umum yang sering dirasakan pengidap kanker kelenjar getah bening baik itu baik itu pada baik maupun pada anak balita diantaranya nampak pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, maupun pangkal paha. Di bawah ini keterangan untuk lebih jelasnya.

gejala kanker getah bening pad anak bayi balita

Pengelompokan dan Gejala Dini Kanker Getah Bening

1. Hodgkin’s : Merupakan jenis limfoma yang ditandai dengan adanya pembesaran kelenjar getah bening serta limpa tapi tidak terasa sakit. Tumor ini sangatlah progresif di sebagian besar jaringan limfoid & pertumbuhan tidak normal sel terjadi dengan cepat. Faktor yang beresiko terkena kanker jenis Hodgkin’s:

  • Pria maupun wanita umur 15-38 tahun serta usianya lebih dari 50 tahun.
  • Memiliki kelainan di dalam fungsi sistem ketahanan seluler tubuh (sel-T) meskipun produksi anti bodi normal.
  • Dan berikut adalah gejala tumor getah bening jenis Hodgkin’s:
  • Pembengkakan semua kelenjar getah bening di luruh bagian tubuh: Leher, ketiak, dan lipatan paha (tidak terasa sakit/nyeri).
  • Demam, sering berkeringat di malam hari, menjadi tidak nafsu makan, serta berat badan turun dengan cepat.
BACA TIPS INI JUGA  Diet Ringan Dan Cara Menghilangkan Lemak Di Perut

Pada beberapa kasus, terkadang menyerang bagian dada yang nantinya menyebabkan gangguan sistem pernafasan. Kalau terus berkembang, sel-sel yang tidak normal akan mulai menyebar ke kelenjar getah bening di bagian sekitarnya & akan mulai menyerang struktur lainnya diantaranya paru-paru, hati, & organ-organ abdominal.

2. Non-Hodgkin : Adalah tumor ganas yang asalnya dari limfonodus & jaringan limfa lainnya. Gejala umum kanker jenis Non-Hodgkin:

  • Adanya pembesaran kelenjar getah bening.
  • Adanya pembesaran tonsil serta kelenjar adenoid, limfonodus pada leher & bagian sekitarnya menjadi sedikit kemerahan.
  • Limfoma yang berkembang lama kelamaan akan menunjukkan gejala demam, berkeringat di waktu malam hari, cepat lelah, & berat badan menurun.
  • Limfoma jenis umumnya sering menyerang pria apalagi pada usia di atas 50 tahun. Semakin tua umur seseorang semakin tinggi pula resiko terkena limfoma.

Sampai saat kini penyebab limfoma belumlah diketahui dengan pasti. Ada empat penyebab kemungkinannya yakni faktor keturunan, kelainan pada sistem kekebalan, terinfeksi virus ataupun bakteri serta toksin lingkungan (herbisida, bahan pengawet, pewarna kimia).