Buah-buahan Penambah Darah Terbaik Untuk Penderita Anemia

Buah-buahan penambah darah menjadi alternatif penting untuk para penderita anemia. Ini karena anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah. Jika seseorang mengalami penyakit tersebut maka asupan makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan, salah satunya adalah dengan mengonsumi buah-buahan yang memang dapat meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, darah merupakan komponen penting untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Untuk itu, darah yang ada di dalam tubuh setiap orang harus seimbang.

baca juga : manfaat ikan patin untuk kesehatan

Penyakit kekurangan sel darah merah atau anemia dapat disebabkan karena beberapa hal, biasanya dapat terjadi karena terlalu menerapkan sikap vegetarian atau juga dapat terjadi saat wanita sedang datang bulan. Dalam kondisi tersebut bisanya seorang wanita akan kekurangan darah. Wanita dikatakan mengalami anemia jika hemoglobin kurang dari 11,5 g/dl. Sedangkan seorang pria terkena anemia jika jumlah hemoglobin kurang dari 13,5 g/dl. Orang yang terkena anemia juga memiliki jumlah hemaltokrik yang rendah, yakni <41% pada seorang pria dan <36% pada wanita.

Untuk mengatasi tersebut sebenarnya ada suplemen yang dapat dikonsumsi, tetapi Anda lebih lebih baik menggunakan cara alami dengan makanan buah-buahan penambah darah. Cara alami ini dipercaya jauh lebih aman dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen. Buah-buahan sangat baik untuk tubuh karena tidak menimbulkan efek samping. Selain itu, jika dikonsumsi secara rutin maka buah-buahan juga baik untuk kesehatan tubuh lainnya.

Buah-buahan Penambah Darah yang Efektif

buah

Tidak semua buah-buahan dapat dimanfaatkan untuk mencegah atau mengatasi anemia. Namun demikian, buah-buahan yang memiliki manfaat penambah darah tersebut cukup mudah didapatkan karena memang sering dikonsumsi banyak orang. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa buah yang dapat Anda konsumsi untuk penderita anemia.

Alpukat

Buah pertama yang dapat Anda konsumsi adalah alpukat. Banyak orang yang menganggap jika buah ini mengandung banyak lemak, sehingga bagi mereka yang sedang menjalankan program diet akan menghindari buah yang satu ini. Padahal buah alpukat mengandung lemak tak jenuh yang aman untuk dikonsumsi. Selain aman, buah alpukat juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit anemia. Buah ini memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh yang kekurangan darah karena mengandung zat besi. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pembentukan sel darah merah yang berfungsi untuk mengikat oksigen.

Apel

Buah-buahan penambah darah selanjutnya adalah apel. Buah ini mengandung vitamin yang sangat lengkap dan dibutuhkan tubuh. Selain itu, buah apel juga mengandung zat besi yang dapat membantu dalam meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh. Buah apel juga merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi orang karena memiliki rasa yang manis dan mudah didapatkan. Untuk harganya juga cukup terjangkau. Jika Anda menderita anemia maka disarankan untuk mengonsumsi buah apel secara rutin setiap pagi dan malam hari.

Semangka

Buah yang baik untuk penderita anemia selanjutnya adalah semangka. Buah yang satu ini memang terkenal sangat segar, apalagi saat dimakan saat suasana panas. Buah semangka mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk meningkatkan sel darah merah. Buah yang mengandung banyak air ini dapat membantu memobilisasi zat besi yang diserap tubuh untuk membantuk mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Selain semangka, ada juga buah-buahan lain yang mengandung citamin seperti plum, apricot, melon, dan mangga.

Kurma

Kurma merupakan buah-buahan penambah darah yang dapat Anda konsumsi selanjutnya. Buah kurma juga dipercaya dapat menambah energi dan sering dikonsumsi oleh kaum muslim ketika berbuka puasa. Buah kurma mengandung vitamin B kompleks yang cukup tinggi serta dapat meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh. Selain itu, buah kurma juga mengandung gula yang mudah untuk dicerna. Kandungan gula pada kurma dapat memberikan energi tambahan sehingga sangat cocok dikonsumsi penderita anemia.

Buah Naga

Penderita anemia juga disarankan untuk mengonsumsi buah naga karena buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin. Di Cina, buah ini dianggap sebagai buah pembawa keberuntungan dan berkah. Banyak orang yang mengonsumsinya untuk obat alami dan menyembuhkan beberapa penyakit. Anda dapat mengonsumsi buah naga dengan cara dibuat jus atau memakannya secara langsung.

Jambu Biji

Jambu biji mengandung banyak vitamin C, bahkan kandungan tersebut lebih dari buah jeruk. Mengonsumsi jambu biji secara rutin tentu akan membantu memperbanyak produksi sel darah merah di dalam tubuh.

baca juga : manfaat minyak ikan dari bahan alami

Itulah beberapa buah-buahan penambah darah yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi atau mencegah anemia. Sebenarnya masih banyak buah-buahan lain yang dapat Anda konsumsi seperti tomat, anggur, pisang, sirsak, pepaya, dan sebagainya. Tentu buah-buahan tersebut memiliki nutrisi yang lebih baik dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen kimia.