Cara Aman Menghilangkan Bekas Luka

Sebagian besar orang atau bahkan setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya terjatuh dan menimbulkan luka. Terkadang luka tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh dan tidak sedikit yang malah menimbulkan bekas. Bekas luka yang timbul biasanya berupa noda hitam yang biasanya malah memakan waktu yang lebih lama untuk hilang. Hal ini tentu saja sangat mengganggu pemandangan, terlebih jika bekas luka tersebut berada di sekitar tubuh yang terlihat seperti wajah misalnya. Tentu saja hal ini bisa mengurangi rasa percaya diri sehingga Anda akan berusaha untuk menghilangkannya. Cara menghilangkan bekas luka memang bisa dilakukan dengan obat penghilang luka, namun Anda perlu hati-hati. Alih-alih sembuh, justru bekas luka Anda malah lebih parah. Untuk itu, kami rekomendasikan cara alami untuk menghilangkan bekas luka.

Solusi Tepat dan Alami Atasi Bekas Luka

cara menghilangkan bekas luka

Sebenarnya banyak sekali bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat penghilang luka. Selain terjangkau, Anda juga tak perlu khawatir tentang efek samping karena bahan alami tentu saja tak akan memiliki efek samping yang membahayakan. Langsung saja, berikut beberapa cara menghilangkan bekas luka dengan memanfaatkan bahan alami.

Mentimun

Yang pertama adalah menggunakan mentimun. Selain sebagai sayuran dan bahan kecantikan, mentimun juga bisa dijadikan sebagai bahan alami penghilang bekas luka. Caranya sangat mudah, yakni Anda pilih mentimun yang benar-benar segar kemudian cuci hingga bersih. Selanjutnya blender mentimun tersebut sampai halus. Anda dapat mengoleskan ke bagian bekas luka setelah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan masker mentimun tersebut hingga kering dan bilas menggunakan air dingin.

Cara & Tips >>  Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Minyak Zaitun

Cara menghilangkan bekas luka yang selanjutnya adalah dengan minyak zaitun. Sejak dulu, minyak zaitun memang terkenal sebagai bahan kecantikan termasuk menghilangkan noda hitam seperti bekas luka ini. Cara penggunaannya juga sama, siapkan minyak zaitun secukupnya kemudian oleskan secara merata pada bagian bekas luka secara rutin. Diamkan sekitar 2 jam agar minyak zaitun meresap, setelah itu bilas menggunakan air bersih.

Bawang Putih

Kemudian Anda juga bisa memanfaatkan bumbu dapur yaitu bawang putih. Bawang putih ini memiliki kandungan yang dapat menghapus bekas luka dan juga mencegah munculnya keloid. Caranya, potong bawang putih menjadi dua lalu gosokkan pada bekas luka Anda. Lakukan secara rutin dan teratur.

Madu

Bahan alami lain yang bisa menghilangkan bekas luka adalah madu. Sudah sejak dahulu madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat dan khasiat dan salah satunya adalah penghilang bekas luka ini. Cara menggunakan madu untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan menyediakan madu alami secukupnya, kemudian Anda bersihkan area luka terlebih dahulu lalu oleskan madu secara merata. Diamkan beberapa saat hingga mengering kemudian bilas menggunakan air dingin hingga bersih. Anda dapat melakukan cara ini scara rutin.

Cara & Tips >>  Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Mudah & Cepat

Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bekas luka juga bisa menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis ini kaya akan vitamin yang sangat bermanfaat untuk perawatan tubuh, salah satunya adalah mengangkat sel kulit mati penyebab luka. Cara menggunakannya adalah belah jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian tambahkan sedikit gula. Gosok potongan jeruk nipis tersebut pada bagian bekas luka secara melingkar. Lakukan hingga potongan jeruk nipis tersebut kering. Setelah itu Anda dapat membilasnya menggunakan air hangat.

Mengkudu

Selain itu Anda juga bisa menggunakan cara menghilangkan bekas luka dengan buah mengkudu. Buah satu ini memang dikenal berkhasiat karena memiliki kandungan senyawa yang bersifat anti jamur dan anti bakteri. Selain dapat mencegah jerawat, buah mengkudu juga baik untuk mengilangkan bekas luka. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan mengkudu lalu balurkan pada area bekas luka. Biarkan beberapa saat lalu bersihkan dengan kain yang dibasahi dengan air hangat.

Teh Hijau

Teh hijau merupakan minuman alami yang terkenal memiliki kandungan antioksidan tinggi yang disebut dengan Epigallocatechin Gallate (EGCG). Menurut beberapa penelitian, kandungan antioksidan pada teh hijau 200 kali lipat lebih baik dibanding dengan vitamin E untuk mencegah peradangan, merawat kulit dan menghilangkan bekas luka. Biasanya teh hijau banyak diseduh dan diminumĀ  secara rutin setiap hari. Jika ingin menggunakannya untuk menghilangkan bekas luka maka Anda dapat menggunakan teh hijau sebagai toner. Caranya adalah dengan menyelupkan kapas ke dalam teh yang sudah diseduh kemudian usap ke bagian bekas luka secara merata. Lakukan cara ini secara rutin setelah mandi.

Cara & Tips >>  Beberapa Bahan Penghalus Kulit Wajah Alami

Lidah Buaya

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan menggunakan lidah buaya. Menurut penelitian, gel tanaman herbal ini mengandung lignin serta asam amino. Kedua senyawa itu mampu membantu melembabkan kulit, mempercepat regenerasi sel, dan mencegah peradangan. Cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan tanaman lidah buaya yang masih segar kemudian ambil gel nya. Setelah mandi, oleskan gel lidah buaya ke seluruh bagian bekas luka. Diamkan sekitar 1 jam agar dapat meresap kemudian bilas menggunakan air dingin.

baca juga : cara menghilangkan panu secara alami dan cepat

Itulah beberapa cara aman menghilangkan bekas luka yang perlu Anda ketahui.

PENTING! BACA JUGA kulit
Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami - Siapapun orangnya tidak tua tidak muda, tidak laki-laki dan tidak wanita kepingin kulit...

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Mudah & Cepat

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Mudah & Cepat - Panu atau yang di sebut dengan istilah tinea versicolor merupakan salah...

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami
Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami - Bagi anda yang sedang kebingungan mencari cara menghilangkan kutu rambut secara alami, sebaiknya...

Close