Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Rambut

Kutu rambut merupakan jenis binatang kecil yang tumbuh dan berkembang di sekitar rambut dan kepala. Keberadaan kutu pada rambut ini bisa menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala karena kutu hidup dengan cara menghisap darah di daerah tersebut. Tentu hal ini sangat mengganggu, terlebih kutu berkembang biak dengan sangat cepat sehingga jumlah kutu akan bertambah banyak dalam waktu yang singkat. Pertumbuhan kutu rambut sendiri biasanya disebabkan oleh faktor kurangnya kebersihan rambut sehingga berkembanglah kutu rambut. Atau bisa juga perkembangan kutu ini dikarenakan faktor tertular dari orang lain yang memiliki kutu. Nah untuk membasmi pengganggu kecil ini, berikut cara menghilangkan kutu rambut.

Basmi Kutu Rambut dengan Bahan Alami

kutu

Kutu rambut merupakan hewan kecil yang sangat mengganggu baik kenyamanan ataupun penampilan. Untuk membasminya, tentu Anda perlu cara menghilangkan kutu rambut yang ampuh. Menghilangkan kutu rambut sebenarnya bisa dilakukan dengan memotong rambut sampai pendek. Namun tidak semua orang, khususnya wanita yang suka dengan rambut pendek. Untuk itu, kami akan berikan alternatif lain dengan cara menghilangkan kutu rambut secara alami.

Cara menghilangkan kutu rambut yang pertama adalah menggunakan bawang merah. Bumbu wajib dapur yang satu ini tak hanya berguna di dapur saja, akan tetapi bisa juga digunakan sebagai pembasmi kutu. Cara penggunaannya sangat mudah. Anda hanya perlu menghaluskannya lalu dioleskan ke seluruh kulit kepala dan pijat-pijat secara lembut. Bungkus rambut dengan topi mandi dan diamkan beberapa menit lalu keramaslah sampai rambut bersih.

Cara & Tips >>  Cara Merawat Rambut Agar Cepat Tumbuh Panjang Lurus Tidak Rontok dan Bercabang

Kemudian Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk membasmi kutu rambut. Caranya, hangatkan minyak kelapa lalu basahi atau oleskan ke seluruh kulit kepala. Bungkus bagian kulit kepala dan rambut dengan handuk dan diamkan selama semalam. Paginya, keramasi sampai bersih dan lakukan secara berturut-turut 3 malam. Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya adalah menggunakan campuran 2 sendok makan minyak kayu putih dengan perasan jeruk nipis. Caranya pun tak jauh berbeda. Anda oleskan campuran tersebut ke seluruh kulit kepala Anda dan dipijat-pijat. Kenakan topi mandi dan diamkan beberapa saat lalu keramas sampai bersih. Lakukan secara rutin sampai kutu benar-benar hilang.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara menghilangkan kutu rambut dengan cuka putih. Cuka memiliki kandungan antiseptik yang dapat membersihkan seluruh kulit kepala dari jamur yang bersarang dengan cara membasahi rambut Anda menggunakan cuka ini lalu dipijat-pijat dan kenakan topi mandi. Diamkan sampai 30 menit lalu sisirlah dengan menggunakan sisir rapat atau serit. Lakukan beberapa kali sampai kutu rambut hilang. Gunakan juga serit tersebut dengan sering karena serit juga dapat membasmi kutu dari rambut.

Cara & Tips >>  Tips Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Kering

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan almond. Almon merupakan salah satu bahan alami yang dapat menghilangkan kutu rambut beserta telut-telurnya. Selain dapat mengatasi kutu di rambut, almond juga dapat berguna untuk merawat dan menyehatkan rambut secara alami.

Untuk menghilangkan kutu dan telur-telurnya, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan merendam biji almond terlebih dahulu selama semalam. Di pagi harinya Anda tumbuk atau blender hingga berbentuk pasta. Langkah selanjutnya campurkan perasan lemon atau jeruk nipis dan aduk hingga rata. Oleskan krim alami tersebut ke seluruh  rambut dan kulit hingga merata. Pijat beberapa saat kemudian diamkan hingga 2 jam. Langkah terakhir adalah dengan membilas dengan menggunakan air dingin.  Anda dapat melakukan perawatan ini satu minggu sekali.

Bahan alami selanjutnya adalah dengan menggunakan mayones. Biasanya mayones digunakan sebagai bahan untuk pelengkap hot dog. Namun siapa sangka jika bahan yang satu ini dapat mengatasi kutu rambut hingga ke telur-telurnya. Cara menggunakan mayones untuk menghilangkan kutu rambut adalah dengan membalurkan secara merata pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Jika sudah merata maka tutup kepala Anda menggunakan handuk basah yang hangat atau menggunakan shower cup. Sebelumnya pijat beberapa saat agar mayones dapat meresap kemudian diamkan lagi selama 5 jam. Setelah itu, Anda bilas dan keramas hingga bersih. Agar hasilnya lebih maksimal, langkah terakhir adalah sisir rambut menggunakan sisir khusus kutu.

Cara & Tips >>  Cara Membasmi Kutu Rambut Paling Praktis

Cara ampuh menghilangkan kutu selanjutnya adalah dengan menggunakan jus lemon. Lemon merupakan bahan alami yang memiliki sifat asam yang sangat tinggi. Kandungan asam pada buah lemon dapat berguna untuk menghilangkan kutu di rambut secara cepat. Selain itu, perawatan ini juga cocok untuk segala umur mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk menggunakannya siapkan satu buah lemon dan cuka. Peras lemon dalam sebuah wadah, dan basuhlah se seluruh bagian rambut. Pijat secara perlahan hingga 10 menit, kemudian diamkan selama setengah jam. Langkah terakhir adalah bilas menggunakan air cuka hangat hingga bersih.

baca juga : cara melebatkan rambut dengan cepat

Itulah beberapa bahan alami untuk menghilangkan kutu rambut yang bisa Anda praktekkan langsung di rumah. Selamat mencoba.

PENTING! BACA JUGA rambut
Cara Melebatkan Rambut Dengan Cepat

Cara melebatkan rambut dengan cepat tentu merupakan hal yang diinginkan setiap orang yang memiliki permasalahan pada rambut. Rambut merupakan bagian...

Khasiat Minyak Zaitun untuk Rambut

Khasiat minyak zaitun untuk rambut memang cukup ampuh dan sudah dipercaya sejak zaman dahulu. Permasalahan seperti rambut rontok, beruban, bercabang,...

Cara Membasmi Kutu Rambut Paling Praktis

Cara membasmi kutu rambut dengan cara alami lebih banyak dipilih karena selain mudah, bahan yang digunakan juga cukup banyak disekitar...

Close