Cara Kerja Ginjal Dalam Sistem Ekskresi

Cara kerja ginjal – Ginjal merupakan organ tubuh manusia yang bertugas menyaring sisa zat metabolisme yang tidak dibutuhkan lagi yang dikeluarkan tubuh berupa air seni.Organ ini berbentuk lonjong sebanyak dua buah yang ukuranya hampir setara kepalan tangan.Organ ini letaknya ada di dekat pertengahan punggung, lebih tepatnya ada di kerangka tulang rusuk. Jika diibaratkan ginjal merupakan mesin yang sangat canggih. Organ ini merupakan salah satu organ yang mempunyai peranan vital dalam tubuh manusia ,mengingat kerjanya yang sangat berat sebagai penyaring racun.Wajib kita menjaga kesehatan ginjal ini sebaik-baiknya.

struktur ginjal

Jangan menganggap remeh ginjal meski ukurannya kecil ,ginjal merupakan organ yang sangat vital fungsinya. Bahkan banyak masyarakat awan menyebut organ ini sebagai buah pinggang. Penguraian jaringan aktif secara normal dan dari makanan yang kita makan menghasilkan bahan ampas dalam darah. Kita membutuhkan makanan untuk dijadikan menjadi tenaga dan memperbaiki jaringan didalam tubuh. Setelah tubuh mendapat tenaga dari makanan sisanya yang berupa ampas yang tidak bisa dimanfaatkan tubuh akan dialirkan melaui darah. Jika dalam kerja ginjal tidak ada penyaringan racun sampah ini akan menumpuk dalam darah dan akan merusak tubuh.

Air seni diproduksi dalam ginjal secara berulang – ulang dari menit ke menit, kemudian dialirkan melalui saluran kemih dan menuju kandung kemih. Kalau kandung kemih sudah terisi cukup banyak urine kemudian akan memberi rangsangan buang air kecil. Didalam maaf ”alat kelamin” ada yang dinamakan uretra yang fungsinya sebagai saluran untuk mengeluarkan air seni. Biasanya dalam sehari kita mengeluarkan 1 sampai 2 liter air seni. Dapat diartikan juga ginjal berfungsi mempertahankan keseimbangan, mengatur konsentrasi dan komposisi cairan tubuh.

Fungsi ginjal selanjutnya adalah mengatur kalsium pada tulang, mempertahankan berapa volume dan tekanan darah, mengatur produksi sel merah darah, juga
menghasilkan beberapa hormon seperti herythropoietin, reni dan vitamin D aktif.

Sebenarnya bagaimana sih cara kerja ginjal pada manusia? Berikut ini adalah penjelasan bagaimana organ ini bekerja yaitu diawali dengan proses darah yang akan disaring dialirkan melalui arteri ginjal menuju ke ginjal. Air dan beberapa larutan yang akan disaring juga terdapat di dalam arteri ginjal.Sebagian larutan yang tidak terfiltrasi akan dialirkan kembali ke sistem sirkulasi yang melewati vena terjadi proses filtrasi (penyaringan). Darah lalu menuju kapiler glomerulus. Didalam glomerulus, air dan zat terlarut disaring dan menghasilkan urin primer, lalu urin primer masuk menuju kapsula Bowman.

Filtrat plasma darah tidak ada kandungan sel darah maupun molekul protein yang besar. Namun protein berbentuk molekul kecil dapat dijumpai dalam filtrat ini. Setiap harinya darah manusia melewati ginjal sebanyak 350 kali dengan kecepatan 1,2 liter per menit, dan menghasilkan 125 cc urine primer per menitnya.

Cara kerja ginjal selanjutnya yaitu mengatur jalannya penyaringan glomerular yang dipakai guna keperluan tes diagnosa fungsi ginjal. Dalam filtrat glomeruli masih ada zat yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh, seperti garam, glukosa,asam amino, dan air, lalu selanjutnya akan melewati tubulus proksimal (pada bagian korteks), lengkung Henle (pada bagian medula) sampai ke tubulus distal.

Kerja ginjal berikutnya adalah melaksanakan proses reabsorbsi zat-zat yang masih diperlukan oleh tubuh. Dan saat melewati ketiga bagian itu.Cairan bertugas menyaring kembali itu akan mengalami penambahan atau sekresi zat-zat dari pembuluh darah kapiler di sekitar tubulus distal. Zat-zat itu diantaranya ion hidrogen (H ) ion klorida (Cl ) racun, dan ampas obat-obatan yang sudah tidak berguna. Biasanya cara kerja ini disebut sebagai augmentasi. Kemudian urine mengalir kedalam pembuluh pembuluh halus saluran pengumpul yang ada didalam sumsum ginjal. Saluran itu bermuara pada rongga ginjal. Urin yang terkumpul di rongga ginjal mengalir melewati ureter lalu ke kantung kemih. Dan jika kantung kemih sudah penuh, akan terasa adanya paksaan untuk mengeluarkan urine, kemudian urin mengalir keluar tubuh melalui saluran kencing.
Dalam kondisi normal, urin manusia mengandung;
1. Urea
2. Air
3. Amonia (sisa perombakan protein)
4. Garam mineral
5. zat warna empedu yang memberikan warna kuning
pada urine
6. zat berlebih dalam darah, yaitu vitamin,
obat obatan, & hormon.
Itulah beberapa ulasan mengenai cara kerja ginjal. Semoga
dapat berfuna untuk anda, baca juga mengenai batas kadar gula darah dalam tubuh di artikel sebelumya.

cara kerja ginjal, cara kerja ginjal secara singkat, Kerja ginjal, jelaskan 3 proses kerja pada ginjal, cara kerja ginjal pada sistem ekskresi, cara kerja ginjal sebagai alat ekskresi, Jelaskan bagaimana cara kerja ginjal sehingga menghasilkan urine, gambar cara kerja ginjal, fungsi penjelasan cara kerja ginjal, fungsi dan prinsip kerja ginjal pada sistem ekskresi, fungsi dan cara kerja organ ginjal dalam sistem ekskresi, contoh cara kerja ginjal pada sistem ekskresi, cara kerja sistem ekskresi, Cara kerja ginjal pada sistem eksresi, uraikanlah sistem kerja ginjal