Cara Membasmi Kutu Rambut Paling Praktis

Cara membasmi kutu rambut dengan cara alami lebih banyak dipilih karena selain mudah, bahan yang digunakan juga cukup banyak disekitar kita. Kutu rambut merupakan salah satu masalah pada kulit kepala yang sering muncul. Permasalahan ini sudah ada sejak zaman dahulu, terutama pada anak-anak. Hampir setiap anak pernah mengalami permasalahan kutu rambut. Memang hal ini bukan permasalah yang besar, namun jika dibiarkan terus menerus akan membuat kepala tidak nyaman karena akan menimbulkan rasa gatal terus menerus.

Jika tidak segera di atasi maka kutu rambut betina yang sudah dewasa akan bertelur dan jumlah telur yang dihasilkan kutu betina sebanyak 6 buah per hari. Bayangkan jika ada puluhan ekor kutu betina di kepala Anda. Telur tersebut membutuhkan waktu sekitar 8 hari agar dapat menetas.

kutu

Adapun penyebab kutu rambut adalah sebagai berikut :

• Menggunakan sisir yang sama – Kutu rambut merupakan hewan yang dapat berpindah-pindah. Biasanya penyebab terkena kutu rambut adalah penggunaan sisir yang sama dengan orang yang memiliki kutu rambut.
• Menggunakan handuk yang sama – Selain sisir, penggunaan handuk yang sama dengan penerita kutu rambut juga dapat menimbulkan Anda terlutal.
• Jarang merawat rambut – Perawatan rambut yang kurang baik akan menimbulakan kutu tumbuh di rambut Anda.

Cara Membasmi Kutu Rambut Secara Alami

Sebenarnya ada banyak cara untuk menghilangkan kutu rambut. Pada proses ini bagian yang paling sulit adalah membasmi telur dari kutu tersebut. Berikut bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk membasmi kutu rambut.

Almond

Bahan alam yang mampu membersihkan kutu rambut adalah almond. Selain itu, penggunaan almond juga dapat merawat kesehatan rambut, membuat rambut lebih hitam, kuat, dan tidak bercabang. Cara menggunakannya adalah dengan merendam almond selama 10-12 jam. Setelah itu angkat almond dan kupas hingga bersih. Haluskan almond tersebut menggunakan blender dan tambahkan air perasan jeruk nipis atau lemon hingga merata. Anda dapat menggunakan campuran bahan tersebut untuk dioleskan pada di kulit kepala secara merata, Anda juga dapat sambil memijat kulit kepala agar lebih rileks. Setelah rata, diamkan selama 2 jam dan bilas menggunakan air bersih . Anda dapat menggunakan cara membasmi kutu rambut ini seminggu sekali.

Alkohol

Alkohol mengandung senyawa isopropil 70% dan Anda dapat manfaatkan untuk membasi kutu rambut. Namun Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan alkohol. Selain membasmi kutu rambut, alkohol juga ampuh untuk menghilangkan telur yang menempel di rambut. Cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan wadah untuk tempat alkohol kemudian gunakan jari untuk mengoleskan alkohol pada rambut dan kulit kepala hingga rata. Diamkan selama 30 menit kemudian sisir menggunakan sisir khusus kutu. Biasanya kutu rambut dan telur akan terbawa dan mudah mati. Langkah terakhir adalah bilas menggunakan shampo dan air bersih. Perlu Anda ketahui jika cara ini cukup dilakukan seminggu sekali karena jika terlalu sering dapat menimbulkan iritasi.

les

Perasan Lemon

Lemon merupakan buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi dan baik untuk tubuh. Kandungan asam pada buah lemon dipercaya mampu menghilangkan telur dan kutu rambut. Cara menggunakannya adalah dengan mempersiapkan 1 buah lemon dan cuka. Peras lemon dan gunakan untuk membusuk rambut hingga rata hingga ujung kepala. Beri pijatan dan diamkan selama 40 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat yang sudah dicampur cuka. Anda dapat menyisir rambut menggunakan sisir khusus kutu agar kutu dan telur dapat menempel.

Minyak Zaitun

Cara membasmi kutu rambut secara alami selanjutnya adalah menggunakan minyak zaitun. Sudah bukan rahasia lagi jika minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk rambut, salah satunya adalah mengilangkan kutu rambut. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan kulit kepala dan rambut dengan minyak zaitun secara rata. Pijat kulit kepala agar lebih rileks dan tutup kulit kepala menggunakan shower cup, dan diamkan beberapa jam. Setelah itu, bersihkan rambut menggunakan sisir khusus kutu rambut dan bilas menggunakan shampo. Penggunaan minyak zaitun secara rutin mampu menghilangkan kutu dan telur secara cepat.

Bawang Merah

Bubu masakan yang kita gunakan hampir setiap hari ternyata memiliki manfaat untuk membasmi kutu dari kulit kepala. Selain murah, mudah dan aman, penggunaan bawang merah juga tidak memiliki efek samping. Cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan 4 bawang merah dan haluskan menggunakan blender. Setelah itu peras bawang merah yang sudah dihaluskan. Oleskan perasan bawang merah pada rambut dan kulit kepala secara rata. Anda tutup rambut menggunakan handuk basah dan diamkan selama 2 jam. Setelah itu sisir rambut menggunakan sisir khusus kutu. Sisir tersebut bertujuan untuk mengangkat kutu dan telur dari rambut.

baca juga : cara menumbuhkan dan menyuburkan rambut secara alami

Itulah beberapa cara membasmi kutu rambut yang dapat Anda coba di rumah.

cara menghilangkan kutu