Cara Membentuk Otot Dada Dengan Mudah Dan Praktis

Memiliki bentuk dada bidang dan kekar adalah impian setiap pria, karena pria dengan tubuh seperti itu akan terlihat kuat dan macho. Para wanita pun kebanyakan akan memilih laki-laki berdada kuat dan berotot karena bagi wanita, dada seorang pria akan bagus jika berotot dari pada banyak lemaknya. Untuk menjaga kesehatan serta menarik perhatian kaum wanita, seorang pria akan mencoba berbagai cara membentuk otot dada supaya terlihat kekar dan dapat memikat hati wanita.

Akan tetapi, dalam rangka memiliki tubuh ideal tersebut, seorang laki-laki harus mau melakukan beberapa langkah dalam proses pembentukan otot dada yang tidak dapat dimiliki dengan waktu yang singkat, tetapi harus melalui beberapa tahapan latihan yang teratur dan disiplin. Cara membentuk otot dada bagi pria tidaklah harus dilakukan di tempat fitness atau tempat olahraga yang harus mengeluarkan biaya cukup mahal, tetapi Anda cukup melakukan latihan di rumah tanpa menggunakan bantuan alat olah raga.

Membentuk Otot Dada dengan Push Up

dada

Cara membentuk otot dada pada pria bisa dilakukan dengan melakukan push up. Push up merupakan gerakan tubuh dalam rangka berolahraga dengan pusat pengendali tenaga atau pusat penopang anggota tubuh berada pada lengan. Gerakan dilakukan naik turun mengangkat badan dan kedua tangan sebagai penyangga seperti halnya kaki. Melakukan gerakan push up salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melatih terbentuknya otot dada yang tidak memerlukan alat atau perlengkapan yang memadai dan bisa Anda lakukan di mana pun.

Cara & Tips >>  Cara Mengurangi Rambut Rontok Parah Berlebih dengan Teh

Cara membentuk otot dada dengan cara push up tidak harus Anda lakukan setiap hari dan dengan waktu yang lama walaupun sebenarnya Anda mampu untuk melakukannya. Akan tetapi, yang paling baik adalah ketika Anda melakukan kegiatan olah raga tersebut dengan waktu yang sedikit tetapi dilakukan rutin setiap hari atau bisa dikatakan latihan pembentukan otot dada dilaksanakan dengan porsi yang seimbang. Selain itu, jangan melakukan rotasi bahu yang berlebihan, karena hal tersebut akan menyebabkan sakit pada persendian bahu Anda. Cedera sendi bahu akan menghambat kegiatan Anda dalam proses pembentukan otot dada yang kuat.

Teknik push up yang Anda lakukan dapat juga divariasikan dengan berbagai cara. Cara membentuk otot dada dengan teknik variasi weighted push up bisa Anda terapkan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi. Teknik ini adalah push up dengan ditambahkan beban yang nantinya diletakkan di atas punggung Anda. Beban tersebut haruslah seimbang beratnya dan bisa berupa plate maupun sandbag. Selain Anda melakukan berbagai variasi push up yang harus diperhatikan lagi adalah nutrisi yang sehat seperti protein, karbohidrat, dan vitamin untuk menunjang terbentuknya otot dada Anda.

Cara & Tips >>  Manfaat Teh Hijau untuk Diet

Selain melakukan teknik push up standar Anda juga dapat melakukan beberapa teknik push up lainnya, misalnya adalah dengan plyometric push up. Variasi push up ini baik untuk Anda yang sudah terbiasa melakukan latihan push up. Pasalnya, plyometric push up memiliki tingkat kesulitan yang lebih dibandingkan dengan teknik push up standar. Selain untuk membentuk otot dada, variasi push up ini dapat melatih otot tricep. Cara melakukannya adalah dengan mengambil posisi puh up pada umumnya, namun di bagian kaki direntangkan hingga selebar bahu. Turunkan tubuh hingga dada hingga hampir menyentuh lantai. Saat tubuh diangkat, coba lepaskan tangan dari lantai sehingga kedua tangan akan terangkat. Cara ini dapat dilakukan berulang kali dengan hitungan 10 dalam satu sesi.

Pola Makan Tepat untuk Membentuk Otot

Hindari Banyak Makan Kalori

Banyak orang yang percaya bahwa untuk memiliki oto besar, maka Anda harus menambahkan asupan kalori di dalam tubuh. Namun perlu Anda pahami bahwa kenaikan berat badan tersebut bukan karena otot, melainkan karena timbunan lemak. Intinya adalah Anda harus mendapatkan asupan kalori yang cukup untuk tubuh sebagai bahan bakar ketika latihan. Dan yang paling penting adalah Anda harus menghindari makanan olahan, aneka gorengan, makanan ringan, dan makanan cepat saji.

Cara & Tips >>  10 Makanan Berserat Tinggi Baik Untuk Kesehatan

Protein

Protein merupakan bagian terpenting untuk mendapatkan bentuk otot. Jika Anda menginginkan dada yang bidang maka Anda harus mengonsumsi protein 1-1,5 gram per kg berat badan Anda setiap hari. Anda bisa mendapatkan sumber protein dari daging merah, ikan, kacang, telur, dan beberapa sayuran yang mengandung protein.

Suplemen

Cara lain untuk membentuk otot dada adalah dengan mengonsusmi suplemen. Anda dapat mengonsumsi suplemen seperti Creatine Monohydrate atau Glutamine untuk meningkatkan hasil dari latihan Anda dalam membentuk otot.

baca juga : cara menambahkan berat badan dengan mudah dan cepat

Konsisten dalam melakukan latihan dengan benar dan pola makan yang teratur merupakan kunci sukses dalam pembentukan otot tubuh. Jangan lupa jika sebelum Anda melakukan latihan adalah melakukan pemanasan terlebih dahulu.

PENTING! BACA JUGA tips kesehatan
4 Cara Mengatasi Sakit Pinggang dan Bahu Akibat Duduk Seharian
4 Cara Mengatasi Sakit Pinggang dan Bahu Akibat Duduk Seharian

4 Cara Mengatasi Sakit Pinggang dan Bahu Akibat Duduk Seharian - Pekerjaan atau aktivitas setiap orang pasti berbeda-beda misalnya ada...

5 Cara Memasak Mie Instan Yang Sehat Bagi Tubuh
5 Cara Memasak Mie Instan Yang Sehat Bagi Tubuh

5 Cara Memasak Mie Instan Yang Sehat Bagi Tubuh - Mie merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digemari semua...

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Maag Ampuh
Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Maag Ampuh

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Maag Ampuh - Pada kesempatan ini penulis akan memberikan cara mengobati sakit maag secara tradisional...

Close