Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami

Cara mencerahkan wajah kusam tentu sering dicari banyak wanita untuk mendapatkan wajah yang cantik dan bersih. Seperti yang kita ketahui bahwa wajah merupakan bagian dari tubuh yang sangat berpengaruh terhadap penampilan seseorang. Dengan memiliki wajah yang bersih dan putih tentu dapat membuat seseorang, terutama wanita menjadi lebih percaya diri. Namun pada kenyataannya tidak semua wanita memiliki wajah yang putih dan bersih. Permasalahan wajah seperti kulit kusam dan tidak cerah merupakan hal yang paling sering dialami oleh banyak wanita.

baca juga : tips kecantikan wajah alami sepanjang hari

Hal ini membuat mereka melakukan segala cara untuk mendapatkan kulit wajah yang diinginkan. Sebenarnya terdapat berbagai macam cara mencerahkan wajah kusam. Di antaranya adalah dengan melakukan perawatan di salon kecantikan, menggunakan cream pemutih wajah, atau yang paling ekstrim adalah dengan melakukan operasi plastik. Padahal perlu Anda ketahui bahwa cara-cara tersebut biasanya dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan kulit.

Biasanya cream-cream pemutih wajah yang dijual di pasaran mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kulit jika digunakan dalam waktu yang lama. Sedangkan cream-cream tersebut merupakan mengandung bahan yang akan membuat seseorang ketergantungan. Kebanyakan wanita mengeluhkan penggunaan cream pemutih wajah karena ketika mereka berhenti menggunakannya maka wajah akan kembali kusam atau bahkan lebih parah seperti timbul jerawat dan membuat kulit kemerahan.

Selain itu, cara-cara tersebut juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Agar terhindar dari efek samping yang berbahaya dan tidak mengeluarkan biaya yang banyak maka Anda disarankan untuk menggunakan cara-cara alami.

Cara Mencerahkan Wajah Secara Efektif dan Alami

kusam

Perawatan secara alami dapat Anda lakukan dengan membuat masker alami untuk wajah. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapatkan dan untuk membuatnya sangat praktis. Berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk membuat masker alami.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit. Buah ini mudah didapatkan dan harganya juga cukup terjangkau. Buah pisang mengandung vitamin dan mineral yang mampu mencerahkan kulit wajah yang kusam. Untuk membuat masker alami dari buah pisang maka Anda dapat memilih pisang susu. Cara menggunakannya juga mudah, Anda cukup hancurkan pisang susu hingga halus menggunakan sendok lalu campurkan beberapa tetes minyak zaitun. Setelah tercampur rata maka Anda dapat mengoleskan secara rata ke seluruh bagian wajah kemudian diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

Tomat

Cara mencerahkan wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan tomat. Tomat memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga baik untuk kesehatan kulit. Tomat juga dapat mencegah munculnya jerawat serta mampu mencerahkan kulit kusam secara efektif. Untuk membuat masker alami dari tomat, caranya adalah dengan menghancurkan tomat hingga halus lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu Anda bilas menggunakan air hangat. Selain itu, Anda juga dapat memijat tomat yang sudah dibelah ke permukaan wajah selama 10 menit setiap pagi dan malam hari menjelang tidur.

Putih Telur

Selain baik untuk dikonsumsi, putih telur juga dapat dijadikan masker alami yang baik untuk mencerahkan wajah kusam. Anda dapat menggunakan masker putih telur sebelum tidur secara rutin. Berbeda dengan masker wajah lainnya, penggunaan putih telur harus Anda diamkan semalaman. Kemudian di pagi harinya Anda baru membilasnya dengan air hangat. Namun jika Anda tidak ingin repot mengenakan masker telur ketika tidur, Anda dapat menggunakannya di pagi hari lalu diamkan sekitar 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hingga bersih. Penggunaan masker telur yang rutin maka akan mempercepat kulit wajah menjadi cerah.

Alpukat

Belum banyak orang yang mengetahui jika alpukat ternyata memiliki khasiat untuk mencerahkan wajah kusam. Cara mencerahkan wajah menggunakan alpukat juga cukup mudah. Seperti halnya membuat masker pisang, buah alpukat Anda hancurkan kemudian gunakan sebagai masker wajah. Kandungan pada buah alpukat mampu menjaga kelembaban kulit wajah Anda sepanjang hari.

Bengkuang

Bahan alami yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi wanita. Bengkuang merupakan bahan alami yang sering digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat produk kecantikan. Bengkuang mampu memberikan rasa yang dingin di wajah. Selain itu, bengkuang juga berkhasiat untuk memutihkan wajah secara alami. Zat fenolik pada bengkuang mampu menghambat pembentukan melanin sehingga pigmentasi yang disebabkan akibat sinar matahari, kulit mati, bekas jerawat, dan hormon dapat diceagah. Selain itu, masker bengkuang juga mampu mencegah radikal bebas karena mengandung saponin, flavonoid dan vitamin C yang baik untuk kulit wajah.

Cara membuat masker bengkuang yang pertama adalah parut bengkuang dan peras airnya. Simpan air perasan bengkuang pada wadah bening. Diamkan hingga beberapa saat sampai muncul endapan di dasar wadah. Selanjutnya Anda buang air perasan dan manfaatkan endapan tersebut untuk masker wajah.

baca juga : pemutih wajah alami dan cepat

Itulah beberapa cara mencerahkan wajah kusam secara alami yang perlu Anda ketahui.