Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Dengan Cepat

Cara mengatasi radang tenggorokan dapat Anda lakukan dengan melakukan pengobatan secara medis atau menggunakan bahan-bahan alami. Radang tenggorokan merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada pita suara. Kondisi ini dapat terjadi oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Radang tenggorokan tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika terjadi pada anak-anak. Mereka biasanya akan rewel dan sering menangis akibat penyakit ini.

Penyebab radang tenggorokan adalah umumnya karena virus yang terdapat pada tenggorokan atau bakteri yang ditularkan lewat udara ketika batuk atau bersin. Selain itu, penularan bakteri itu juga dapat terjadi dari minuman dan makanan serta barang-barang yang sudah terinfeksi bakteri. Meskipun bukan suatu penyakit yang serius tetapi jika dibiarkan radang tenggorokan akan berbahaya bagi kesehatan. Penyakit ini memiliki tiga fase, diantaranya adalah sebagai berikut.

Fase Akut

Pada fase ini biasanya terjadi kurang dari 2 minggu setelah terjadi radang tenggorokan. Seseorang yang mengalami radang tenggorokan fase akut ditandai dengan adanya cairan berwarna bening di tenggorokan, hal ini disebabkan karena virus. Anda dapat mengecek tenggorokan Anda menggunakan senter dan jika terlihat bendolan berwarna kemerahan maka Anda dipastikan terkena radang tenggorakan. Gejala yang dialami pada fase ini adalah sakit tenggorokan, demam, dan terjadi pembesaran kelenjar getah bening di bagian leher.

Fase Subkronik

Fase ini dapat terjadi antara 2 minggu hingga 3 bulan. Di fase subkronik dapat terlihat bercak-bercak pada tenggorokan berwarna merah muda dan terdapat cairan berwarna keruh pada tenggorokan. Selain itu, tenggorokan penderita akan terlihat membengkak.

Fase Kronik

Fase ini dapat terjadi jika penderita mengalami radang tenggorokan lebih dari 3 bulan. Pada fase kronik Anda tidak lagi merasakan sakit ketika menelan makanan. Gejala-gejala yang terjadi adalah batuk, tenggorokan kering, gatal pada tenggorokan, serta lendir drai tenggorokan susah dikeluarkan.

Untuk mengatasi radang tenggorokan, Anda dapat memeriksakannya ke dokter dan mengonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter. Selain itu, cara mengobati radang tenggorokan lainnya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan alami dipercaya lebih ampuh serta dapat memberikan efek baik untuk kesehatan.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Secara Alami

cara mengatasi radang tenggorokan

Air Garam

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi radang tenggorokan adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Air garam memang sudah digunakan sejak zaman dahulu sebagai obat radang tenggorokan dan dapat mengobati panas dalam. Kandungan garam sendiri dapat berguna sebagai antiseptik yang mampu membersihkan lendir pada tenggorokan serta dapat menghilangkan rasa sakit. Anda dapat menggunakan air hangat yang dicampur dengan setengah sendok garam. Lakukan cara ini 3 kali sehari agar hasilnya lebih efektif.

Madu dan Lemon

Kedua bahan tersebut memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Madu bersifat antik bakterual yang dapat mengobati radang tenggorokan secara alami. Sedangkan lemon sering digunakan untuk melegakan tenggorokan. Cara mengatasi radang tenggorokan secara alami menggunakan madu dan lemon adalah dengan mencampurkannya ke dalam air hangat. Tuangkan satu sendok madu dan satu sendok perasan lemon ke dalam segelas air hangat kemudian minum. Anda dapat melakukan cara ini dua kali sehari.

Teh Jahe

Teh merupakan salah satu minuman favorit banyak orang. Jika Anda ingin menggunakannya untuk mengobati radang tenggorokan maka Anda dapat mencampurkannya dengan jahe. Jahe bersifat ekspektorat, sehingga dapat membantu melonggarkan dan dapat mengeluarkan lendir dari sistem pernafasan. Selain itu, jahe dapat meningkatkan oksigen ke dalam sel-sel, membersihkan racun, dan mempercepat proses penyembuhan. Cara membuatnya adalah Anda potong jahe dan memarkan kemudian rebus selama 3 menit. Setelah itu Anda campurkan dengan teh yang sudah diseduh. Anda dapat meminum ramuan tersebut setiap hari hingga radang tenggorokan sembuh.

Bawang Putih

Bahan alami lain yang dapat Anda gunakan selanjutnya adalah bawang putih. Bagi sebagian orang, bumbu dapur yang satu ini mungkin terdengar aneh dapat mengobati radang tenggorokan. Ini karena rasanya yang tidak enak jika dimakan mentah dan dapat menyebabkan bau mulut. Namun perlu Anda ketahui jika bawang putih memiliki kandungan allicin, yakni senyawa yang dapat membersihkan bakteri penyebab radang serta melawan kuman yang menyebabkan iritasi. Cara mengatasi radang tenggorokan dengan bawang putih cukup mudah, Anda iris bawang putih secukupnya kemudian hisap sari pada bawang merah tersebut. Anda dapat melakukan cara ini 1 kali sehari.

Jus Buah Belimbing

Jus belimbing sangat cocok untuk menyembuhakan radang tenggorokan pada anak. Ini karena jus merupakan minuman favorit anak-anak. Cara membuatnya sama seperti membuat jus pada umumnya. Ambil 100 gram buah belimbing yang sudah manis kemudian blender hingga halus. Berikan jus belibing tersebut secara rutin pada anak agar radang tenggorokan cepat sembuh.

baca juga : obat tenggorokan gatal yang disertai batuk

Itulah beberapa cara mengatasi radang tenggorokan secara alami.