Cara Mengatasi Telapak Kaki Kering dan Pecah

Cara mengatasi telapak kaki kering dan pecah sebenarnya cukup mudah dan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Biasanya orang menginginkan cara yang praktis dan cepat untuk membuat telapak kaki kembali normal. Permasalahan kaki ini paling sering terjadi pada bagian tumit. Dengan keadaan tumit yang kering dan pecah-pecah tentu membuat orang menjadi kurang percaya diri dan tidak nyaman.

Telapak kaki yang kering bisanya lama kelamaan tumit akan terlihat tebal , kemerahan, dan gatal kemudian mengelupas. Jika dibiarkan maka kulit akan menjadi retak, terasa nyeri dan mengalami pendarahan. Penyebab tumit menjadi kering ada banyak sebabnya, diantarnya adalah karena penuaan dini, terpaan udara kering, diet tidak sehat, salah memakai sepatu, dan berdiri terlalu lama di lantai yang keras. Selain itu, beberapa penyakit juga dapat menyebabkan telapak kaki kering dan pecah seperti diabetes, kapalan, eksim, psoriasis, dan penyakit tiroid.

Cara mengatas telapak kaki kering dan pecah dapat Anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan alami dipercaya lebih efektif dan cocok untuk berbagai jenis kulit, termasuk yang memiliki alergi pada kulit. Selain itu, cara mengobatinya juga cukup mudah dan lebih terjangkau.

Inilah Cara Mengatasi Telapak Kaki Kering dan Pecah

cara mengatasi telapak kaki kering dan pecah

Ada banyak bahan alami yang dapat Anda gunakan. Bahan-bahan tersebut juga mudah untuk didapatkan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan telapak kaki kering dan pecah.

Cara & Tips >>  Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Madu

Seperti yang kita ketahui, madu memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit, salah satunya adalah sebagai pelembab alami. Madu memiliki sifat anti bakteri sehingga mampu mengatasi telapak kaki kering secara efektif. Cara menggunakannya adalah tuangkan setengah cangkir madu ke dalam ember. Lalu isi ember menggunakan air hangat dan aduk hingga rata. Setelah itu Anda rendam kaki ke dalam ember selama 20 menit. Anda dapat memijat kaki Anda secara perlahan. Lakukan cara ini secara rutin hingga telapak kaki kembali halus.

Tepung Beras

Cara mengatasi telapak kaki kering dan pecah selanjutnya adalah dengan menggunakan tepung beras. Anda dapat membuat scrub alami dengan menggunakan tepung beras untuk menghilangkan sel kulit mati. Sel kulit mati inilah yang menyebabkan kulit menjadi kasar dan pecah-pecah. Cara menggunakan tepung beras untuk mengatasi permasalahan kulit kaki ini adalah dengan mencampurkan tepung beras secukupnya dengan satu sendok cuka sari apel dan sari madu. Aduk hingga mengental dan berbentuk seperti pasta. Pertama Anda harus merendam kaki menggunakan air hangat sela 10 menit kemudian Anda oleskan pasta tepung beras tersebut pada telapak kaki yang kering dan pecah sambil Anda gosok.

Cara & Tips >>  Cara Aman Menghilangkan Bekas Luka

Pisang

Selanjutnya adalah Anda dapat memanfaatkan buah pisang untuk mengatasi tumit kering dan pecah. Selain enak, pisang sudah matang ternyata memiliki khasiat sebagai pelembab alami. Anda dapat menggunakan buah pisang yang dihaluskan. Caranya adalah rendam kaki menggunakan air hangat beberapa saat, kemudian oleskan pisang yang sudah dihaluskan tersebut pada telapak kaki yang kering dan pecah. Diamkan selama 15 menit hingga mengering kemudian Anda cuci kaki menggunakan air hangat. Jika perlu Anda dapat merendam kaki kembali selama 10 menit.

Minyak Sayur

Minyak sayur yang biasa digunakan untuk memasak ini ternyata dapat digunakan sebagai cara mengatasi telapak kaki kering dan pecah yang cukup efektif. Ada berbagai jenis minyak sayur yang dapat Anda gunakan, yakni minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak wijen. Agar hasilnya lebih maksimal maka Anda dapat mengunakannya sebelum tidur dan biarkan hingga semalaman. Hal ini dilakukan agar minyak dapat meresap ke dalam kulit yang bermasalah. Cara melakukannya adalah Anda bersihkan terlebih dahulu kaki menggunakan air sabun dan batu apung untuk menggosok. Setelah itu keringkan kaki dan oleskan minyak goreng pada bagian telapak kaki yang kering. Agar lebih efektif Anda dapat menggunakan kaus kaki yang bersih.

Cara & Tips >>  Mempelajari Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat dan Alami

Glisering dan Air Mawar

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat ramuan alami menggunakan gliserin dan air bunga mawar. Gliserin dapat berfungsi untuk melembutkan kulit dan air mawar dipercaya memiliki banyak manfaat untuk perawatan kaki. Menurut beberapa penelitian,air mawar mengandung vitamin A, vitamin C3, vitamin D, vitamin E antioksidan, antiinflamasi, dan antiseptik. Cara menggunakannya adalah dengan campurkan air mawar dan gliserin dan aduk hingga rata. Oleskan pada bagian telapak kaki dan gosok secara perlahan. Anda dapat melakukan cara ini setiap malam menjelang tidur agar hasilnya lebih efektif.

baca juga : cara alami menghilangkan kulit kering dan bersisik

Memiliki telapak kaki yang bersih dan lembut merupakan keinginan semua orang. Untuk itu beberapa cara mengatasi telapak kaki kering dan pecah di atas adalah langkah mudah dan aman yang dapat Anda lakukan di rumah.

PENTING! BACA JUGA kulit
Cara Aman Menghilangkan Bekas Luka

Sebagian besar orang atau bahkan setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya terjatuh dan menimbulkan luka. Terkadang luka tersebut membutuhkan...

Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami - Siapapun orangnya tidak tua tidak muda, tidak laki-laki dan tidak wanita kepingin kulit...

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Mudah & Cepat

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Mudah & Cepat - Panu atau yang di sebut dengan istilah tinea versicolor merupakan salah...

Close