Cara Menghemat Kuota Internet Android

Kehabisan paket data internet ketika kondisi sangat penting adalah hal yang paling tidak disukai oleh para pengguna gadget. Yang sering sekali terjadi adalah kuota internet terpakai tanpa disadari, misalnya karena meng-update aplikasi secara otomatis atau karena aplikasi latar belakang. Bagi pengguna Android banyak sekali aplikasi menarik yang Anda gunakan tetapi sangat boros kuota. Aplikasi tersebut biasanya selalu update dan sering memberikan notifikasi terbaru.

Untuk lebih menghemat kuota internet sebaiknya Anda memanfaatkan WiFi yang saat ini dapat ditemui di banyak tempat. Fasilitas WiFi tentu membantu Anda saat akan meng-upadate aplikasi. Atau Anda dapat mendownload aplikasi di Play Store tanpa menggunakan kuota internet. Selain memanfaatkan WiFi, ada beberapa cara dapat Anda coba untuk lebih menghemat pemakaian data di ponsel Android Anda. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Tips Menghemat Kuota Internet di Android

pulsa

Aktifkan Data Saver pada Brower Chrome

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan Chrome untuk browsing. Chrome memiliki fitur penghemat kuota secara praktis dan dapat diaktifkan dengan mudah. Untuk menggunakan data saver, pengguna cukup masuk ke Chrome kemudian pilih menu Setting > Data Saver.

Ketika dinyalakan, fitur Data Saver tersebut akan menjalankan kompresi yang bertugas mengurangi ukuran gambar serta situs web yang dibuka oleh Chrome. Di sini Anda juga dapat melihat grafik seberapa besar penghematan data yang dihasilkan oleh fitur Data Saver tersebut.

Kurangi Kualitas Streaming

Layanan streaming video dan musik seperti Netflix dan Spotify memang mampu menghibur pengguna, namun layanan streaming tersebut ternyata mampu menyedot kuota yang sangat banyak ketika Anda tidak hati-hati dalam memakainya. Agar tidak terlalu boros sebaiknya Anda dapat mengurangi kualitas streaming sehingga membuat ukuran file tersebut tidak terlalu boros paket data.

Bagi Anda yang gemar menggunakan media sosial Snapchat, Anda dapat memanfaatkan fitur penghematan data yang bernama Travel Mode. Untuk mengaksesnya Anda dapat masuk ke menu settings. Ketika fitur ini diaktifkan maka Snapchat tidak akan mengunduh konten seperti Stories di background jika perangkat sedang terhubung pada jejaring seluler.

Hapus Aplikasi Facebook

Tips menghemat kuota internet di Android selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi Facebook. Aplikasi tersebut diketahui mampu memboroskan baterai ataupun pemakaian data internet . Hal ini karena Facebook seringkali melakukan aktivitas di latar belakang seperti pemberitahuan chat dan yang lainnya. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan laman Facebook mobile yang dapat menghemat paket data serta tidak menjalankan fungsi background.

Mematikan Sinkronisasai yang Tidak Diperlukan

Google menyediakan berbagai layanan yang dapat tersinkronisasi secara otomatis melalui ponsel Android yang Anda gunakan setelah Anda melakukan login ke akun Google. Tentu tidak semua layanan ini dipakai oleh pengguna. Untuk itu, sinkronisasi terhadap layanan yang tidak digunakan sebaiknya dinonaktifkan saja. Meskipun aktivitas sinkronisasi tidak memakan banyak data tetapi, mematikannya layanan yang tidak digunakan tentu akan menghemat pemakaian paket data secara keseluruhan. Opsi mematikan juga dapat Anda terapkan pada akun-akun lain di luar Google.

Pilih Paket Kuota Sesuai dengan Kebutuhan

Cara menghemat kuota internet pada ponsel Android selanjutnya adalah dengan memilih paket kuota yang sesuai kebutuhan Anda. Pemilihan kuota internet penting karena tidak semua provider menyediakan layanan internet sesuai kebutuhan. Beberapa provider menawarkan kapasitas data yang besar, namun biasanya hanya berlaku pada jam-jam tertentu alias tidak dapat digunakan 24 jam. Untuk itu, bagi pengguna Android yang aktif dan harus selalu terkoneksi jaringan internet maka dapat memilih paket yang berlaku 24 jam.

Saat ini sudah banyak sekali paket kuota yang dapat Anda pilih. Untuk membelinya juga lebih mudah karena sudah tersedia secara online. Salah satunya adalah Anda dapat membelinya di pulsabos.com. Di sini Anda dapat membeli berbagai macam paket internet dengan banyak pilihan dan harga yang lebih terjangkau. Anda cukup masuk ke website nya kemudian pilih paket internet sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah pilihan paket tersedia, Anda dapat mentransfer biaya ke no rekening yang tersedia dan melakukan konfirmasi. Selain mudah, pulsabos juga terpercaya dan garansi pengembalian 100%.