Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Paling Ampuh

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa merupakan hal yang tepat agar Anda tampil percaya diri saat bulan Ramadhan. Bau mulut memang menjadi permasalahan tersendiri bagi banyak orang yang menjalankan puasa. Permasalahan ini tentu salah satu hal yang harus segera diatasi.

Ketika berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan selama 14 jam. Hal ini menyebabkan timbulnya permasalahan bau mulut. Secara medis kondisi ini disebut dengan halitosis atau bau nafas yang tidak sedap. Bau mulut ketika berpuasa terkadang memang mengganggu kenyamanan, terutama ketika berada di depan umum. Padahal saat bulan Ramadhan tiba umat muslim harus berpuasa selama satu bulan. Lalu bagaimana jika permasalahan ini tidak bisa diatasi?

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya bau mulut, diantaranya adalah penyakit, merokok, gangguan ginjal serta penyakit dalam. Selain itu, faktor umum yang sering terjadi adalah karena adanya bakteri yang berkembang di dalam mulut. Saat berpuasa mulut tidak mendapatkan makanan atau minuman sehingga menyebabkan mulut menjadi kering. Kondisi mulut seperti ini yang kemudian menyebabkan bakteri penyebab bau mulut mudah untuk berkembang.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Untuk cara menghilangkan bau mulut saat puasa harus dilakukan dengan benar dan harus sesuai dengan faktor penyebabnya. Selain untuk kesehatan juga dapat membuat Anda lebih nyaman saat berada di depan umum.

Cara & Tips >>  Efek Samping Operasi Plastik Terhadap Kesehatan

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa dengan Praktis

Pada dasarnya bau mulut yang timbul saat berpuasa hanya bersifat sementara, biasanya setelah sikat gigi bau mulut akan hilang dan kembali normal. Hal yang dikhawatirkan adalah jika bau mulut tersebut bersifat permanen, artinya tidak hanya saat puasa saja melainkan hari-hari biasa juga mengalami bau mulut. Jika ini terjadi biasanya disebabkan karena keseimbangan asam basa pada mulut sudah parah. Anda harus segera berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

baca juga : cara memutihkan gigi dengan cepat

Jika bau mulut terjadi saat Anda berpuasa maka Anda dapat melakukan beberapa hal berikut untuk membuat nafas atau bau mulut kembali normal.

Menggosok Gigi

Menjaga kebersihan mulut sangat penting. Untuk itu, Anda harus rutin menggosok gigi dan membersihkan lidah dengan benar. Hal ini dapat dilakukan saat malam haru sebelum tidur dan setelah makan sahur. Anda dapat membersihkannya hingga ke sela-sela gigi karena bagian tersebut merupakan tempat berkembangnya bakteri atau kuman. Pastikan tidak ada makanan yang tersisa. Jika Anda menggunakan cairan pembersih mulut maka Anda harus memperhatikan kandungan alkohol pada cairan tersebut. Jika di atas 25% maka Anda tidak disarankan untuk memakainya karena dapat menimbulkan kanker rongga mulut.

Cara & Tips >>  Mengobati Sakit Mata untuk Bayi dengan mudah

Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut saat puasa paling praktis. Ketika tubuh tidak mendapatkan cairan selama berpuasa maka saat buka puasa dan sahur Anda harus meminum air putih lebih banyak. Dalam sehari Anda harus minum air putih minimal 10 gelas. Ini bertujuan agar tubuh tidak dehidrasi saat berpuasa dan dapat menghindari mulut yang kering. Kondisi mulut kering merupakan penyebab awal dari bau mulut. Air putih juga meningkatkan produksi saliva atau air liur sehingga mulut dapat terjaga kebersihannya.

Mengonsumsi Teh Hijau

Saat Anda mengalami bau mulut ketika berpuasa maka Anda dapat mengonsumsi teh hijau ketika sahur dan buka puasa. Teh hijau mengandung zat aktif yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut, yakni zat catechin. Zat tersebut juga dapat menghilangkan gula serta plak pada gigi sebagai salah satu penyebab bau mulut. Minum teh hijau juga baik untuk orang yang merokok karena dapat mengurangi peradangan di rongga serta gangguan pernafasan.

Cara & Tips >>  Cara Diet Sehat dan Cepat Tanpa Obat

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Banyak Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Selain air putih, mengonsumsi buah dan sayuran juga baik untuk menjaga kesehatan mulut dan mencegah bau mulut. Anda disarankan banyak mengonsumsi buah dan sayur antara waktu berbuka hingga sahur. Beberapa buah yang dipercaya ampuh menghilangkan bau mulut adalah buah apel, bengkuang, lemon, dan wortel. Sedangkan untuk sayuran Anda dapat mengonsumsi bayam, daun kemangi, dan sayuran hijau lainnya.

Mengonsumsi Yoghurt

Cara selanjutnya untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan mengonsumsi yoghurt ketika berbuka puasa. Anda dapat mengosumsi sekitar 170 gram yoghurt untuk mengatasi bau mulut dan membuat nafas Anda lebih segar. Yoghurt mampu menurunkan hidrogen sulfida, yakni kadar bahan penyebab bau mulut. Yoghurt juga mengandung prebiotik yang berguna untuk menetralisir asam yang ada di dalam mulut, perut, tenggorokan serta kerongkongan. Jadi yoghurt dapat menetralisir bagian-bagian yang berpotensi sebagai penyebab bau mulut. Karena kondisi mulut tidak sedap tidak hanya berasal dari mulut tetapi juga dapat disebabkan karena tenggorokan tidak sehat, masalah pada lambung dan sebagainya.

baca juga : menghilangkan bau mulut berlebih secara tradisional

Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang bisa Anda coba di rumah.

PENTING! BACA JUGA Kesehatan
Manfaat & Khasiat Buah Apel Untuk Kesehatan

Manfaat & Khasiat Buah Apel Untuk Kesehatan - Apel adalah salah satu buah yang memiliki bentuk fisik cantik dan menggoda...

Cara Berhenti Merokok Dengan Pola Hidup Sehat

Cara Berhenti Merokok Dengan Pola Hidup Sehat - Salah satu kebiasaan buruk yang sering di lakukan oleh pria adalah merokok....

Ciri-ciri Gejala Awal Penyakit Usus Buntu

Ciri-ciri Gejala Awal Penyakit Usus Buntu - Penyakit usus buntu merupakan salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh banyak...

Close