Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Secara Alami

Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami sering dicari banyak orang untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan mulus. Sudah bukan menjadi hal baru lagi bahwa masalah wajah yang sering muncul selain jerawat adalah timbulnya flek hitam. Flek hitam atau bintik hitam pada wajah dapat terjadi oleh siapa saja, penyebabnya juga karena berbagai macam faktor. Penyebab paling sering munculnya flek hitam adalah karena bekas jerawat.

Jerawat yang membandel memang sering membekas seperti flek hitam. Selain itu, flek hitam juga dapat disebabkan karena bekas luka. Bekas luka ini yang terkadang menimbulkan noda hitam yang sulit dihilangkan.Penyebab lain yang sering tidak kita sadari adalah terlalu lama terkena sinar matahari.

Untuk menghilangkan flek hitam tersebut dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan melakukan facial wajah serta melakukan perawatan di salon kecantikan. Namun perlu Anda ingat bahwa perawatan tersebut tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan biasanya memiliki efek samping untuk kesehatan. Untuk itu Anda disarankan agar mencari cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami.

Cara alami dipercaya cukup ampuh menghilangkan flek hitam di wajah. Bahan-bahan alami yang digunakan dapat berasal dari buah dan sayuran. Cara ini tentu jauh lebih murah dan aman dibandingkan Anda melakukan perawatan di salon. Ada banyak buah dan sayuran yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan noda hitam di wajah. Berikut beberapa buah dan sayuran yang dapat Anda gunakan.

Buah dan Sayuran untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Cepat

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Lemon atau Jeruk Nipis

Cara menghilangkan flek hitam yang pertama adalah dengan menggunakan buah lemon atau jeruk nipis. Kedua buah ini memang mengandung mineral serta vitamin yang dibutuhkan tubuh. Lemon dan jeruk nipis mengandung vitamin C dan Anda dapat memilih salah satu untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Untuk cara menggunakannya sama, yakni dengan mengoleskan air perasan buah tersebut pada flek hitam di wajah. Anda dapat melakukannya pada malam hari sebelum tidur dan diamkan semalaman. Di pagi harinya cuci wajah Anda hingga bersih menggunakan air hangat.

Tomat

Tomat dapat digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami yang cukup efektif. Selain menghilangkan flek hitam, tomat juga dapat bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Cara menggunakannya adalah dengan membuat jus tomat yang dapat Anda jadikan sebagai masker. Gunakan masker tomat tersebut setiap malam secara rutin dengan cara mengoleskan ke seluruh bagian wajah kemudian diamkan selama 20 menit hingga masker kering. Selanjutnya adalah basuh menggunakan air bersih.

Kentang

Kentang merupakan bahan alami yang mengandung vitamin, mineral, asam lemak esensial, serta berbagai fitokimia seperti polifenol dan karotenoid. Dengan semua kandungan tersebut, kentang dapat merangsang kolagen dan elastin sintesis. Selain itu, kandungan vitamin C pada kentang juga berguna untuk mengelupas sel-sel kulit mati sehingga dapat menghilangkan flek hitam di wajah. Cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan 3 buah kentang kemudian parut dan tambahkan sedikit air. Saring parutan kentang tersebut kemudian beri beberapa tetes jeruk nipis dan setengah sendok madu. Anda dapat menggunakan campuran bahan tersebut pada bagian yang terdapat flek hitam. Diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih.

Kulit Semangka

Selanjutnya adalah Anda dapat memanfaatkan kulit semangka. Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami ini terbukti ampuh karena buah semangka kaya akan serat, vitamin A, vitamin B, dan C. Caranya adalah ketika Anda mengiris buah semangk, Anda dapat sisihkan kulitnya. Gunakan kulit semangka tersebut untuk menggosok flek hitam pada wajah dengan cara ditekan beberapa saat. Hal ini bertujuan agar sari semangka dapat meresap ke kulit. Setelah itu Anda diamkan hingga mengering dan bilas menggunakan air bersih. Cara ini dapat Anda lakukan 2 hingga 3 kali seminggu.

Mentimun

Buah yang satu ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E dan kalium yang cukup tinggi. Buah ini memiliki sifat pendingin serta dapat menenangkan kulit. Untuk menghilangkan flek hitam pada wajah, cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengiris mentimun ukuran kecil kemudian rendam ke dalam gelas yang berisi air selama 1 jam. Dengan cara tersebut kandungan vitamin, kalium, serta klorofil akan terserap ke air. Setelah 1 jam Anda saring dan gunakan air mentium tersebut untuk membasuh wajah. Cara ini dapat Anda lakukan secara teratur setiap hari. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan mentimun sebagai masker. Caranya adalah dengan melembutkan buah mentimun kemudian oleskan di bagian wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas menggunakan air hangat. Cara ini berguna untuk menghilangkan bakteri serta kotoran di pori-pori wajah.

baca juga : cara mengencangkan kulit wajah secara alami

Itulah beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami yang dapat Anda lakukan di rumah.

bagaimana caranya mengatasi flek hitam