Cara Menghilangkan Stretch Mark Dengan Cepat Setelah Melahirkan

Cara menghilangkan stretch mark dengan cepat adalah hal yang banyak dicari oleh wanita setelah melahirkan. Stretch mark merupakan sebuah guratan putih kemerahan yang terdapat di bagian tubuh seseorang dengan panjang bervariasi. Stretch mark disebabkan karena elastisitas kulit yang melewati batasnya. Hal tersebut tentu akan mengganggu penampilan karena membuat kulit terlihat tidak mulus.

Banyak orang yang menganggap jika stretch mark dan selulit memiliki pengertian yang sama. Padahal jika dilihat secara medis, pengertian penyakit tersebut adalah berbeda. Stretch mark merupakan gangguan yang terjadi pada kulit yang melewati batas elastisitas. Sedangkan selulit merupakan kulit yang terdapat lemak berlebih. Yang paling mudah untuk membedakan adalah dengan melihat warna guratan yang ada pada kulit. Untuk stretch mark biasanya berwarna putih kemerahan, sedangkan selulit berwarna sama dengan kulit.

Sebelum Anda mengetahui cara menghilangkan stretch mark dengan cepat, sebaiknya Anda tahu penyebab munculnya stretch mark terlebih dahulu. Pada umumnya, munculnya stretch mark sering terjadi pada wanita setelah melahirkan. Munculnya masalah kulit tersebut memang wajar karena ketika hamil kulit akan mengalami perenggangan yang cukup tinggi. Namun perlu Anda ketahui jika munculnya stretch mark tidak hanya terjadi pada ibu hamil saja tetepi dapat terjadi oleh siapa saja, baik anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

Selain karena perenggangan kulit yang melewati batas elastisitas, stretch mark juga disebabkan karena kegemukan yang menjadi kurus dengan cepat, terlalu banyak makan makanan berlemak, dan seseorang yang mengonsumsi obat yang mengandung steroid tinggi. Obat tersebut dapat merusak kolagen kulit. Kekurangan nutrisi seperti vitami A, C dan E juga dapat menyebabkan stretch mark.

Inilah Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Cepat Secara Alami

kulit

Menghilangkan stretch mark dapat Anda lakukan dengan melakukan perawatan secara medis, namun biaya yang harus Anda keluarkan juga tidak sedikit. Jika Anda ingin biaya yang lebih terjangkau dan Anda lakukan sendiri maka Anda dapat menghilangkan stretch mark dengan cara-cara alami. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Mengonsumsi Banyak Air Putih

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa stretch mark terjadi karena elastisitas kulit yang mengalami penurunan. Sehingga untuk menjaga elastisitas kulit tersebut Anda dapat mengonsumsi banyak air putih. Anda dapat minum air putih minimal 10 gelas per hari untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit Anda.

Kopi

Cara menghilangkan stretch mark dengan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan kopi. Cara ini mungkin cukup populer dilakukan oleh wanita yang terkena stretch mark. Untuk hasil yang lebih maksimal Anda dapat menggunakan bijih kopi yang sudah dihaluskan secara langsung. Anda tidak disarankan untuk menggunakan kopi yang sudah diseduh, kopi yang sudah dicampur dengan bahan tertentu, dan kopi manis. Anda lebih baik menggunakan kopi yang masih alami. Caranya adalah dengan mencampur kopi dengan sedikit air hangat dan membentuk seperti pasta. Oleskan pasta kopi tersebut pada bagian kulit yang terkena stretch mark secara rutin.

Bubuk Cokelat

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan bubuk cokelat. Cara ini terbukti ampuh untuk menghilangkan stretch mark pada wanita setelah melahirkan. Kandungan kolagen yang tinggi pada cokelat dipercaya dapat menghilangkan stretch mark di bagian perut dan paha. Cara menggunakannya hampir sama seperti menggunakan kopi, yakni campurkan cokelat menggunakan sedikit air hangat kemudian oleskan pada bagian yang terkena stretch mark. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air bersih. Anda dapat melakukan cara ini dua kali sehari secara rutin.

Minyak Jarak

Cara menghilangkan stretch mark dengan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak jarak. Minyak ini sejak dahulu sudah digunakan untuk perawatan kulit seperti menghilangkan keriput, mencegah penuaan dini dan menghilangkan stretch mark. Untuk menghilangkan stretch mark caranya adalah dengan mengoleskan minyak tersebut pada bagian yang terkena stretch mark. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

Putih Telur

Selanjutnya adalah dengan memanfaatkan telur, baik telu ayam kampung ataupun telur bebek. Caranya adalah pisahkan kuning dan putih telur kemudian kocok putih telur hingga berbusa atau berbuih. Oleskan putih telur itu pada bagian stretch mark secara merata dan diamkan selama 30 menit. Setelah kering bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Putih telur mengandung protein yang cukup tinggi sehingga baik untuk menghilangkan stretch mark.

Lidah Buaya

Banyak yang menganggap jika lidah buaya hanya bermanfaat untuk perawatan rambut saja, padahal lidah buaya juga dapat digunakan untuk menghilangkan stretch mark. Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E yang dapat menghilangkan stretch mark secara ampuh. Caranya cukup mudah, Anda cukup mengoleskan gel pada bagian kulit kemudian diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air dingin.

baca juga : cara mengatasi telapak kaki kering dan pecah

Itulah beberapa cara menghilangkan stretch mark dengan cepat secara alami.

cara cepat melahirkan