Cara Mengobati Bibir Pecah-Pecah Saat Puasa

Cara mengobati bibir pecah-pecah saat menjalankan puasa sebenarnya cukup mudah. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan mulai dari cara alami hingga menggunakan obat-obatan. Bibir pecah-pecah saat puasa merupakan hal yang biasa dialami oleh setiap orang. Saat menjalankan puasa, tubuh akan kekurangan air sehingga menyebabkan kulit menjadi kering. Jika dibandingkan dengan kulit pada bagian tubuh lainnya, kulit di bagian bibir akan mudah kering dan pecah-pecah.

Bibir pecah-pecah juga dapat disebabkan karena faktor alergi. Termasuk alergi terhadap nikel dan kobalt. Jika Anda sering mengonsumsi suplemen dan vitamin B12, maka tubuh Anda akan memiliki kelebihan kobalt sehingga dapat menyebabkan bibit kering serta tampak berkerak.

Kemudian jika Anda alergi terhadap nikel, pastikan Anda tidak menempelkan logam ke bagian mulut Anda. Ini karena bibir Anda akan mudah kering dan pecah-pecah. Selain itu, bahan dari pasta gigi juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. Pasta gigi yang mengandung guaiazulane dapat menyebabkan alergi pada bibir yang membuatnya menjadi mudah kering. Agar tidak menjadi parah maka Anda harus mencari cara mengobati bibir pecah-pecah dengan bahan bahan alami.

Cara Mengobati Bibir Pecah-Pecah

Anda juga harus berhenti menggunakan produk-produk yang mengandung bahan tersebut. Jika Anda sedang menjalankan puasa kemudian bibir menjadi kering maka Anda harus memberikan asupan air yang lebih banyak saat buka dan sahur.

Cara mengobati Bibir Pecah-Pecah Paling Mudah

Untuk mengatasi bibir pecah-pecah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun, hal yang lebih aman dan dianjurkan adalah menggunakan cara-cara alami. Berikut beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan.

Perbanyak Minum Air Putih

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika bibir kering dan pecah-pecah disebabkan karena tubuh kekurangan asupan cairan. Untuk itu, cara yang paling efektif adalah dengan memperbanyak minum air putih. Air putih merupakan sumber cairan paling baik untuk tubuh. Anda dapat mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Jika pada bulan puasa Anda dapat mengonsumsinya ketika sahur, buka puasa, dan menjelang tidur. Agar pertu Anda tidak merasa kembung maka pintar-pintarlah Anda mengatur waktu untuk minum air putih.

baca juga : tips menjaga bibir kering dan hitam

Mengelupas Kulit Bibir

Jika Anda mengalami bibir pecah-pecah maka Anda dapat melakukan pengelupasan pada bibir Anda. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sel kulit mati pada bibir. Caranya adalah Anda cukup membasahi bibir menggunakan air hangat kemudian gosok menggunakan sikat secara perlahan. Lakukan secara lembut agar bbibir tidak terluka. Jika tidak mau ribet Anda dapat menggunakan produk pengelupasan untuk bibir ang berbentuk seperti lip balm. Sehingga kulit kering dan mati akan mudah terkelupas.

Menggunakan Pelembab Bibir (Lip Balm)

Cara mengobati bibir pecah-pecah selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembab bibir. Anda dapat menggunakan lip balm yang mengandung moisturizer dan minyak alami yang berlabel SPF atau Sun Protecting Factor. Kandungan tersebut mampu menjaga bibir dari paparan sinar matahari yang salah satu penyebab bibir pecah-pecah.

Menggunakan Madu

Cara selanjutnya adalah Anda dapat menggunakan madu untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain dapat dikonsumsi ketika sahur dan buka puasa, Anda juga dapat mengoleskan madu pada bibir Anda. Untuk waktu yang tepat adalah menjelang tidur, kemudian saat sahur Anda dapat mengonsumsi 3 sendok makan madu. Selain dapat mengatasi bibir pecah-pecah, madu juga dapat menjaga tubuh agar tetap bugar ketika berpuasa.

Hindari Rokok dan Minuman Asam

Saat menjalankan ibadah puasa, Anda harus menghindari rokok agar bibir Anda tidak mudah kering dan pecah-pecah. Kandungan pada rokok juga dapat menyebabkan bibir berwarna hitam dan tidak menarik. Anda juga tidak disarankan untuk minum minuman asam seperti orange juice. Ini karena minuman asam dapat menyebabkan bibir iritasi.

Hindari Kebiasaan Menjilat BibirCara Mengobati Bibir Pecah-Pecah1

Kebiasaan seseorang menjilat bibir memang dapat menyebabkan permukaan bibir menjadi pecah-pecah. Ini dikarenakan air liur yang menempel pada bibir memiliki kandungan yang menyebabkan bibir mudah kering. Untuk itu Anda harus menghindari kebiasaan tersebut agar bibir kering Anda tidak semakin parah.

Mengonsumsi Buah dan Sayur Segar

Selain banyak mengonsumsi air putih, cara mengobati bibir pecah-pecah selanjutnya adalah dengan memperbanyak mengonsumsi buah serta sayuran segar. Ketika sahur dan buka puasa Anda diharuskan mengonsumsi olahan sayur. Kemudian Anda lengkapi dengan buah yang banyak mengandung vitamin A, C, E, zat antioksidan, serta asam lemak esensial. Buah-buahan tersebut mengandung nutrisi yang mampu melembabkan kulit dan dapat berkhasiat untuk menyembuhkan bibir kering.

Hindari Makanan Pedas dan Asin

Ketika bibir Anda kering maka Anda haru menghindari makanan pedas dan asin. Ini karena makanan yang memiliki rasa pedas dan asin akan menyebabkan bibir Anda menjadi mudah kering. Selain itu, makanan tersebut juga dapat menyebabkan Anda merasa haus. Sehingga perlu Anda hindari saat Anda menjalankan puasa.

baca juga : obat panas dalam dan sariawan

Itulah beberapa cara mengobati bibir pecah-pecah yang perlu Anda ketahui.