Cara Mengobati Mata Ikan Secara Alami

Cara mengobati mata ikan sebenarnya cukup mudah, mulai dari tindakan medis ataupun menggunakan bahan alami. Mata ikan merupakan penyakit yang menyerupai kutil dan biasanya terjadi pada bagian telapak kaki. Meskipun terlihat kecil tetapi jika dibiarkan maka harus dengan operasi kecil untuk mengangkatnya. Padahal terdapat beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan mata ikan tanpa operasi atau menggunakan obat.

Penyakit mata ikan biasanya disebabkan oleh virus bernama Human Papillomavirus (HPV). Selain pada telapak kaki, mata ikan juga dapat timbul di bagian tumit, telapak tangan, jari-jari kaki, bahkan bagian wajah dan mulut. Namun pada umumnya penyakit ini timbul pada bagian kaki. Gejala awal yang ditimbulkan penyakit mata ikan adalah terjadi penebalan serta pengerasan pada bagian kulit. Setelah itu akan tampak benjolan kecil seperti mata ikan. Benjolan tersebut terkadang bergelombang dar satu tempat atau terpisah sendiri-sendiri.

Virus HPV merupakan penyebab utama penyakit mata ikan. Virus tersebut dapat timbul karena beberapa macam kondisi. Untuk itu, sebelum membahas mengenai cara mengobati mata ikan, ada baiknya kita mengetahui beberapa hal yang memicu terjadinya mata ikan. Berikut di antaranya.

• Kebersihan tidak terjaga, mulai dari sepatu, kaus kaki yang lembab, kotor dan jarang diganti.
• Tekanan berlebih ketika menggunakan sepatu yang terlalu sempit.
• Terjadi gesekan terus menerus di area kaki ataupun tangan.

Cara & Tips >>  Cara Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap Dengan Cara Alami

cara mengobati mata ikan

Dari poin di atas cukup jelas jika penyebab utama dari penyakit mata ikan adalah faktor kebersihan serta tekanan pada kaki yang berlebih. Untuk mengatasi penyakit ini, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan menggunakan bahan alami.

Cara Mengobati Mata Ikan Tanpa Tindakan Medis

Saat ini sudah banyak sekali obat untuk mengatasi mata ikan yang dijual di apotek. Namun kali ini kita akan membahas cara alami yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengobati mata ikan.

Getah Pepaya

Bauh pepaya merupakan salah satu buah yang cukup populer di Indonesia. Buah pepaya menjadi makanan favorit bagi mereka yang mengalami permasalahan pada pencernaan. Selain buahnya yang nikmat ternyata getah buah pepaya dapat dimanfaatkan untuk mengobati mata ikan. Cara juga cukup mudah, pertama Anda bersihkan bagian kulit yang terkena mata ikan menggunakan air hangat yang sudah dicampur garam.

Rendam selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air biasa dan keringkan menggunakan handuk. Setelah benar-benar kering, oleskan getah pepaya pada area yang terkena mata ikan. Lakukan cara ini secara rutin hingga mata ikan membaik. Waktu terbaik adalah malam hari menjelang tidur karena area mata ikan cukup aman karena tubuh tidak melakukan aktivitas.

Cara & Tips >>  Gejala Tumor Otak pada Anak dan Remaja Berdasarkan Stadium

Getah Kamboja

Cara mengobati mata ikan selanjutnya adalah dengan menggunakan getah kamboja. Sejak zaman dahulu getah kamboja memang dipercaya mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit. Untuk cara pengobatannya sama dengan cara menggunakan getah pepaya. Bersihkan kulit yang terkena mata ikan dan keringkan. Kemudian oleskan getah kamboja secara merata dan lakukan secara rutin.

Daun Dewa

Daun dewa memiliki banyak manfaat dan sudah digunakan oleh banyak orang sebagai obat herbal, salah satunya adalah mengobati penyakit mata ikan. Cara menggunakan daun dewa adalah ambil 5 helai daun dewa kemudian Anda tumbuk hingga halus. Setelah itu, balurkan pada area kulit yang terkena mata ikan secara merata. Agar lebih mudah Anda dapat membalutnya menggunakan perban. Usahakan area tersebut tidak digunakan untuk aktivitas terlebih dahulu.cara mengobati mata ikan2

Batu Apung

Batu apung masih mudah dijumpai di daerah pedesaan. Batu apung dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit mata ikan. Cara tradisional ini sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Untuk melakukannya pertama-taman Anda harus bersihkan kulit yang terkena mata ikan dengan menggunakan air hangat dan garam. Setelah itu gosok kulit mulai dari pelan hingga sedikit kuat pada bagian mata ikan. Cara tersebut bertujuan untuk menipiskan penebalan yang terjadi pada kulit.

Cara & Tips >>  Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan

Bawang Putih

Bumbu dapur ini dapat Anda gunakan sebagai cara mengobati mata ikan secara alami. Cara menggunakannya adalah dengan cara menumbuk satu siung bawang putih hingga halus. Kemudian Anda oleskan ke permukaan kulit yang terkena mata ikan. Agar lebih efektif, Anda balut menggunakan perban ataupun kain kasa. Jika dilakukan secara rutin maka mata ikan akan mudah hilang.

Lemon

Umumnya buah lemon dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit kulit yang kasar. Nah ternyata lemon juga dapat dimanfaatkan untuk membantu pengobatan penyakit mata ikan. Untuk menggunakannya cukup mudah. Anda bersihkan terlebih dahulu area yang terkena mata ikan. Setelah itu potong buah lemon menjadi beberapa bagian dan oleskan pada kulit secara merata. Jika Anda melakukannya secara teratur maka kulit akan menjadi halus dan lama kelamaan mata ikan akan hilang.

baca juga : cara menghilangkan panu secara alami

Itulah beberapa cara mengobati mata ikan secara alami yang bisa Anda coba di rumah.

PENTING! BACA JUGA Kesehatan
Cara Menghilangkan Ngorok Saat tidur

Cara menghilangkan ngorok saat tidur memang sangat dibutuhkan bagi mereka yang mengalami masalah tidur. Kebiasaan tidur ngorok atau mendengkur tentu...

Cara Menambah Stamina Ketika Puasa

Cara menambah stamina di bulan puasa memang penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa tubuh cenderung mudah lelah dan...

Mengenal Gejala Sakit Maag dan Cara Mengatasinya

Gejala sakit maag memang dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dengan banyaknya kasus orang yang...

Close