Cara Mengobati Sariawan di Lidah yang Tak Kunjung Sembuh

Sariawan di lidah memang sangat mengganggu dan membuat seseorang merasa tidak nyaman, baik saat berbicara ataupun makan. Sariawan bukan merupakan penyakit yang berbahaya namun jika tidak segera di atasi maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk penyembuhan. Dalam dunia medis, sariawan dikenal dengan istilah stomatitis, yakni suatu pembengkakan atau peradangan yang umumnya terjadi pada lapisan mukosa mulut.

Sariawan yang dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari alergi makanan, siklus haid, stress, minum minuman asam ataupun luka pada area mulut. Sariawan dapat terjadi di lidah, gusi, pipi bagian dalam, dan langit-langit mulut. Sariawan yang sudah parah juga dapat menyebabkan pendarahan, mengalami pembengkakan, dan berwarna merah. Warna merah tersebut nantinya akan membentuk ulkus atau luka. Luka sariawan dapat berbentuk oval, bulat, atau tidak beraturan.

sariawan

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja mulai dari bayi hingga orang dewasa. Untuk sariawan di lidah biasanya seseorang akan merasa terganggu saat makan. Sariawan pada lidah dapat membuat seseoarang tidak dapat merasakan rasa makanan yang mereka makan. Selain itu, sariawan juga cenderung menimbulkan bau mulut tidak sedap. Untuk itu segera engobati sariawan dianggap sangat penting, terutama untuk menghilangkan rasa sakitnya.

Menyembuhkan Sariawan di Lidah Secara Efektif

Untuk menyembuhkan sariawan dapat Anda lakukan dengan cara-cara alami. Bahan alami yang dapat Anda gunakan juga cukup mudah didapat. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan sariawan pada lidah.

Kunyit

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan sariawan adalah menggunakan kunyit. Caranya adalah bersihkan kunyit dan haluskan. Setelah halus balurkan pada bagian yang terkena sariawan. Cara mengobati sariawan secara alami ini cukup efektif dan tidak menimbulkan efek samping. Anda dapat menerapkan cara tersebut secara rutin selama penyakit ini masih ada.

BACA TIPS INI JUGA  Cara Mengatasi Gusi Bengkak dan Berdarah

Minyak Kelapa

Cara mengobati sariawan di lidah yang kedua adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Cara menggunakannya adalah dengan ambil 2 sendok minyak kelapa dan tambahkan sedikit madu murni. Balurkan pada lidah yang terkena sariawan dan diamkan beberapa saat. Yang terakhir adalah Anda dapat berkumur menggunakan air garam.

Minum Yoghurt

Anda juga dapat mengatasi sariawan dengan cara mengonsumsi yoghurt. Selain dapat dikonsumsi untuk menuman penyegar dan minuman diet, ternyata yoghurt cukup ampuh mengatasi sariawan. Yoghurt mampu membantu keseimbangan bakteri di dalam tubuh dan mulut, sehingga dapat membuat sariawan cepat sembuh. Jika Anda menginginkan sariawan benar-benar sembuh maka Anda disarankan untuk mengonsumsi yoghurt yang mengandung acidophilus yang hidup.

Baking Soda

Obat sariawan selanjutnya adalah menggunakan baking soda. Ada dapat mencampurkan soda menggunakan sedikit air kemudian gunakan untuk berkumur. Cara lainnya adalah dengan mengoleskan baking soda secara teratur pada bagian yang terkena sariawan. Kandungan baking soda mampu menghilangkan bakteri secara efektif pada mulut serta mampu mengurangi rasa sakit yang dapat terjadi ketika sariawan meradang atau terjadi pembengkakan.

Bawang dan Pepaya

Agar sariawan di lidah cepat sembuh maka Anda dapat memanfaatkan bawang dan pepaya. Caranya juga cukup mudah, Anda oleskan bawang merah dan pepaya yang telah dihaluskan pada luka sariawan. Lakukan cara ini secara rutin ketika menjelang tidur.

pepaya

Minum Mulitvitamin

Sariawan disebabkan karena seseorang kekurangan vitamin B, vitamin C, asam folat, serta zat besi. Jika Anda ingin sariawan lekas sembuh maka Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin tambahan. Vitamin dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, dan sebagainya.

Langkah Mencegah Sariawan di Lidah

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencari dan menentukan penyebab sariawan. Penyebab terserang sariawan adalah peningkatan makan secara tiba-tiba terhadap makanan tertentu yang dapat merusak serta mengiritasi mukosa pada mulut.Contohnya adalah nanas, kopi, gorengan ataupun minuman panas, pedas, dan sebagainya. Setelah Anda mengetahui penyebab dari sariawan maka Anda harus tahu bagaimana menghentikan penyebab sariawan itu sendiri.

BACA TIPS INI JUGA  Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Busuk Berlebihan Secara Tradisional

Berhenti mengonsumsi makanan penyebab sariawan dan menjaga pola makan sehat adalah cara terbaik untuk menghindari sariawan. Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan mulut dengan cara menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam untuk berkumur. Lakukan hal tersebut ketika pagi, siang, dan malam menjelang tidur. Larutan garam berguna untuk membunuh kuman dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru yang dapat menyembuhkan sariawan.

Penyembuhan sariawan pada lidah dapat berlangsung selama 3-5 hari tergantung pengobatan yang Anda lakukan. Selama masa tersebut tentu Anda menahan rasa sakit, terlebih sariawan sudah meradang. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mengonsumsi obat parasetamol atau buprofen.

baca juga : obat panas dalam dan sariawan

Itulah beberapa cara mengobati sariawan di lidah dan langkah-langkah mencegah sariawan yang perlu Anda ketahui.