Cara Mengukur Berat Badan Ideal dengan Cara Tradisional dan Body Mass Index

Cara Mengukur Berat Badan Ideal dengan Cara Tradisional dan Body Mass Index – Cara mengukur berat badan ideal diperlukan agar kita dapat mengetahui seberapa besar berat yang harus kita miliki untuk dikatakan ideal. Dengan berat badan ideal kita akan terhindar dari resiko penyakit yang akan meningkat seiring dengan pertambahan berat badan kita. Tubuh yang sehat hanya memerlukan jumlah lemak sedikit agar fungsi hormone, fungsi imun dan fungsi reproduksi dalam tubuh dapat berjalan dengan optimal. Terdapat berbagai macam cara yang dapat dilakukan agar mengetahui berat ideal seseorang.

Cara Tradisional Mengukur Berat Badan Berdasarkan Usia

Untuk bayi berusia kurang dari setahun kita bisa membagi dua usia bulan si bayi dan menambahnya dengan angka empat.
Untuk anak diatas satu tahun sampai sepuluh tahun kita bisa mengalikan usia anak dengan dua kemudian ditambah dengan angka delapan.

Cara & Tips >>  Cara Mencukur Bulu Ketiak Pria Wanita yang Benar dan Baik Agar Tidak Tumbuh Lagi

Pada usia remaja sampai dewasa maka berat badan ideal dewasa dapat kita peroleh dengan cara mengurangi tinggi badan dengan angka seratus kemudian dikalikan dengan sembilan puluh persen.

Dengan cara menghitung berat badan tradisional tersebut biasanya angka yang diperoleh tidak sesuai dengan berat Anda saat ini. Namun tidak perlu khawatir berlebihan karena berat seseorang masih tergolong normal jika masih dalam angka sepuluh persen dibawah atau diatas berat badan ideal.

Untuk mengetahui apakah berat badan Anda sudah ideal atau belum dapat menggunakan cara Body Mass Index yang merupakan rumus dalam dunia kesehatan untuk mengetahui berat ideal berdasarkan masa tubuh bila dibandingkan dengan tinggi badannya. Dengan menggunakan pengukuran cara ini, kita tidak perlu memperhatikan usia seseorang karena cara ini dapat digunakan untuk semua usia.

Cara & Tips >>  Apa Itu Hernia? Penyebab dan Pencegahan Yang Mudah Dilakukan

Cara menghitung dengan Body Mass Index adalah membagi berat badan saat ini dalam satuan kilogram dengan tinggi badan kuadrat dalam satuan meter. Hasilnya adalah dua digit angka dimana jika angka tersebut akan mewakili posisi dimana kategori berat anda saat ini. Kategori inilah yang menentukan apakan berat badan Anda saat ini sudah termasuk berat badan ideal atau tidak.

Bagi Anda yang memiliki angka Body Mass Index kurang dari 18,5 maka berat badan Anda termasuk kurang sehingga Anda harus menambah berat badan. Untuk Anda yang memiliki Body Mass Index antara 18,5 sampai 24 maka berat Anda termasuk normal dan sudah dikatakan sebagai berat badan ideal.

Cara & Tips >>  8 Cara Mengobati Sakit Hati Karena Putus Cinta

Pada yang memiliki hasil Body Mass Index antara 25 sampai 29 maka berat badan Anda dapat dikatakan berlebih atau overweight sehingga lebih baik untuk mengurai berat badan. Jika angka Body Mass Index Anda sampai lebih dari 30 maka Anda termasuk penderita obesitas dimana penumpukan lemak pada tubuh sudah melebihi jumlah yang dibutuhkan bahkan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit.

PENTING! BACA JUGA Umum
Pengertian dan Perbedaan HIV AIDS Berikut Cara Penularannya

Pengertian HIV AIDS - Human Immunodeficiency Virus atau biasa disingkat HIV adalah virus penyebab dari penyakit Aids. Virus ini biasanya...

Apa Itu Hernia? Penyebab dan Pencegahan Yang Mudah Dilakukan

Apa Itu Hernia? Penyebab dan Pencegahan Yang Mudah Dilakukan - Sering kali kita bertanya apa itu hernia? Penyakit ini terjadi...

Sakit Kepala Terus Menerus: Penyebab dan Solusi

Sakit Kepala Terus Menerus: Penyebab dan Solusi - Perlu diketahui apa saja penyebab sakit kepala terus menerus dan bagaimana tindakan...

Close