Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Bahan Alami

Cara mudah menghilangkan bekas jerawat menjadi hal yang paling sering dicari oleh banyak orang untuk mengatasi permasalahan pada kulit wajahnya. Jerawat merupakan permasalahan wajah yang paling sering dialami banyak orang. Hal ini seringkali dikeluhkan karena jerawat dapat menimbulkan bekas atau flek hitam yang sangat mengganggu penampilan. Jika tidak segera dihilangkan maka dapat menyebabkan wajah terlihat kusam dan tidak bersih.

Hal ini membuat banyak orang melakukan berbagai cara agar flek hitam bekas jerawat dapat hilang, dari mulai menggunakan obat-obatan pembersih muka, hingga yang paling ekstrim adalah melakukan operasi. Cara-cara tersebut tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, efek samping yang ditimbulkan akibat obat pembersih muka maupun operasi belum tentu baik untuk kesehatan. Untuk itu, Anda lebih baik menggunakan cara-cara alami. Cara mudah menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan alami sangat dianjurkan dan sudah menjadi alternatif yang terbukti efektif menghilangkan flek hitam di wajah.

Bekas jerawat merupakan proses penyembuhan serta memperbaiki kerusakan yang disebabkan karena jerawat pada jaringan kulit. Dalam proses ini, kulit akan memproduksi kolagen, yakni suatu zat yang membantu perbaikan jaringan kulit. Namun jika kolagen yang dihasilkan berlebih akan menyebabkan munculnya flek hitam. Sedangkan kurangnya kolagen dapat menyebabkan kulit tertekan dan berlubang.

Jika dilihat dari faktor kesehatan, bekas jerawat memang tidak mengganggu, namun dapat membuat seseorang kurang percaya diri. Kebanyakan jerawat biasanya akan memudar dengan sendirinya, namun dibutuhkan waktu yang cukup lama hingga berbulan-bulan. Agar lebih cepat dan efektif Anda harus melakukan perawatan menggunakan bahan-bahan alami.

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Cepat

jera

Menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan alami tentu tidak membutuhkan biaya yang mahal. Bahan yang digunakan juga mudah didapatkan. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Air Perasan Lemon

Menghilangkan bekas jerawat yang pertama dapat menggunakan air perasan jeruk lemon. Anda cukup membutuhkan 1 buah lemon dengan kondisi segar. Caranya adalah peras buah lemon tersebut dan tambahkan 1 cup air. Setelah itu Anda aplikasikan pada area bekas jerawat dengan cara dioleskan selama 3-4 menit.

Jika dilakukan secara konsisten, cara ini dapat bermanfaat untuk menghilankan sel kulit mati serta dapat membantu mendorong terjadinya pertumbuhan sel kulit baru sehingga lama-kelamaan bekas jerawat akan terlihat memudar.

Madu

Cara mudah menghilangkan bekas jerawat selanjutnya adalah dengan menggunakan madu. Madu merupakan bahan penghalus kulit wajah alami yang bersifat lembut dan dapat mengurangi kemerahan serta iritasi pada kulit. Selain itu, madu juga baik untuk antibakteri yang dapat memudarkan flek hitam akibat jerawat. Madu juga baik untuk melembabkan kulit serta dapat membuat kulit lebih lembut. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan madu secara langsung pada bagian kulit bekas jerawat. Waktu yang tepat adalah ketika malam hari menjelang tidur, kemudian Anda diamkan semalam dan pagi harinya bilas menggunakan air hingga bersih.

Minyak Zaitun

Bahan alami ini memang sudah terbukti ampuh dalam perawatan kulit. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang dapat menjadi penyembuh luka, salah satunya adalah untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Cara penggunaannya adalah dengan memijit bagian bekas luka jerawat menggunakan minyak zaitun selama beberapa menit. Setelah itu cuci muka menggunakan air bersih. Anda dapat melakukan cara ini secara rutin setiap hari karena selain membersihkan bekas jerawat, minyak zaitun juga baik untuk menjaga kelembaban kulit.

Lidah Buaya

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Lidah buaya atau aloe vera merupakan bahan alami yang paling sering digunakan untuk pembuatan kosmetik. Lidah buaya dipercaya dapat menyamarkan bekas jerawat jika dilakukan dengan benar. Caranya adalah dengan mengambil gel lidah buaya, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu Anda basuh menggunakan air bersih. Cara ini Anda dapat lakukan setiap hari secara rutin, namun Anda perlu berhati-hati jangan sampai getah lidah buaya tercampur karena dapat menyebabkan kulit gatal.

Teh Hijau

Teh hijau merupakan bahan alami selanjutnya untuk menghilangkan bekas jerawat. Cara mudah menghilangkan bekas jerawat dengan teh hijau terbukti ampuh dan sudah digunakan sejak lama. Teh hijau merupakan bahan alami yang mengandung antioksidan sehingga baik untuk menghilangkan bekas jerawat. Cara menggunakannya juga cukup mudah, Anda cukup menyediakan air hangat dalam cangkir lalu celupkan teh hijau ke dalamnya. Diamkan beberapa saat lalu ambil kapas dan celupkan. Oleskan kulit bekas jerawat tersebut dengan kapas tadi secara merata pada kulit bekas jerawat. Diamkan beberapa menit hingga kering kemudian Anda cuci wajah Anda menggunakan air bersih.

baca juga : faktor penyebab jerawat di punggung dan cara mengatasinya

Itulah beberapa cara mudah menghilangkan bekas jerawat secara alami yang dapat Anda coba di rumah.

cara menghilangkan ktombe, menghilangkan bekas dompo