Ciri Ciri Gejala Usus Buntu & Cara Pencegahanya

Ciri Ciri Gejala Usus Buntu & Cara PencegahanyaPenyakit usus buntu seringkali menjadi hal yang mengakibatkan seseorang harus menjalani operasi pemotongan usus buntu. Hal ini dikarenakan penyakit yang satu ini tidak memberi tanda yang mencolok dan ketika sudah parah barulah penderita akan merasakan sakit yang luar biasa pada bagian perutnya. Penyakit yang satu ini sebenarnya penyebabnya juga belum terlalu jelas. Dari segi medis hanya menyebutkan bahwa usus buntu terjadi akibat terjadinya penyumbatan oleh beberapa zat dalam tubuh. Zat yang dapat menyumbat usus buntu ini antara lain kelenjar getah bening, tinja, dan lainnya. Penyumbatan usus buntu ini dapat berakibat fatal seperti pecahnya usus buntu akibat pembengkakan yang terjadi. Nah agar informasi anda lebih lengkap mengenai usus buntu ini, silahkan ikuti ulasan di bawah ini terkait dengan gejala usus buntu dan cara pendeteksian awalnya.

Ciri Ciri Gejala Usus Buntu & Cara Pencegahanya

Gejala umum terjadinya usus buntu

Seperti yang sudah disampaikan di atas bahwasanya penderita usus buntu tidak dapat mengetahui gejala yang mencolok dari penyakit yang satu ini. Gejala usus buntu yang muncul biasanya masih umum, misalnya saja ketika anda merasakan sakit perut di bagian tengah perut, tapi hanya terjadi dalam waktu yang singkat. Sakit ini intensitasnya sering namun terasa seperti sakit perut biasa, sehingga seringkali di sepelekan oleh penderitanya. Tanda penyakit usus buntu yang selanjutnya adalah hilangnya nafsu makan. Penderita akan mengalami mual disertai muntah sehingga membuat nafsu makan berkurang.

Gejala usus buntu yang sudah masuk pada stadium lanjut biasanya baru akan tampak secara nyata, misalnya dengan susah buang gas. Penderita usus buntu juga akan mengalami pembengkakan pada bagian perutnya. Selain itu gejala usus buntu yang selanjutnya adalah terjadi kram pada perut serta merasakan sakit yang teramat ketika sedang buang air kecil. Jika memang sudah sangat parah, anda akan merasakan demam hingga diare dan juga konstipasi. Jika sudah dalam keadaan demikian, jalan satu-satunya yang harus ditempuh adalah dengan operasi untuk memotong usus buntu anda.

Mengetahui terjadinya usus buntu lebih dini

Jika dilihat secara fisik, memang tanda-tanda awal munculnya penyakit usus buntu tidak mencolok. Namun sebenarnya penyakit ini dapat di atas tanpa harus dioperasi. Tentunya jika penyakit usus buntu ini terdeteksi lebih dini. Nah agar anda tidak perlu melakukan operasi usus buntu, maka hal yang harus anda lakukan adalah sering cek up ke dokter dan memeriksakan sakit perut yang sering anda alami. Dokter akan melakukan beberapa pengujian misalnya dengan menekan bagian usus buntu anda, jika sakit maka kemungkinan anda sudah terindikasi gejala usus buntu. Agar lebih akurat, anda dapat melakukan pengujian darah atau urin. Untuk lebih jelas, anda juga dapat melakukan CT scan atau USG agar benar-benar terlihat apakah anda terkena penyakit usus buntu atau tidak.

Demikian pembahasan kami kali ini mengenai gejala usus buntu beserta cara pendeteksian secara dini yang dapat anda lakukan. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan membuat anda tidak perlu melakukan operasi usus buntu.

foto gejala usus buntu