Ciri-ciri, Penyebab & Gejala Sakit Ginjal

Ciri-ciri, Penyebab & Gejala Sakit Ginjal – Mungkin anda pernah mendengar suatu kabar yang menyebutkan bahwa seseorang meninggal akibat sakit ginjal, tentu saja hal tersebut memang benar adanya. Gangguan pada ginjal akan menyebabkan fungsi ginjal terganggu dan berakibat fatal. Untuk itu sudah sepatutnya bagi anda untuk mengetahui seperti apakah sebenarnya penyakit ginjal tersebut, paling tidak kenali gejala serta cara pencegahan penyakit ginjal tersebut. Bagi anda yang membutuhkan informasi terkait dengan penyakit ginjal, seperti gejala awal sakit ginjal maupun cara pencegahannya, simak ulasan singkat berikut.

 

Gejala sakit ginjal, jenis dan cara mencegahnya

Sebelum membahas apa saja gejala sakit ginjal, ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu jenis-jenis penyakit ginjal ini. Ada beberapa jenis penyakit ginjal yang paling sering ditemui, berikut penyakit ginjal yang harus anda ketahui:

  • Batu ginjal

Penyakit batu ginjal terjadi akibat menumpuknya mineral serta benda organik pada ginjal. Dengan adanya penumpukan tersebut akan mengakibatkan terganggunya fungsi ginjal.

  • Gagal ginjal

tentu jenis penyakit ginjal yang satu ini sudah tak asing lagi. Jenis penyakit ginjal yang lainnya adalah infeksi atau peradangan pada ginjal serta renal pelvis.

  •  glomerulonephritis

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi, yang diakibatkan oleh sistem imun tubuh yang semakin melemah. Dan tentunya

 

 

Gejala awal sakit ginjal

Sangat perlu untuk anda ketahui, salah satu gejala awal jika seseorang terkena penyakit ginjal adalah adanya rasa mual serta muntah, demam yang tinggi dan sering mengeluhkan adanya rasa nyeri atau sakit pada pinggang. Gejala lain dari penyakit gagal ginjal adalah terjadinya suatu pembengkakan pada kaki serta mata, selain itu perubahan warna serta struktur dari air seni juga menjadi gejala penyakit ginjal. Hal ini termasuk ciri ciri penyakit ginjal stadium awal.

Ciri ciri sakit ginjal yang lainnya

ciri-ciri penyakit ginjal yang lainnya perlu anda ketahui adalah:

Adanya rasa nyeri atau sakit saat buang air kecil,

Sering terbangun saat tengah tidur nyenyak karena ingin kencing,

Berkurangnya nafsu makan,

Berat badan semakin menurun

Pembengkakan pada pergelangan tangan dan kaki

Gejala lain yang juga sering dirasakan oleh orang yang menderita penyakit ginjal ini adalah rasa sesak saat bernafas. Terkadang orang yang menderita penyakit ginjal akan kesulitan bernafas serta akan merasakan lelah serta lemas.

 

 

Bagaimana cara mencegah penyakit ginjal

Sebenarnya, tidak hanya terbatas pada penyakit ginjal, namun jika kita melakukan hal ini maka otomatis kita juga terhindar dari berbagai macam penyakit lainnya. Pola hidup sehat. Ya, inilah kunci utamanya.

Untuk mencegah penyakit ginjal lainnya adalah

  • mengontrol tekanan darah dalam tubuh, Pasalnya tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit gagal ginjal.
  • jauh-jauh dari asap rokok, Bagi anda yang tak ingin menderita penyakit ginjal sebaiknya anda.
  • minum air putih minimal 8 gelas sehari. Ini merupakan salah satu pencegahan penyakit ginjal maupun penyakit-penyakit lainnya yang paling mudah dan tidak memerlukan biaya besar.

 

Demikian sedikit informasi mengenai gejala penyakit ginjal, jenis dan cara pencegahannya, semoga bermanfaat. Simak artikel kesehatan lainnya di bawah ini.