Daftar Makanan Pembentuk Otot Yang Tepat Dan Alami

Makanan pembentuk otot merupakan faktor penting yang sangat berpengaruh dalam membentuk tubuh yang ideal. Bagi banyak pria, tubuh ideal adalah tubuh yang memiliki otot kuat serta bentuk tubuh yang proporsional. Memiliki bentuk tubuh seperti itu tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi seorang pria. Selain itu, dengan tubuh yang ideal, kesehatan juga lebih terjaga.

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, banyak hal yang dilakukan pria seperti pergi ke tempat fitnes secara rutin dan mengonsumsi sumplemen pembentuk tubuh. Namun hal tersebut kurang maksimal jika tidak diimbangi dengan pola makan dan pola hidup sehat. Melakukan latihan di tempat fitnes belum tentu dapat membentuk otot tubuh.

Membentuk otot tubuh dengan mengonsumsi suplemen sebenarnya tidak baik untuk kesehatan, karena otot yang terbentuk tidak alami dan jika Anda berhenti mengonsumsi suplemen maka otot kembali kendur. Untuk itu Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan pembentuk otot agar otot yang berkembang dapat terbentuk secara alami.

Ada banyak makanan yang dapat Anda konsumsi, namun perlu Anda ketahui bahwa ada kategori khusus makanan yang baik untuk membentuk otot. Di antaranya adalah sebagai berikut.

• Mengandung protein yang tinggi
• Mengandung lemak sehat
• Segala jenis ikan dapat dipertimbangkan
• Segala jenis kacang-kacangan

Makanan Pembentuk Otot Tubuh Terbaik

Makanan Pembentuk Otot

Ikan Tuna

Ikan tuna hidup di laut dan memiliki daging berwarna merah. Ikan ini mengandung protein yang sangat tinggi dan memiliki kandungan lemak yang rendah. Selain itu, ikan tuna juga mengandung vitamin D serta zat besi yang kompleks. Ikan tuna juga masuk dalam kategori ikan yang mengandung omega 3 yang cukup tinggi. Untuk membentuk otot tubuh Anda dapat mengonsumsi ikan tuna secara rutin.

Putih Telur

Makanan pembentuk otot yang paling sering dikonsumsi pria adalah putih telur. Bagi seorang binaragawan, putih telur merupakan menu wajib yang harus ada disetiap makanan mereka. Dengan rasio protein dan lemak 60:1, membuat putih telur menjadi sumber protein terbaik yang dapat Anda konsumsi untuk membentuk otot tubuh. Putih telur mengandung 80% protein dan sangat mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, putih telur juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Ubi

Selain protein, untuk membentuk otot tubuh juga dibutuhkan karbohidrat lepas berkala yang berguna untuk mendukung pembentukan sel otot baru. Sumber karbohidrat jenis ini bisa Anda dapatkan dari ubi jalar. Ubi merupakan makanan tradisional yang cukup mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Banyak yang bertanya mengapa tubuh membutuhkan karbohidrat lepas berkala?

Ini karena saat Anda latihan, glikogen otot merupakan sumber energi utama dan saat level glikogen berkurang maka tubuh akan mengambil otot sebagai sumber energi sehingga menyebabkan otot tidak berkembang karena habis terbakar. Untuk itu karbohidrat lepas berkala sangat diperlukan untuk asupan sumber energi secara konsisten tanpa harus mengambilnya dari sel-sel otot.

Almond

Almond juga merupakan makanan pembentuk otot yang dapat Anda konsumsi. Almond mengandung alfatokoferol, yakni kandungan vitamin E yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Vitamin E ini berguna untuk mencegah radikal bebas setelah Anda melakukan latihan, sehingga otot akan cepat melakukan pemulihan dan pertumbuhan. Vitamin E pada almond juga mampu mencegah penyakit kulit. Anda dapat mengonsumsi satu genggam almond setiap hari agar perkembangan otot lebih optimal.

Brokoli

Makanan selanjutnya yang dapat Anda konsumsi adalah brokoli. Sayuran hijau ini mengandung protein yang tinggi sehingga baik untuk pembentukan otot. Brokoli juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Kandungan vitamin tersebut dapat berfungsi untuk pertumbuhan otot, memperkuat tulang, serta menguatkan imun. Namun cara terbaik mengolah brokoli adalah dengan direbus atau dikukus.

Dada Ayam

Bagian tubuh pada ayam yang satu ini memang sering dikonsumsi untuk membentuk otot. Alasannya adalah karena dada ayam merupakan bagian yang paling sedikit mengandung lemak dan sangat tinggi protein. Untuk memperkuat otot Anda dapat mengonsumsinya secara rutin dengan cara dikukus atau dipanggang.

Makarel

Ini merupakan ikan sejenis tuna namun memiliki kandungan omega 3 yang lebih tinggi. Omega 3 sangat dibutuhkan tubuh untuk mengurangi peradangan kronis akibat dari latihan secara intens serta proses hipertrofi otot. Makarel juga mengandung berbagai macam nutrisi seperti zinc yang dapat menjaga level testosteron pada tubuh. Testosteron merupakan hormin yang memiliki peranan penting dalam pembentukan otot.

Air

Perlu Anda ketahui jika 70% bagian tubuh terdiri dari air. Ketika Anda melakukan program pembentukan otot, maka mengonsumsi air jangan sampai ketinggalan untuk menghindari dehidrasi. Air juga berguna sebagai media transportasi nutrisi ke sel otot. Anda diharuskan meminum air minimal sebanyak 8 gelas per hari. Kebutuhan tersebut tentu dapat lebih banyak tergantung aktivitas yang Anda lakukan.

baca juga : tips mengencangkan paha untuk wanita

Itulah beberapa makanan pembentuk otot yang dapat Anda konsumsi.