Efek Samping Operasi Plastik Terhadap Kesehatan

Efek samping operasi plastik bagi kesehatan masih sedikit orang yang mengetahuinya. Hal ini membuat banyak orang merasa operasi plastik merupakan cara paling praktis untuk mendapatkan bentuk wajah dan tubuh yang diinginkan. Operasi plastik saat ini memang bukan hal yang asing, tidak hanya para artis yang rela mengeluarkan biaya yang banyak untuk melakukan operasi plastik, tetapi kalangan masyarakat biasa kini sudah banyak yang pergi ke klinik kecantikan untuk merubah bagian wajah atau tertentu sesuai yang diinginkan.

Bagi wanita, tampil menarik dan cantik dengan bentuk tubuh yang sempurna merupakan hal yang paling diinginkan. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan melakukan operasi plastik. Bahkan saat ini operasi menjadi hal yang biasa. Dampak positif dari operasi plastik memang dapat membuat penampilan terlihat lebih cantik sesuai yang diinginkan. Namun tidak semua operasi plastik yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar karena efek samping operasi plastik dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Efek samping yang ditimbulkan juga berbeda-beda setiap orang. Mulai dari pembengkakan, pendarahan, hingga yang paling parah adalah kematian. Meski operasi plastik dilakukan oleh dokter yang sudah profesional, seperti di Korea Selatan tetapi hal ini tidak menjamin hasil yang didapat akan lebih baik.

Efek Samping Operasi Plastik Bagi Tubuh

plastik

Efek Samping Pendarahan

Efek samping setelah melakukan operasi plastik adalah efek pendarahan. Jika pendarahan yang terjadi tidak kunjung berhenti maka dapat menyebabkan masalah, yakni kompilkasi seperti pembekuan darah, kulit berwarna biru kehitaman atau keunguan yang disebut dengan hematoma. Kondisi hematoma yang berkelanjutan akan menyebabkan jaringan kulit bermasalah, bahkan dalam kondisi parah dapat menyebabkan infeksi.

Efek Samping Anestesi

Efek samping operasi plastik selanjutnya akibat obat penenang atau amnestesi. Penggunaan obat penenang memang dibutuhkan untuk menghilangkan rasa sakit ketika pembedahan dilakukan. Namun perlu Anda ketahui bahwa obat penenang atau amnestesi juga memiliki efek samping seperti penyempitan saluran pernafasan, kerusakan otak, lumpuh sementara, dan juga dapat terjadi serangan jantung.

Efek Samping dari Segi Fisik

Seseorang yang melakukan operasi plastik tentu harus siap ketika bagian tubuhnya dibedah, diiris, dijahit, disuntik, dan sebagainya. Operasi yang berjalan mulus memang akan mendapatkan hasil yang setimpal. Tetapi apakah Anda pernah membayangkan rasa sakit yang dialami setelah melakukan operasi plastik? Bahkan beberapa orang membutuhkan waktu yang lama untuk masa pemulihan. Hal ini tentu membuat Anda merasa tidak nyaman. Selain itu, pasca operasi plastik juga dapat menyebabkan mual, sakit kepala, muntah, hingga mati rasa. Beberapa bagian tubuh juga dapat membengkak setelah dilakukan operasi. Pembengkakan tersebut memang dapat hilang dengan sendirinya tetapi ada beberapa kasus yang menjadi serius hingga menimbulkan masalah baru.

Efek Samping Terhadap Psikologis

Memutuskan untuk merubah bagian tubuh dengan operasi plastik maka Anda harus siap degan segala kemungkinan buruk yang akan terjadi. Mengapa demikian? Ini karena rasa sakit akibat operasi plastik dapat menimbulkan trauma yang berkepanjangan. Ibaratnya benda atau zat asing dimasukkan ke dalam tubuh, tentu dapat membuat fisik berontak, secara psikologis juga tentu Anda akan kaget dan tertekan.

Selain itu, efek samping operasi plastik lainnya adalah jika hasil yang didapatkan tidak sesuai yang diharapkan. Selain kecewa, rasa percaya diri Anda juga akan menurun jika berada di depan umum karena bentuk tubuh atau wajah yang tidak proporsional. Untuk yang mendapatkan hasil yang memuaskan juga perlu berhati-hati karena menurut wanita yang pernah melakukan operasi plastik dan berhasil, hal ini dapat membuat ketagihan dan melakukannya kembali. Padahal biaya untuk melakukan operasi plastik juga tidak murah.

Meninggalkan Bekas Luka Jahitan

Segala bekas sayatan pasca operasi plastik membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses pemulihan tersebut bahkan memakan waktu hingga berminggu-minggu lamanya. Luka jahitan akan membekas dan untuk menghilangkan bekas luka tersebut juga tidak mudah. Kecuali Anda melakukan perawatan khusus untuk menghilangkan jahitan tersebut, namun biayanya tentu sangat mahal.

Efek Tak Terduga atau Masalah Baru

Efek tidak terduga ini dapat terjadi ketika sedang operasi atau setelah operasi dilakukan. Diantaranya adalah pendarahan, matinya jaringan kulit, pembekuan darah, alergi, serta kerusakan sistem syaraf. Untuk tingkat yang lebih parah yakni terjadi penolakan pada implan yang dipasang serta dibutuhkan penanganan yang serius. Kondisi ini berpotensi menimbulkan risiko terjadinya kecacatan akibat operasi.

baca juga : beberapa bahan penghalus kulit wajah alami

Jika Anda memutuskan untuk melakukan operasi plastik maka pertimbangkan segala hal terlebih dahulu. Siapkan mental dan segala persiapan liainnya sebelum operasi dilakukan. Itulah beberapa efek samping operasi plastik yang perlu Anda ketahui.