Gejala Awal Penyakit Anemia & Cara Pencegahanya

Gejala Awal Penyakit Anemia & Cara Pencegahanya – Penyakit anemia merupakan salah satu penyakit yang tidak pandang bulu dalam menyerang, maksudnya dapat menyerang siapa saja. Anemia sendiri diartikan sebagai penyakit yang terjadi ketika kadar hemoglobin berada di bawah batas normal. Padahal hemoglobin memiliki fungsi yang sangat penting kaitannya dengan proses pengantaran oksigen dari paru-paru menuju ke seluruh tubuh. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh beberapa factor seperti asupan vitamin B12 yang kurang, konsumsi zat besi dan asam folat yang minim, pendarahan yang terjadi di usus, gangguan pada sumsum tulang, dan juga yang tak kalah pentingnya adalah factor genetika. Untuk mengetahui dan mengantisipasi terjadinya penyakit anemia tingkat lanjut, anda perlu mengetahui beberapa gejala anemia yang umumnya terlihat.

Gejala Awal Penyakit Anemia & Cara Pencegahanya

Tanda-tanda gejala anemia

Ternyata banyak sekali gejala anemia yang dapat dikenali sejak dini. Misalnya saja anda merasa sering mual terutama ketika bangun tidur. Selain itu anda juga sering mengalami sakit kepala yang terjadi terus-menerus dan tidak normal. Hal ini mengindikasikan anda terserang anemia. Tanda lainnya yang juga menunjukkan penyakit anemia adalah sering merasakan capek padahal aktivitas yang dilakukan tidak terlalu berat. Hal ini dikarenakan tingkat oksidasi tubuh berkurang akibat rendahnya sel darah merah. Anda juga dapat merasakan penyakit anemia dari denyut jantung anda. Jika denyut jantung berpacu secara tidak beraturan, maka ini menunjukkan kurangnya oksigen dalam tubuh sehingga jantung harus bekerja lebih ekstra. Anda yang menderita anemia juga akan mengalami penurunan sistem imunitas, sehingga akan lebih mudah terserang penyakit.

Penyakit anemia juga menimbulkan tanda-tanda yang kasat mata. Misalnya dengan memperhatikan rambut anda. Jika rambut mengalami kerontokan secara tidak wajar, maka hal ini dapat menginsikadikan gejala anemia. Selain itu anda juga dapat memperhatikan mata anda, jika kelopak mata anda pucat pasi dalam jangka waktu yang cukup lama, alangkah baiknya anda memeriksakannya ke dokter agar lebih jelas penanganannya. Selain kelopak mata, wajah dan ujung jari-jari anda juga akan terlihat lebih pucat. Hal ini jelas terjadi akibat berkurangnya sel darah merah dalam tubuh sehingga mempengaruhi warna kulit.

Pencegahan atas timbulnya gejala anemia

Ketika sudah mendapati beberapa gejala anemia di atas, anda dapat melakukan beberapa antisipasi untuk mengatasi penyakit ini. Misalnya saja dengan mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi dan asam folat seperti sayuran hijau, kacang, sereal, pasta, dan lainnya. Anda juga disarankan untuk memakan buah yang memiliki kandung vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Lengkapi juga makanan anda dengan mengonsumsi susu yang kaya akan vitamin B12.

Usai sudah pembahasan mengenai gejala anemia beserta pencegahan dini yang dapat anda lakukan. Antisipasi awal memang sangat penting dilakukan agar penyakit anemia tidak mengakibatkan timbulnya penyakit-penyakit lain.