Inilah Faktor Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya

Faktor penyebab jerawat di punggung memang cukup beragam. Mulai dari kebersihan, kebiasaan, dan karena hormon atau gen. Seperti yang kita ketahui jika jerawat tidak hanya muncul di bagian wajah saja tetapi di bagian kulit lainnya, diantaranya adalah bagian leher, dada, dan punggung. Untuk bagian punggung terkadang orang tidak menyadari adanya jerawat sehingga jerawat di bagian tersebut sering diabaikan.

Meskipun jerawat di bagian punggung dapat ditutupi menggunakan pakaian namun jika dibiarkan terus menerus akan mengganggu Anda. Selain itu jika Anda sering berenang dan jerawat di punggung dapat terlihat oleh orang lain maka dapat membuat Anda tidak nyaman dan tidak percaya diri.

Faktor Penyebab Jerawat di Punggung

mengatasi jerawat di punggung secara alami

Penyebab jerawat di bagian punggung biasanya muncul sama seperti munculnya jerawat di wajah. Penyebabnya adalah produksi kelenjar minyak yang sangat aktif, terdapat banyak sel kulit mati serta profilerasi munculnya bakteri penyebab jerawat. Selain itu, sel kulit mati dan minyak yang mengendap di dalam flikel kulit dapat menyebabkan terjadinya peyumbatan. Kemudian penyumbatan tersebut yang akhirnya membuat komedo dan dapat muncul jerawat jika bakteri menyerang.

Biasanya jerawat di bagian punggung memiliki kandungan kelenjar sebasea yang lebih banyak dibandingkan dengan bagian kulit lainnya, yang kemudian dapat menyababkan folikel. Kondisi tersebut cenderung dapat mengakibatkan kelebihan sabun serta sel kulit mati. Faktor penyebab jerawat di punggung selanjutnya dapat disebabkan karena penggunaan baju atau pakaian yang terlalu ketat. Gesekan baju dan kulit secara terus menerus dapat menyebabkan jerawat semakin parah. Selain baju yang terlalu ketat, penggunaan ransel dengan waktu yang lama juga dapat menyebabkan jerawat di punggung semakin memburuk.

Cara & Tips >>  Cream Penghilang Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Faktor lain yang dapat menyebabkan jerawat di punggung adalah keringat. Mengapa demikian? Ini karena keringat yang keluar dari tubuh dapat menyebabakan iritasi pada kulit sehingga Anda disarankan untuk segera mandi setelah melakukan olahraga atau melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat. Jika bagian punggung sudah timbul jerawat maka Anda tidak disarankan untuk menggosok bagian tersebut ketika mandi. Langkah yang tepat adalah dengan membersihkannya menggunakan sabun.

Setelah mengetahui faktor penyebab jerawat di punggung, selanjutnya Anda harus paham bagaimana cara mengatasinya. Cara mengatasi jerawat di punggung dapat Anda lakukan dengan cara-cara alami. Cara alami dipercaya jauh lebih baik dibandingkan Anda menggunakan perawatan medis. Selain mudah dilakukan, cara mengatasi jerawat secara alami juga cukup terjangkau.

Cara & Tips >>  Cara merawat wajah agar tidak berjerawat dengan mudah

Cara Mengatasi Jerawat di Punggung Secara Alami

Menjaga Kebersihan Tubuh

Cara mengatasi jerawat di punggung yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Cara ini terbilang efektif karena pada intinya penyebab jerawat adalah kurangnya menjaga kebersihan kulit. Untuk itu agar bakteri penyebab jerawat hilang Anda haus rutin mandi menggunakan sabun kesehatan atau sabun anti bakteri.

Memakai Putih Telur

Seperti yang kita ketahui jika putih telur memiliki minyak manfaat untuk perawatan kulit, salah satunya adalah dapat mengobati jerawat di punggung. Untuk melakukannya Anda harus pisahkan putih telur dan kuningnya kemudian oleskan putih telur pada bagian punggung secara merata. Anda diamkan sekitar 30 menit kemudian bilas menggunakan air bersih. Anda dapat melakukan cara ini secara rutin ketika akan mandi.

Memakai Buah Tomat

Dengan mengetahui faktor penyebab jerawat di punggung maka cara pengobatannya menjadi lebih mudah. Anda dapat menggunakan buah tomat untuk menghilangkan jerawat di punggung. Buah ini dapat digunakan sebagai pengganti scrub, caranya adalah dengan memilih buah tomat yang sudah matang kemudian haluskan dengan menggunakan blender. Setelah halus oleskan pada bagian punggung yang berjerawat. Diamkan hingga mengering kemudian bilas menggunakan air bersih.

Cara & Tips >>  5 Cara Mengempeskan Jerawat Alami Seketika Dalam Semalam

Memakai Buah Lemon

Selain dapat mengatasi jerawat di punggung, buah lemon juga dapat menghilangkan noda atau flek hitam bekas jerawat. Buah lemon mengandung vitamin B, vitamin C karbohidrat dan fosfor. Cara menggunakannya adalah dengan memeras buah lemon kemudian campur degan sedikit air. Oleskan campuran tersebut pada bagian punggung yang berjerawat menggunakan kain halus atau kapas. Diamkan hingga kering kemudian Anda mandi sambil dibersihakan.

Setelah mengetahui faktor penyebab jerawatan di punggung dan bagaimana cara mengatasinya maka Anda juga harus tahu cara mencegah jerawat di punggung. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah gunakan pakaian atau baju yang menggunakan bahan berserat alami sehingga dapat menjaga kulit agar tidak lembab. Kemudian Anda juga harus rutin mengganti spray untuk mencegah punggung dan bagian tubuh lain terkena jerawat. Semakin lama spray digunakan maka semakin banyak sebum, sel kulit mati, keringat serta bakteri bersarang di spray tersebut. Sama seperti baju, spray dengan bahan katun lebih baik karena tidak membuat kulit menjadi lembab.

baca juga : cara mengecilkan pori-pori hidung dan wajah bekas jerawat

Itulah beberapa faktor penyebab jerawat di punggung dan cara mengatasinya.

PENTING! BACA JUGA Jerawat
Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami
Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami - Apakah anda pernah mengalami munculnya sebuah jerawat ? Jika pernah berikut ini ada...

Tips Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat

Tips Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat - Hal yang paling menyebalkan adalah ketika wajah kitamuncul jerawat, apalagi jerawat batu...

makanan penyebab jerawat dan komedo di punggung dan wajah
Makanan Penyebab Jerawat Batu dan Komedo di Muka

Makanan Penyebab Jerawat Batu dan Komedo di Muka - Pernahkah anda mencoba menghilangkan jerawat batu meradang dan komedo di muka dan...

Close