Jenis Sakit Kepala Sebelah Kiri Serta Gejala Yang Menyertai

Jenis Sakit Kepala Sebelah Kiri serta Gejala yang Menyertai – Sakit kepala sebelah kiri adalah penyakit umum yang banyak diderita orang dimana kepala akan terasa sakit seperti tertusuk-tusuk namun hanya mempengaruhi kepala sebelah kiri saja. Saat sakit terjadi dapat disertai dengan Aura yaitu kondisi saat mata mengalami gangguan karena terblokir suatu bentuk yang seperti tembok besar, bentuk asing tersebut muncul pertama kali di tengah pandangan mata kemudian menyebar ke arah samping dengan pola penyebaran zigzag dengan garis yang berwarna hitam atau putih.

Ada pula penderita yang mengalami muntah-muntah karena pusing saat merasa dunia seperti berputar. Effect dari sakit di kepala tersebut datang secara berkala kemudian hilang dengan sendirinya. Namun tidak jarang yang masih merasakan effect seperti kebas di area tempat sakit tersebut muncul. Beberapa orang akan merasa segar setelah pusing hilang namun ada pula yang merasa depresi. Penyebab dari sakit kepala kiri ini bervariasi mulai stress sampai gangguan hormonal dalam tubuh.

sakit-kepala-luna-maya

Berbagai jenis sakit kepala kiri yang dapat muncul

1. Migrain biasa tanpa disertai Aura.
2. Migraine klasik yang disertai aura dimana jenis ini dapat menyebabkan kelemahan motorik pada penderita yang sering terjadi dalam suatu keluarga dekat. Terdapat juga tipe yang menyebabkan penderita merasa dunia berputar, sampai mengalami kesulitan untuk berbicara.
3. Jenis yang menyerang ke anak-anak yang biasanya diawali dengan kejadian dimana anak muntah secara mendadak tanpa gejala sakit kepala bagian kiri sebelumnya.
4. Jenis sakit kepala kiri yang menyebabkan kebutaan sementara pada mata bagian kiri.
5. Komplikasi sakit kepala dimana rasa pusing akan terjadi pada jangka waktu yang lama dan datang lebih sering dari jenis yang lainnya.
6. Jenis probable dimana gejalanya menyerupai sakit kepala namun tidak sampai menjadi sakit kepala yang sesungguhnya, biasanya terjadi pada orang yang menggunakan obat-obatan tertentu secara berlebihan sehingga menimbulkan gejala mirip sakit kepala sebelah.
7. Jenis kronis terjadi jika sakit pada sebelah kiri kepala telah terjadi pada jangka waktu 15 hari setiap bulannya dan berlangsung terus-menerus selama 3 bulan.

Gejala yang dialami penderita sakit pada sebelah kepala

  •  Sering buang air pada jarak yang singkat.
  •  Cemas secara berlebihan
  •  Mata menjadi sakit saat melihat cahaya yang sebenarnya biasa saja. Karena itu cobalah untuk meredupkan cahaya lampu agar tidak terjadi sakit kepala sebelah
  •  Kepala bagian kiri terasa sangat berat sehingga sulit untuk melakukan sesuatu
  •  Sakit dibagian leher atau pundak, untuk itu cobalah pijat bagian yang kaku tersebut agar lebih relax.
  •  Sering menguap tiba-tiba walaupun tidak dalam keadaan mengantuk. Hal ini bisa diatasi dengan tidur selama 20 sampai 30 menit sehingga sakit kepala sebelah kiri tidak terjadi.
Kepala sebelah kiri trasa tertusuk dn rambut rontok, kepala seperti berat sebelah kiri