Kenali Berbagai Ciri-Ciri Penyakit Liver

Penyakit liver merupakan salah satu penyakit yang memerlukan penanganan yang serius. Pasalnya liver atau hati adalah salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh. Hati memegang peranan yang sangat vital dalam menjamin kelangsungan ekresi dalam tubuh, hal tersebut lantaran organ liver ini berfungsi untuk membantu peran ginjal dalam memecah senyawa yang bersifat racun. Untuk itulah maka sangat penting kiranya bagi Anda mengetahui gejala atau ciri awal akan adanya penyakit liver ini. Bagi Anda yang penasaran seperti apakah ciri-ciri penyakit liver, maka sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut ini.

Ciri-ciri Penyakit Liver yang Sepatutnya Anda Tahu

Ciri-Ciri Penyakit Liver

Ciri-ciri penyakit liver ini sebenarnya ada beberapa bentuk, diantaranya adalah perubahan yang terjadi pada bentuk fisik perut, di mana seseorang yang tengah mengalami sakit liver ini biasanya perutnya akan berubah bentuk menjadi lebih buncit. Perubahan bentuk perut menjadi lebih buncit ini dikarenakan adanya pembengkakan yang terjadi di bagian bawah dari tulang rusuk pada bagian kanan bawah. Gejala atau ciri lainnya dari sakit liver ini adalah rasa sakit pada saat bernafas. Orang yang mengalami sakit liver terkadang juga mengalami rasa sakit ketika bernafas akibat tekanan yang berat pada diafragma.

baca juga : ciri-ciri gejala usus buntu dan cara pencegahannya

Ciri-ciri penyakit liver yang lain adalah perubahan warna kulit. Ketika seseorang mengalami sakit liver ini biasanya kulit serta mata akan berubah warnanya menjadi cenderung agak berwarna kekuning-kuningan. Karena adanya perubahan warna kulit serta mata yang cenderung berwarna kuning tersebut akhirnya banyak orang yang menyebut penyakit liver atau hati ini sebagai penyakit kuning. Selain perubahan warna pada kulit dan juga mata, yang menjadi salah satu ciri dari penyakit liver ini adalah munculnya lingkaran hitam pada area mata.

Ciri-ciri penyakit liver yang lainnya adalah terjadinya perubahan warna air seni menjadi kekuning-kuningan bahkan cenderung kuning gelap. Dan yang menjadi ciri lain dari penyakit liver ini adalah volume buang air besar atau BAB yang tidak teratur atau tidak setiap hari. Selain itu ciri penyakit liver yang lainnya adalah berat badan penderita yang akan turun dengan sangat drastis. Hal tersebut dikarenakan pencernaan penderita yang terganggu sehingga menimbulkan sensasi rasa mual dan juga anemia, serta nafsu makan akan sangat jauh berkurang.

Ciri penyakit liver yang lainnya dapat dilihat pada bentuk kuku, jika seseorang menderita penyakit kuning atau penyakit liver ini maka biasanya bentuk kukunya akan melengkung dan memutih. Selain itu pada beberapa orang, penyakit liver ini akan menyebabkan mimisan. Ciri lain dari penyakit liver ini adalah munculnya sakit kepala, lemah, letih, lesu bahkan kejang dan depresi.

Penyebab penyakit liver sendiri biasanya karena infeksi parasit, dan hingga saat ini dikenal dengan virus hati. Virus hati ada bermacam-macam, dan yang cukup membahayakan adalah hepatitis B (HBV) dan hepatitis C (HCV). Penyakit hati cirrhosis sel-nya berubah menjadi jaringan ikat yang tidak dapat normal kembali, sehingga dapat menurunkan fungsinya. Jika ini terjadi pada seluruh hati maka fungsi hati akan menjadi lumuh dan dapat menimbulkan gagal hati. Hal ini dapat disebabkan karena obat-obatan, alkohol, bahan kimia, serta terjadi penyumbatan empedu akibat infeksi pada kandung empedu serta salurannya.

Umumnya hati dapat rusak karena racun aflatoxin yang berasal dari kacang busuk atau jamu yang sudah berjamur. Selain itu, hati juga dapat menjadi kanker serta mengalami perlemahan hati. Untuk itu Anda harus benar-benar menjaga organ tubuh yang satu ini karena hati memiliki peranan yang sangat penting untuk tubuh. Berikut fungsi hati yang perlu Anda ketahui.

Fungsi Hati dalam Tubuh

  • Sintesis atau berfungsi untuk membuat protein dan dapat memecah protein.
  • Detoksifikasi dari racun yang ada pada tubuh.
  • Sebagai tempat penyimpanan vitamin dan mineral.
  • Dapat membantu mengolah makanan.
  • Sebagai pusat metabolisme tubuh.
  • Dapat memproduksi enzim dan hormon.
  • Mengubah racun dan zat bunga untuk dikeluarkan ke dalam empedu dan urin.

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Hati

  • Penderit a penyakit hati tidak diajurkan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging kambing, jeroan, susu full cream, es krim, mentega, keju, serta makanan yang digoreng dan bersantan.
  • Penderita penyakit hati tidak disarankan mengonsumsi makanan kemasan atau makanan kaleng seperti cornet dan sarden.
  • Penderita penyakit hati juga tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang dapat menimbulkan gas. Makanan yang dapat menimbulkan gas diantaranya ubi, lobak, kacang merah, buah durian, buah nagka, mentimun, sayur sawi dan sayur kol.

baca juga : ciri penyebab awal gejala penyakit jantung

Demikian sedikit informasi yang bisa kami berikan terkait dengan ciri-ciri penyakit liver ini, semoga bisa bermanfaat.

ciri ciri dampa, ciri ciri ketombe pada pengidap HIV, bahaya akibat penyakit vertigo dapat menyebabkan kematian, ciri ciri deos