Khasiat Ikan Gabus untuk Kesehatan dan Pasien Pasca Operasi

Khasiat ikan gabus tentu masih belum banyak orang tahu. Dalam kehidupan sehari-hari, ikan jenis ini merupakan sumber protein hewani yang baik untuk dikonsumsi. Ikan gabus mengandung karbohidrat, vitamin, dan protein sekitar 16-20%. Ikan ini merupakan jenis ikan yang jarang dibudidaya, namun banyak hidup secara liar di banyak daerah seperti danau, sungai, rawa-rawa, parit, persawahan, bahkan perairan yang memiliki kadar oksigen rendah.

baca juga : manfaat minyak ikan untuk bayi

Di beberapa daerah di Indonesia, ikan gabus memiliki beberapa nama seperti daerah Jawa menyebutnya ikan kutuk, daerah Sunda menyebutnya ikan bogo, dan sebutan ikan licingan , kocolan, bocek untuk daerah-daerah lainnya. Khasiat ikan gabus memang baik untuk kesehatan, terutama untuk pasien pasca operasi. Namun demikian, ikan ini merupakan jenis ikan predator sehingga jarang yang membudidayakannya.

Ikan dengan nama latin Ophiocephalus Striatus ini umumnya memiliki bentuk badan bulat memanjang, bagian punggung berbentuk bulat dengan kepala pipih. Ikan gabus biasanya berwarna hitam dan bagian perut berwarna putih. Bagian sirip ekornya berbentuk setengah lingkaran.

Selain mengandung tinggi protein, ikan gabus juga mengandung albumin plus mineral zinc. Kandungan tersebut berkaitan dengan proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Albumin memiliki manfaat untuk membawa molekul-molekul kecil melewati plasma serta cairan sel. Selain itu, albumin bermanfaat untuk membawa obat yang tidak larut sehingga tidak mengendap sehingga dapat mencegah keracunan. Jenis obat yang susah larut adalah antikoagulan, aspirin, dan obat tidur.

Cara & Tips >>  4 Cara Alami Menebalkan Rambut Yang Tipis

Beberapa Khasiat Ikan Gabus

manfaat ikan gabus

Untuk mengambil albumin dalam ikan gabus dapat dilakukan dengan cara ekstraksi sederhana, yakni dengan menggunakan pelarut. Selain itu Anda juga dapat melakukan pengambilan albumin dengan melakukan proeses pengukusan hingga ikan gabus mengeluarkan cairan berwarna putih keruh. Berikut beberapa manfaat dari ikan gabus.

Pembentukan dan Pertumbuhan Otot

Ikan gabus mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Dari 100 gram ikan gabus mengandung 25,2 gram protein. Jika dibandingkan dengan daging ayam yang hanya 18,2 gram tentu jauh lebih tinggi ikan gabus. Dengan kandungan protein yang tinggi ini Anda dapat memanfaatkannya sebagai makanan pembentuk otot tubuh yang baik.

Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Khasiat ikan gabus untuk kesehatan lainnya adalah dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh. Hal ini karena zat albumin yang ada pada ikan gabus. Jika tubuh kekurangan cairan maka protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah sehingga tidak dapat berfungsi dengan normal. Kandungan normal albumin pada tubuh manusia adalah 60%.

Cara & Tips >>  Cara Menghilangkan Panu Secara Alami dan Cepat

Baik untuk Pencernaan

Manfaat ikan gabus lainnya adalah dapat menyehatkan pencernaan Anda. Daging ikan gabus memiliki tekstur yang empuk sehingga sangat baik dan mudah untuk dicerna. Ini dikarenakan daging ikan gabus mengandung protein kolagen yang lebih rendah dibandingkan dengan daging ternak lainnya. Ikan gabus hanya mengandung protein kolagen sebesar 3-5%.

Mendukung Pertumbuhan Balita

Jika tubuh kekurangan albumin atau disebut dengan hipoabumin, maka dapat menyebabkan nutrisi tidak dapat diedarkan ke seluruh tubuh. Jika ini terjadi pada usia balita tentu akan menghambat proses pertumbuhan. Selain itu, perkembangan otak anak juga menjadi tidak maksimal, terjadi penurunan kekebalan tubuh yang membuat anak mudah sakit.

Zat albumin yang dibutuhkan anak karena usia tersebut merupakan fase emas pertumbuhan. Untuk itu, memberi makan ikan gabus secaa rutin dapat mencegah anak kurang cerdas. Jika balita mengalami gangguan pertumbuhan maka dapat menyebabkan tubuh anak kurus seperti anak yang kekurangan gizi.

Untuk Pasien Pasca Operasi

Hingga saat ini masih banyak orang yang melarang pasien pasca operasi untuk mengonsumsi ikan dengan alasan luka menjadi gatal dan sulit kering. Padahal hal tersebut tidaklah benar, karena dengan tidak mengonsumsi ikan maka asupan protein yang dibutuhkan tubuh juga akan berkurang. Rasa gatal yang terjadi pada luka setelah operasi merupakan bagian dari proses penyembuhan. Untuk itu khasiat ikan gabus untuk pasien pasca operasi sangat dibutuhkan.

Cara & Tips >>  Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat

Mempercepat Proeses Penyembuhan Luka

Kandungan protein yang tinggi pada ikan gabus dapat berfungsi untuk mengganti sel tubuh yang rusak dan berguna sebagai zat pembangun. Bagian kulit yang rusak akibat luka dapat segera teregenerasi dengan mengonsumsi protein yang berasal dari ikan gabus. Ini juga dapat membantu proses penyembuhan luka. Sebenarnya tidak hanya luka setelah operasi, tetapi hampir semua jenis luka dapat cepat sembuh dengan mengonsumsi protein tinggi.

Meningkatkan Berat Badan

Ikan gabus mengandung kalori sebesar 69 gram per 100 gram ikan gabus. Kandungan kalori tersebut mampu membantu meningkatkan berat badan seseorang dengan cepat. Biasanya orang yang terkena HIV/AIDS disarankan untuk rutin mengonsumsi ikan gabus agar berat badan tetap terjaga.

baca juga : manfaat ikan patin untuk kesehatan

Itulah beberapa khasiat ikan gabus untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

PENTING! BACA JUGA Kecantikan
Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami sering dicari banyak orang untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan mulus....

Cara Menebalkan Alis Dengan Bahan Alami

Sebagian wanita memiliki mindset bahwa alis yang indah itu adalah alis yang tebal. Alis merupakan bagian wajah yang pastinya tidak...

Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan

Manfaat teh hijau untuk kecantikan memang cukup ampuh dan sudah dipercaya sejak zaman dahulu. Memiliki kulit yang sehat, mulus, dan...

Close