Macam-macam Penyakit Paru-paru yang Harus Diketahui

Penyakit paru-paru menjadi salah satu penyakit yang berbahaya apalagi dengan adanya macam-macam penyakit paru-paru maka membuat penyakit ini dapat menyerang siapa saja. Kondisi udara dan cuaca bisa mempengaruhi masyarakat sehingga dengan mudah terjangkit penyakit pernapasan ini. Terutama di kota-kota besar yang memiliki tingkat polusi sangat tinggi, tentu saja penyakit paru-paru selalu menghantui.

Penyebab dan Gejala Penyakit Paru-Paru

Salah satu penyakit pernafasan yang sering anda jumpai adalah penyakit paru-paru basah. Penyakit yang biasa disebut penumonia ini terjadi karena kantong paru-paru dipenuhi oleh nanah dan cairan sehingga pasokan oksigen ke paru-paru akan berkurang. Sementara untuk gejalanya seperti batuk yang disertai dahak secara berkelanjutan selama 3 minggu atau lebih. Apalagi dahak biasanya akan bercampur dengan darah, sesak nafas dan dada nyeri menjadi gejala pada saluran nafas.

paru-paru-basah

Sedangkan pada gejala tubuh secara luas ditandai dengan nafsu makan yang berkurang secara drastis. Berat badan kemudian menurun dan disertai dengan demam lebih dari satu bulan. Tubuh di malam hari akan menghasilkan keringat meski sedang tidak beraktifitas dan cuaca tidak terlalu panas. Ketika gejala-gejala tersebut sudah muncul, segeralah berobat ke dokter.

Penyakit paru-paru tidak selalu menular, namun ada beberapa penyakit paru-paru menular yang harus anda perhatikan ciri-cirinya seperti TBC. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis yang menyerang daerah paru-paru pada penderita, karena itulah penularan terjadi saat bakteri berpindah dari penderita ke orang lain melalui cairan yang dikeluarkan saat sedang batuk yang kemudian terhirup. Untungnya bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh baik maka bakteri tersebut akan dimusnahkan oleh sistem antibody sehingga tidak semua orang yang berada di sekitar penderita akan terkena TBC.

BACA TIPS INI JUGA  Gejala dan Ciri-ciri Sakit Ginjal Awal Akut pada Anak Serta Wanita

Gejalanya dari TB dimulai dengan batuk yang sangat kronis, biasanya akan terjadi lebih dari 3 minggu namun tidak kunjung sembuh. Batuk tersebut berdahak kadang ditambah dengan adanya darah yang keluar dari mulut. Demam yang terjadi sangat ringan karena tidak bersuhu tinggi namun akan menyebabkan penderita mengeluarkan keringat berlebih di malam hari. Gejala ini sering tidak diketahui oleh penderita karena memang mirip dengan gejala flu biasa, apalagi demam tersebut akan muncul dan hilang sendiri. Selain itu nyeri di bagian dada bisa menjadi salah satu pertanda.

Penyakit paru-paru tidak pandang bulu dalam menyerang, anak-anak pun bisa terkena penyakit ini. Untuk penyakit flek paru-paru pada anak, gejalanya dimulai dengan demam tinggi selama lebih dari 3 bulan meski sudah diberi obat penurun panas. Meski sudah mengkonsumsi kandungan gizi yang cukup namun berat badan tidak kunjung bertambah. Serta terjadi diare yang tidak dapat sembuh dengan obat biasa. Macam-macam penyakit paru-paru ini bisa menjadi alat pembelajaran untuk mengenali gejala sehingga dapat segera melakukan pencegahan dan penyembuhan secara total.

Deskripsi : Macam-macam penyakit paru-paru sangat bervariasi dan memiliki gejala yang hampir mirip. Penyakit ini dapat menyerang semua orang bahkan anak-anak.