Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Paling Cepat

Makanan penurun kolesterol tinggi sebenarnya dapat diterapkan dalam menu makanan sehari-hari. Kolesterol dalam tubuh terdiri dari dua macam,yakni LDL atau sering disebut dengan kolesterol jahat yang berbahaya untuk kesehatan serta harus dihindari. Yang kedua adalah HDL, yang mampu mencegah kolesterol jahat mengendap dan baik untuk tubuh.

Kolesterol jahat inilah yang menyebabkan terjadinya aterosklerosis atau pengapuran serta pengerasan dinding pembuluh darah. Pengerasan pembuluh darah tersebut akan menghalangi aliran darah mengalir, akibatnya seseorang akan berisiko terkena Penyakit Jantung Koroner. Kolesterol tinggi juga disebabkan karena lemak jenuh yang bersumber dari protein hewani seperti mentega, keju, daging, atau protein nabati seperti minyak kelapa, santan, dan sebagainya. Namun perlu Anda ketahui jika kolesterol juga dibutuhkan oleh manusia untuk membuat hormon dan membangun dinding sel. Jika LDL Anda tinggi maka harus makan makanan penurun kolesterol tinggi segera mungkin.

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Paling Cepat

Kadar kolesterol normal seseorang adalah <200 mg/dl untuk jumlah keseluruhan. <100 mg/dl untuk kolesterol jahat atau LDL yang dapat menyumbat arteri dan >50 mg/dl untuk kadar kolesterol HDL yang dapat membantu membersihkan lemak. Seseorang tentu harus menjaga agar HGL tetap tinggi, ini bertujuan agar terhindar dari penyakit jantung koroner.

Daftar Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit maka Anda harus memperhatikan pola makan. Untuk Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi maka dapat mengonsumsi beberapa makanan berikut ini.

Cara & Tips >>  Kenali Berbagai Ciri-Ciri Penyakit Liver

Oatmeal

Ini merupakan salah satu makanan yang mengandung serta larut yang dapat mengirangi kolesterol jahat di dalam tubuh. Cara kerja dari serat larut adalah dengan mengurangi penyerapan kolesterol yang masuk ke dalam aliran darah, sehingga tidak menumpuk pada pembuluh darah. Selain oatmeal, serat larut juga dapat ditemukan pada kacang merah, pir, dan apel.

Ikan

Makanan penurun kolesterol selanjutnya adalah ikan. Beberapa ikan yang dapat Anda pilih adalah ikan tuna, sarden, dan ikan salmon. Ikan-ikan tersebut mengandung asam omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung serta menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah dan risiko kematian akibat serangan jantung mendadak.

Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat adalah kacang almond dan kacang kenari. Kacang tersebut memiliki kandungan aam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan pembuluh darah. Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda tidak disarankan mengonsumi kacang-kacangan yang sudah dicampur gula ataupun garam.

Kacang Panjang

Selain kacang almonda dan kacang kenari, ternyata ½ cangkir sup kacang panjang mampu menurunkan kolesterol hingga 8%. Ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan di Arizona State University Polytechnic. kacang panjang mengandung banyak serat yang mampu memperlambat jumlah kolesterol dari jenis makanan tertentu.

Cara & Tips >>  Cara Menambah Tinggi Badan Tanpa Operasi

Teh Hitam

Selain dapat mengatasi kanker, teh hitam juga masuk ke dalam menu makanan penurun kolesterol tinggi. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan di USDA, yang mengungkapkan bahwa teh hitam mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 10% dalam waktu 3 minggu.

Alpukat

Ini merupakan sumber dari lemak tidak jenuh tunggal, yakni jenis lemak yang baik untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Buah yang biasa dijadikan jus ini mengandung beta-sitosterol, yakni lemak nabati yang dapat mengurangi jumlah kolesterol dar makanan yang dikonsumsi.

Buah Zaitun

Kandungan antioksidan pada buah zaitun mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Buah zaitun merupakan salah satu bahan makanan yang umumnya ada pada menu masakan masyarakat Mediterania dan salah satu makanan penurun kolesterol tinggi yang baik. Dan ini sangat berbanding positif dengan kondisi kardiovaskular masyarakat tersebut. Selain memanfaatkan buahnya, minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ini karena minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggan serta vitamin E yang mampu meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

Cara & Tips >>  Obat Sakit Mata Bayi Berdasarkan Penyebabnya

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Paling Cepat1

Buah dan Sayuran

Buah atau sayur yang mengandung antioksidan tinggi ternyata dapat menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Selain itu buah dan sayuran tersebut juga dapat melindungi jantung agar tetap sehat. Jenis buah dan sayuran yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol diantaranya adalah blackberry, strawberry, mangga, jambu biji, labu,ubi jalar, bayam, wortel, kubis, brokoli, paprika, dan cabai. Pastikan Anda memasukan buah atau sayuran tersebut pada menu makan sehari-hari Anda.

Kedelai

Berbagai makanan olahan kedelai seperti tempe, tahu, susu kedelai dipercaya mampu mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Para peneliti mengungkapkan jika seriap 25 gram olahan kedelai per hari atau 10 ons tahu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 5%-6% dari dalam tubuh.

Bawang Putih

Seperti yang kita ketahui jika bawang putih memang sangat baik untuk kesehatan jantung. Menurut penelitian, cara teerbaik mengonsumi bawang putih mentah adalah dengan memasukannya ke dalam salad atau menu makanan lain. Selain itu bawang putih juga bahan makanan untuk diet ala Mediterania.

baca juga : obat herbal tradisional untuk asam urat dan kolesterol tinggi

Itulah beberapa makanan penurun kolesterol tinggi yang dapat konsumsi.

PENTING! BACA JUGA Kesehatan
Cara Mengobati Sariawan di Lidah yang Tak Kunjung Sembuh

Sariawan di lidah memang sangat mengganggu dan membuat seseorang merasa tidak nyaman, baik saat berbicara ataupun makan. Sariawan bukan merupakan...

Manfaat Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Ketombe

Manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe sudah dipercaya sejak zaman dahulu. Ketombe merupakan permasalahan pada rambut yang paling sering dialami...

Cara Mengobati Mata Ikan Secara Alami

Cara mengobati mata ikan sebenarnya cukup mudah, mulai dari tindakan medis ataupun menggunakan bahan alami. Mata ikan merupakan penyakit yang...

Close