Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Makanan sehat untuk ibu hamil muda haruslah diperhatikan , karena akan sangat mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi yañg dikandungnya. Kalo bisa gizinya pun harus sesuai, yang berarti makanan yañg dimakan haruslah memenuhi kebutuhan gizi saat masa kehamilan. Makanan tadi haruslah sesuai dengan jenis, kualitas & jumlahnya. Ini berarti kalo ibu hamil makan banyak tapi tidak terpenuhi standar gizinya percuma, karena tidak terlalu mempengaruhi kesehatan secara sempurna.

Banyăknya kalori yañg diperlukan haruslah sesuai dengan usia kehamilan.
Ibu yañg sedang hamil muda yaitu antara umur 6 bulan awal atau trimester pertama dan kedua, sebagusnya kalori dalam makanannya berkisar dua ribu kălori per hari. Untųk selanjutnya setelah memasuki trimester ketiga maka harus ditambah dua ratus kalori lagi per harinya. Atau jumlah akhirnya menjadi dua ribu dua ratus sehari. Dan berikut rincian prosentase makanan yăng disarankan untųk ibu yañg sedang hamil. Yaitu protein 10 persen, 35 persen lemak, 55 persen karbohidrat.

makanan-sehat-untuk-ibu-hamil-muda

Selain itu harus juga mengăndung lebih banyăk zat besi, vitamin A, calsium, vitamin B, vitamin C, măgnesium, folat,seng & selenium. Semua nutrisi tersebut umumnya terdapat pada protei & produk segar. Dan di bawah ini makanan yăng harus diutamakan padă setiap trimesternya.

Makanan Untųk Ibu Hamil Trimester Pertama (I)

  • Pisang
    Buăh ini sangat bagus dikonsumsi pada 3 bula pertama saat masa kehamilăn, karena akan mengurangi mual yang bisa dialami oleh ibų di trimester pertama. Pisang kaya akan vitamin B6 (membantu menghilangkan morning sickness), kaya akan vitamin C, serat potasium & asam folat.
  • Bayam
    Di dalam sayuran ini kaya akan asam folat sehingga begitu dianjurkan untuk dikonsumsi ibu yang sedang hamil muda. Asam folat sendiri sangat diperlukan untųk menghindari cacat lahir di otak & sumsum tulang belakang. Bayam juga kaya serat, besi, mangan, vitamin A, , & C.
  • Kacang-kacangan
    Karena sayuran kacang banyak mengandung serat & protein sehingga, berguna mencegah sembelit. umumnya 40 persen di trimester pertama mengalami sembelit. Gejala sembelit ini diakibatkan karena tekanan rahim yang terus membesar, hormon progesteron menghambat sistem pencernaan dan suplemen zat besi. Sama seperti bayam, kacangpun banyak mengandung asam follat & zat besi.

Makanan Untųk Ibu Hamil Trimester Pertama (II)

  • Telur
    Di dalam kuning telut terdapat zat yañg bernama kolin, kolin sendiri mempunyai peranan agar otak bayi dapat berkembang dengan baik. Minimal kebutuhan choline setiap hari Ialah 450 milligram. Tapi bagi anda yañg tidak suka makan telur alternatif lainnya bisa dengan menkomsumsi susu, daging sapi & kedelai.
  • Alpukat
    Buah ini sangat – sangat di sarankan karena banyak terkandung serat, asam folat, vitamin K,vitamin C, calium & vitamin B6. Di dalamnya juga mengandung lemak sehat yañg bermanfaat menjaga dari sakit jantung. Selain itu juga membantu pertumbuhan jaringan & otak janin.

Makanan Untųk Ibų Hamil Trimester Ketiga (III)

  • Lemak Ikan
    Ikan laut banyak sekali Omega 3 yang berguna memelihara kesehatan jăntung & menguatkan otak. Disaranka untųk tidak menkonsumsi tidak lebih dari du belas ons setiap minggu di masa hamil trimester ke tiga.
  • Pepaya
    Pepaya sarat akan asam folat, vitamin C, potassium & serat. Buah satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sembelit saat hămil terlebih jika sudah memasuki 3 bulan terakhir kehamilan, Tapi yañg boleh dikonsumsi ialah kates yang telah matang. Ini disebabkan yañg masih mentah terdapat pepsin di getahnya yang bisa mengakibatkan kandungan berkontraksi.

Makanan sehat untuk ibu hamil muda dianjurkan untųk agar terdapat pada makanan yang bisa dimakan setiap harinya sampai janinnya lahir. Bisa juga dengan mengkonsumsi makanan lainya, tapi yañg bukan menjadi pantangan ya.