Makanan Yang Cocok Untuk Diet Sehat

Makanan yang cocok untuk diet sangat dibutuhkan setiap orang yang ingin menurunkan berat badan. Dalam hal ini perlu diperhatikan bahwa pemilihan makanan sangat berperan penting untuk membantu program penurunan berat badan. Pada umumnya makanan yang digunakan untuk diet merupakan makanan sehat yang memiliki banyak nutrisi. Sehingga selain berat badan turun, kesehatan tubuh juga tetap terjaga.

Saat ini terdapat berbagai jenis diet yang dapat dipilih, namun Anda perlu berhati-hati karena tidak semua jenis diet baik untuk kondisi kesehatan seseorang. Apalagi jika Anda harus menjalankan program diet ekstrim seperti melakukan olahraga berat dan tidak makan sama sekali dan hanya mengandalkan obat diet. Cara tersebut tidaklah tepat karena justru akan mengganggu kesehatan Anda. Tips menurunkan berat badan yang baik adalah dengan memilih makanan yang cocok untuk diet serta menjaga pola hidup sehat.

Pola hidup sehat yakni dengan melakukan olahraga agar badan tetap bugar, istirahat yang cukup, serta pola makan sehat. Dalam menjalankan program diet, tubuh juga memerlukan energi yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Jadi meskipun Anda sedang menjalani program diet, Anda tetap harus makan namun jenis makanan yang dikonsumsi dan jadwal makan harus diatur dengan baik.

Dalam melakukan diet sebenarnya Anda tidak harus mengurangi porsi makan dan menahan lapar sepanjang hari karena terdapat beberapa makanan yang memang baik untuk diet. Makanan-makanan tersebut biasanya mampu membantu Anda merasa kenyang lebih lama setelah dikonsumsi. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan merasakan lapar ketika melakukan diet.

Pilihan Makanan yang Cocok untuk Diet Sehat

diet

Makanan yang baik untuk diet biasanya mengandung nutrisi dan serat yang cukup tinggi. Berikut beberapa makanan yang dapat Anda pilih untuk menurunkan berat badan.

Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Telur mengandung protein yang cukup tinggi serta sembilan asam amino esensial. Ketika dicerna di dalam tubuh, kesembilan asam amino tersebut berperan penting untuk memicu pelepasan hormon yang ada di dalam usus sehingga dapat meminimalisir rasa lapar. Studi yang dilakukan oleh Saint Louis University membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi telur di pagi hari untuk sarapan akan mengonsumsi 330 kalori lebih sedikit dibanding orang yang sarapan dengan menggunakan roti tawar. Untuk itu jika Anda sedang menjalankan program diet maka mengonsumsi telur di pagi hari adalah pilihan yang tepat.

Sup

Makanan yang cocok untuk diet selanjutnya adalah sup. Sup merupakan makanan yang disajikan dengan kandungan air yang cukup banyak. Anda dapat memilih sup sayuran ataupun sup kacang-kacangan. Kedua sup tersebut sama-sama mampu membuat perut merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsinya. Untuk sup sayuran, biasanya terdiri dari berbagai macam sayuran yang menyehatkan seperti brokoli, kol, wortel, kentang, dan sebagainya. Perlu Anda ketahui jika semangkuk sup hanya mengandung 150 kalori. Dengan mengonsumsi sup di pagi hari maka tubuh akan memberikan sinyal ke otak untuk mengnformasikan bahwa asupan makanan sudah cukup dan tidak akan terdorong untuk mengonsumsi makanan yang lain dengan porsi banyak.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah-buahan penurun berat badan yang mengandung lemak, namun lemak yang terkandung di dalamnya merupakan lemak tak jenuh sehingga baik untuk kesehatan. Bahkan lemak tak jenuh tersebut dapat membantu proses pembakaran lemak menjadi lebih cepat. Selain mengandung lemak tak jenuh, makanan yang cocok untuk diet ini juga kaya akan asam folat, vitamin E, dan pottasium. Kandungan tersebut dapat memberikan efek kenyang lebih lama jika dibandingkan dengan makanan lain. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat mengonsumsi alpukat tanpa dengan tambahan gula, susu, atau pemanis lainnya.

Oatmeal

Makanan yang mampu memberikan efek kenyang lebih lama adalah oatmeal. Makanan ini mengandung karbohidrat kompleks sehingga tidak akan membuat berat badan naik ketika mengonsumsinya. Oatmeal bermanfaat untuk menghambat proses mengolah gula sehingga mampu menekan rasa lapar. Selain itu, oatmeal juga mengandung banyak serat sehingga proses metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Mengonsumsi oatmeal di pagi hari akan membuat nafsu makan tidak melonjak saat siang hari. Agar lebih nikmat, Anda dapat mengonsumsi oatmal yang ditambahkan susu rendah lemak, almond, atau buah-buahan segar.

Kacang-kacangan

Jika Anda suka ngemil dan tidak mau berat badan naik maka Anda dapat mengonsumsi kacang-kacagan sebagai camilan sehat. Beberapa kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang kedelai, kacang merah, dan walnut mengandung karbohidrat kompleks sehingga akan memberikan efek kenyang lebih lama ketika mengonsumsinya. Selain mengandung karbohidrat kompleks, kacang-kacangan juga mengandung lemak baik dan protein Sehingga dapat dipilih sebagai pengganti daging.

baca juga : tips mengecilkan perut dengan cepat secara alami

Itulah beberapa makanan yang cocok untuk diet sehat yang perlu Anda ketahui.