Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan Tubuh

Di indonesia banyak aneka buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan yang hidup dengan subur. Keberadaan mereka memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Selain dikonsumsi, manfaatnya lainnya adalah untuk kesehatan. Banyak tumbuhan yang dapat digunakan untuk obat atau terapi bagi kesehatan. Salah satu buah yang memiliki manfaat besar bagi kehidupan manusia adalah belimbing wuluh. Apakah manfaat dari belimbing wuluh bagi kehidupan manusia?

Belimbing wuluh memiliki bentuk lonjong agak besar. Buah ini memiliki rasa yang begitu asam. Tanaman ini sangat banyak ditemukan di negara kita. Masyarakat kita banyak yang memanfaatkan belimbing wuluh ini untuk bahan masakan atau sayur asam. Namun demikian manfaat belimbing wuluh ini tak hanya sekedar untuk campuran atau bahan pembuat sayur asam saja. Selain itu buah ini juga kaya akan vitamin C dan kandungan zat antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas dan juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Inilah Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Tubuh
Manfaat Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh memiliki banyak manfaat bagi manusia, baik untuk keperluan makanan maupun untuk kebutuhan kesehatan. Apa saja manfaatnya? Baiklah dalam artikel ini saya akan merangkum beberapa manfaat dari belimbing wuluh kepada Anda agar Anda mudah untuk mengetahuinya. Manfaat belimbing wuluh yang pertama adalah bisa dimanfaatkan rasa asamnya untuk bahan campuran membuat sayur asam. Masyarakat kita sudah terbiasa menjadi belimbing wuluh ini sebagai bahan campuran untuk membuat sayur asam.

Kedua, manfaat belimbing wuluh selanjutnya adalah dapat dipakai untuk mengobati penyakit batuk. Penyakit batuk sering menyerang manusia dari usia anak-anak hingga tua. Jangan khawatir. Anda bisa mengobatinya secara alami dengan belimbing wuluh. Caranya adalah dengan mengambil 3 butir belimbing wuluh, sedikit adas dan gula batu. Rebus ketiga bahan tersebut, setelah matang kemudian peras dan saring airnya untuk diminum pagi dan sore. Khusus untuk batuk rejan ambilah sebanyak 10 buah belimbing wuluh. Ambil airnya dan campurkan dengan garam. Lalu air perasan tersebut diminum sehari dua kali, pagi dan sore.

Ketiga, manfaat belimbing wuluh bisa dipakai untuk mengatasi penyakit diabetes. Cara menggunakannya adalah dengan meremukkan atau lumatkan 6 buah belimbing wuluh kemudian rebus dengan 1 gelas air. Rebus hingga sisa setengah gelas airnya. Lalu saring dan minum sehari dua kali. Zat asam yang terkandung dalam buah ini akan menekan kandungan gula yang berlebihan dalam tubuh.

Keempat, belimbing wuluh bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Sakit gigi memang hal yang aling tidak disukai oleh semua orang. Bagi yang mengalaminya, perasaannya selalu ingin jengkel terus. Sakit gigi ini tidak boleh dibiarkan lama-lama karena dapat semakin parah. Belimbing wuluh bisa dipakai untuk mengobati sakit gigi ketika menyerang Anda. Caranya geruslah belimbing wuluh hingga halus. Kemudian sumpelkan atau taruh gerusan belimbing wuluh tadi ke bagian lubang gigi yang sakit.

Kelima adalah dapat mengatasi jerawat dengan cepat. Bagi Anda yang sering mengalami wajah berjerawat maka Anda dapat memanfaatkan belimbing wuluh untuk mengempeskan jerawat yang cukup membandel. Kandungan zat asam pada belimbing wuluh memang dapat memberikan efek sedikit perih pada kulit wajah yang berjerawat. Namun kandungan antioksidan dalam belimbing wuluh dapat membantu mengerutkan serta menyamarkan jerawat pada wajah.

Yang keenam adalah adalah dapat mengatasi panu. Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang tidak disukai oleh semua orang. Panu umumnya dapat timbul karena jamur pada kulit. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat memanfaatkan belimbing wuluh untuk menghilangkan panu. Belimbing wuluh memiliki sifat anti jamur yang terbukti ampuh dalam membantu menghilangkan panu secara bertahap. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni Anda cukup menghaluskan belimbing wuluh dengan cara diparut. Kemudian Anda tempelkan pada bagian klit yang terkena panu.

Manfaat belimbing wuluh lainnya adalah dapat mencegah hipertensi. Belimbing wuluh sudah dipercaya sejak zaman dahulu dapat membantu mengatasi masalah darah tinggi atau hipertensi. Untuk menggunakannya Anda cukup merebus 3 buah belimbing wuluh menggunakan 2 gelas air hingga tersisa ½ gelas. Setelah itu minum 1 kali sehari secara rutin hingga tekanan darah tinggi menurun.

Selanjutnya adalah belimbing wuluh dapat digunakan untuk menyembuhkan rematik. Cara menggunakannya cukup mudah, ambil segenggam daun belimbing wuluh dan cuci hingga bersih. Tumbuh hingga hauls kemudian tambahkan kapur sirih. Anda dapat menggosokan pada bagian yang terkena rematik. Untuk buahnya, Anda dapat mengambil 100 gr belimbing wuluh, 10 biji cengkih, dan 10 biji merica. Cuci bahan-bahan tersebut hingga bersih kemudian giling hingga halus. Anda dapat menambahkan cuka secukupnya hingga adonan menyerupai bubur. Oleskan adonan tersebut pada bagian yang sakit akibat rematik.

baca juga : cara mengecilkan paha yang baik dan tepat

Itulah beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.