Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan

Manfaat ikan patin dipercaya sangat baik untuk kesehatan. Ini karena ikan patin mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, terutama untuk otot dan saraf. Ikan patin merupakan jenis ikan yang masih dalam satu keluarga dengan ikan lele. Ikan jenis ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, hal ini dapat dilihat dari banyaknya olahan ikan patin di beberapa rumah makan. Olahan tersebut dapat berupa sup, gulai, ikan bakar/goreng, dan abon patin.

Ikan patin memiliki rasa yang gurih serta daging yang lembut. Yang menarik adalah hampir semua bagian patin dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Bagian daging dan kepala dapat dibuat berbagai macam masakan, sedangkan untuk bagian tulang dapat dijadikan kaldu. Ikan patin merupakan jenis ikan yang rendah kolesterol dibanding dengan jenis ikan lainnya, terutama kandungan asam lemak esensial DHA sekitar 4,74% dan EPA sekitar 0,31%. Dengan kandungan tersebut tidak heran manfaat ikan patin sangat baik untuk kesehatan.

Sebagai salah satu jenis ikan yang banyak digemari di Indonesia, tentu Anda harus tahu manfaat apa saja yang akan didapat setelah mengonsumsi ikan patin. Berikut di antaranya.

Khasiat Ikan Patin

Manfaat ikan patin

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Cara & Tips >>  Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat dan Mudah

Daging ikan patin dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular adalah terjadinya gangguna pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit tersebut dapat dicegah karena daging ikan patin mengandung lemak tak jenuh. Kandungan lemak tak jenuh tersebut dapat mencapai 50% dari total semua nilai gizi pada ikan patin.

Mengurangi Kandungan Kolesterol

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa manfaat ikan patin jika dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi kolesterol dalam darah. Perlu Anda ketahui bahwa kolesterol tidak hanya berasal dari makanan saja, namun dalam tubuh sebenarnya juga menghasilkan kolesterol. Bagian organ tubuh yang menghasilkan kolesterol adalah hati. Selain itu, pola makan yang kurang sehat juga dapat mempengaruhi kadar kolesterol, terutama jika Anda kurang makanan berserat.

Bagi yang memiliki kolesterol tinggi sebaiknya mengonsumsi ikan patin dengan cara direbus. Kandungan lemak tak jenuh pada ikan patin mampu menekan kolesterol jahat. Jadi jika Anda sering mengonsumsi ikan patin maka kolesterol akan semakin menurun.

Mencegah jantung Koroner

Manfaat ikan patin selanjutnya adalah dapat mencegah jantung kororner. Ini merupakan penyakit jantung yang disebabkan karena dinding pembuluh darah yang rusak. Umumnya penyakit ini terjadi karena radikal bebas, hipertensi, asap rokok, polusi, kolesterol tinggi, dan sebagainya. Kolesterol yang ada pada dinding bagian dalam pembuluh darah ini yang menyebabkan penyempitan dan mengakibatkan darah tersumbat.

Cara & Tips >>  Cara Mengobati Mata Ikan Secara Alami

Jika sudah demikian maka fungsi jantung akan terganggu karena jantung akan bekerja lebih keras dalam memompa darah. Apabila ini terjadi secara terus menerus maka arteri koroner akan menyempit dan mengeras.

Baik untuk Pertumbuhan Janin

Ikan patin mengandung DHA dan asam lemak omega 3 yang baik untuk pertumbuhan otak dan mata pada janin. Untuk itu jika Anda menginginkan anak yang cerdas dan memiliki mata yang sehat maka ketika hamil harus rutin mengonsumsi ikan patin. Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian bahwa asupan DHA yang cukup pada paruh kedua masa hamil cenderung akan memiliki bayi dengan perkembangan mototrik lebih baik.

Membantu Pembentukan Otot

Manfaat ikan patin lainnya adalah mampu membantu dalam pembentukan otot. Ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memiliki otot yang besar dan kencang. Ikan patin mengandung protein tinggi dan zat tersebut merupakan salah satu yang dibutuhkan tubuh. Untuk pembentukan otot disarankan mengalihkan menu karbohidrat menjadi protein. Dengan begitu dapat mengurangi jumlah lemak dalam tubuh dan membentuk fisik menjadi lebih ideal.

Cara & Tips >>  Mengobati Sakit Mata untuk Bayi dengan mudah

Menguatkan Tulang

Selain mengandung protein tinggi, ikan patin juga mengandung fosfor dan kalsium. Kedua kandungan tersebut tentu baik untuk menguatkan tulang, mencegah osteopororsis, dan menguatkan gigi. Asupan kalsium harian Anda akan terpenuhi jika Anda mengonsumsi ikan patin secara rutin.

Ikan patin memang memiliki banyak manfaat, namun banyak orang yang mengeluhkan tentang jenis ikan yang satu ini karena sering bau lumpur. Bau lumpur tersebut tentu akan mengurangi rasa dari ikan patin. Untuk menghilangkan ikan patin bau lumpur langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah potong sirip dan ekor kemudian buang bagian insang dan isi perutnya hingga tidak tersisa sedikitpun lemak. Potong ikan patin sesuai selera kemudian buang tulang besar menggunakan tusuk gigi dan bersihkan menggunakan air mengalir. Beri garam dan air nipis sampai merata kemudian diamkan selama 30 menit. Jika Anda melakukan dengan benar maka bau lumpur pada ikan patin akan hilang.

baca juga : manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh

Itulah beberapa manfaat ikan patin untuk kesehatan dan bagaimana cara menghilangkan bau lumpur pada ikan patin.

PENTING! BACA JUGA Kesehatan
Daftar Makanan Pembentuk Otot yang Tepat dan Alami

Makanan pembentuk otot merupakan faktor penting yang sangat berpengaruh dalam membentuk tubuh yang ideal. Bagi banyak pria, tubuh ideal adalah...

Obat Panas Dalam Alami Paling Ampuh

Obat panas dalam alami lebih dipilih banyak orang dibanding dengan mengonsumsi obat-obatan medis. Panas dalam merupakan suatu keadaan dimana tubuh...

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan dengan Cepat

Cara mengatasi radang tenggorokan dapat Anda lakukan dengan melakukan pengobatan secara medis atau menggunakan bahan-bahan alami. Radang tenggorokan merupakan kondisi...

Close