Manfaat Mencuci Tangan Bagi Kesehatan

Manfaat Mencuci Tangan Bagi Kesehatan – Hal terpenting yang wajib kita lakukan adalah dengan menjaga kesehatan tubuh kita, salah satunya dengan cara mencuci tangan sebelum melakukan aktivtas. Mencuci tangan merupakan salah satu kegiatan yang mungkin dianggap sepele, namun hal tersebut akan memberikan efek yang sangat besar. Karena dengan mencuci tangan sebelum melakukan akitivitas kita akan dijauhi dari berbagai ancaman penyakit baik penyakit ringan maupun penyakit yang dianggap berbahaya.

Manfaat Mencuci Tangan Bagi Kesehatan

Ingat bakteri atau pun kuman dapat menular melalui banyak cara, salah satunya melalui tangan. Apabila tangan kita telah diselimuti kuman atau pun bakteri dan menyentuh hidung atau pun mata, kuman tersebut akan menempel secara otomatis dan menyebabkan terjadinya penyakit. Untuk menghindari anak-anak kita dari ancaman penyakit sebaiknya aktivitas mencuci tangan harus wajib dilakukan setiap saat. Berikut ini beberapa aktivitas yang sebelumnya harus mencuci tangan terlebih dulu :

  • Setelah melakukan aktivitas (bermain)h
  • Sebelum dan sesudah makan
  • Setelah menyutuh cairan kimia
  • Setelah menyentuh binatang
  • Setelah menggunakan toilet
  • Apabila tangan kotor terkenal debu atau pun lainya
  • Setelah memegang barang yang berkarat
  • Setelah bersentuhan dengan fasilitas umum

Hal yang wajib diperhatikan, ketika kita bersentuhan tangan dengan orang lain, itu juga bisa menularkan penyakit mulai dari penyakit ringan (flu) sampai penyakit yang dianggap mematikan. Anak kecil, manula, dan orang yang terkenal HIV sangat rentan terkenal penyakit. Nah untuk mencegah hal itu terjadi sebaiknya mencuci tangan seblum melakukan aktivitas. Berikut ini manfaat mencuci tangan bagi kesehatan kita.

Manfaat Mencuci Tangan Bagi Kesehatan

1. Mencuci Tangan Dapat Mencegah Sakit Perut dan Diare

  • Manfaat pertama dari mencuci tangan yakni dapat mencegah terjadinya sakit perut dan diare, selain itu juga dapat mencegah terjadinya gangguan infeksi usus khususnya pada balita. Seperti yang telah diumumkan pemerintah dunia, angkat kematikan karena penyakit diare sangat lah tinggi khususnya untuk anak yang berusia 5 tahun kebawah. Oleh karena itu sebaiknya kita mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas untuk mencegah berbagai penyakit.

2. Mencuci Tangan Dapat Menghindari Infeksi Saluran Pernapasan

  • Penyebab infeksi saluran penapasan akut kebanyakan dijumpai pada telapak tangan dan jari-jari tangan. Untuk mencegah hal itu terjadi, mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas bisa menjadi solusinya.

3. Mencuci Tangan Mampu Mencegah Infeksi Mata

  • Manfaat ketiga mencuci tangan yakni dapat mencegah terjadinya infeksi mata. Bakteri yang selalui mengintai pada tangan kita dapat menyebabkan mata merah, mata iritasi, mata gatal, dan lainya. Hal tersebut dapat dicegah dengan mencuci tangan secara rutin.

4. Dapat Mencegah Berbagai Penyakit

  • Apabila tangan kita bersih secara otomatis bakteri tidak akan mengintai, namun sebaliknya apabila tangan kita kotor bakteri selalui mengintal dan bisa menyebabkan diare, flu, dan masih banyak lagi yang lainya. Tangan kotor bisa menjadikan jalan masuknya penyakit kedalam tubuh.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Manfaat Mencuci Tangan Bagi Kesehatan, jika dalam penyampaikan saya kurang jelas saya minta maaf. Terima kasih