Manfaat Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Ketombe

Manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe sudah dipercaya sejak zaman dahulu. Ketombe merupakan permasalahan pada rambut yang paling sering dialami oleh banyak orang, baik pria maupun wanita. Biasanya ketombe disebabkan karena kulit kepala kering dan mengelupas. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa gatal dan jika tidak diobati dapat menyebabkan rambut rontok.

Memiliki rambut agar tidak berketombe, bercabang, dan rontok merupakan hal yang sulit bagi sebagian besar orang. Ini karena penggunaan shampo anti ketombe saja tidak cukup. Anda harus melakukan perawatan lebih untuk rambut Anda. Salah satunya adalah menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun memang dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, salah satunya adalah untuk menghilangkan ketombe.

Manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe memang cukup ampuh. Tidak sedikit produk perawatan yang menggunakan minyak zaitun untuk bahan campurannya. Namun jika Anda ingin hasil yang maksimal maka Anda dapat mencoba dengan minyak zaitun yang dicampurkan dengan bahan alami lainnya. Bahan-bahan alami memang dipercaya lebih baik karena tidak menimbulkan efek samping.

minyak

Memiliki rambut yang sehat tentu diinginkan semua orang. Dengan rambut yang bersih dan sehat seseorang akan tampil lebih percaya diri. Untuk itu Anda harus menjaganya dengan baik. Hindari beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut tidak sehat. Selain yang sudah dijelaskan di atas, ternyata penyebab rambut berketombe juga dapat karena diet yang tidak sehat, polusi udara, dan penggunaan bahan kimia. Adapan penyebab rambut berketombe lainnya adalah sebagai berikut.

Kulit Berminyak

Kondisi ini paling sering dialami oleh semua orang. Kulit kepala berminyak adalah satu dari sekian banyak penyebab rambut Anda berketombe. Umumnya ditandai dengan warna kulit kepala yang terlihat kemerahan dan mengandung minyak.

BACA TIPS INI JUGA  Obat Mata Bengkak Secara Alami dan Mudah

Jarang Keramas

Penyebab rambut berketombe selanjutnya adalah jarang membersihkan rambut atau jarang keramas. Hal ini menyebabkan rambut berminyak. Anda disarankan untuk rutin keramas setidaknya 2-3 kali seminggu.

Beberapa Manfaat Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Ketombe

Untuk menghilangkan ketombe dengan bahan alami seperti minyak zaitun merupakan pilihan yang paling tepat. Minyak zaitun mengandung nutrisi yang baik untuk perawatan rambut, diantaranya adalah vitamin D, vitamin E, biotin, dan niacin. Kandungan minyak zaitun juga dapat mencegah hormon dihidrotestosteron, yakni berguna sebagai pembentukan batang rambut. Selain itu, minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai antibakteri dan anti jamur alami sehingga mampu memulihkan masalah yang disebabkan bahan kimia. Berikut beberapa cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun.

Minyak Zaitun dengan Alpukat

Cara memanfaatkan minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe yang pertama dapat Anda campur dengan buah alpukat. Campuran bahan alami ini mampu mengatasi ketombe degan efektif dan dapat membuat rambut lebih berkilau. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan buah alpukat kemudian campurkan 2 sendok minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut pada rambut dengan rata dan pijat dengan lembut. Yang terakhir adalah bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara ini paling tidak seminggu sekali agar hasilnya lebih maksimal.

baca juga : manfaat minyak zaitun untuk wajah berminyak

Minyak Zaitun dengan Minyak Almond

Cara lain yang bisa Anda lekukan adalah mencamurkan minyak zaitun dengan minyak almond. Caranya adalah dengan campurkan kedua minyak tersebut dengan takaran yang sama. Setelah itu oleskan pada kulit kepala hingga rata dan pijit pelan. Anda dapat mendiamkannya beberapa menit hingga bahan tersebut meresap ke kulit kepala. Langkah terakhir adalah bilas menggunakan air bersih.

BACA TIPS INI JUGA  Diet Ringan Dan Cara Menghilangkan Lemak Di Perut

Manfaat minyak zaitun dan minyak almond

Minyak Zaitun dan Cuka Sari Apel

Manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe agar lebih maksimal dapat juga dicampurkan dengan cuka sari apel. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menijat kepala menggunakan minyak zaitun bebeapa menit kemudian Anda membilasnya menggunakan cuka sari apel. Dan langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah membilasnya menggunakan shampo dan air bersih. Jika dilakuan secara rutin maka rambut akan terbebas dari ketombe dan membuat rambut tampak lebih sehat.

Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa

Cara selanjutnya adalah dengan mencampurkan minyak zaitun dan minyak kelapa. Caranya cukup mudah, Anda ambil kedua minyak tersebut dengan takaran yang sama ke dalam sebuah wadah. Selanjutnya adalah oleskan campuran tersebut pada minyak kelapa sambil Anda pijit pelan. Diamkan sekitar 1 jam dan bilas menggunakan shampo. Campuran bahan tersebut mampu membuat rambut Anda menjadi lebih kuat dan tidak mudah kering.

Minyak Zaitun dengan Madu

Untuk terhindar dari rambut berketombe, Anda dapat memanfaatkan minyak zaitun yang dicampurkan madu. Seperti yang kita ketahui jika madu memiliki zat anti inflamasi yang berguna untuk melembabkan kulit kepala dan mampu mengatasi ketombe. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan setengah cangkir minyak zaitun yang sudah dipanaskan dengan 2 sendok madu. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan pijat selama 20 menit. Langkah terakhir adalah bilas menggunakan air bersih.

baca juga : cara menghilangkan kutu rambut secara alami

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe secara maksimal.