Manfaat Olahraga Saat Puasa

Olahraga saat puasa memang harus dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Bagi sebagian orang mungkin olahraga terdengar melelahkan ketika berpuasa. Namun perlu Anda ketahui jika melakukan kegiatan olah tubuh memiliki banyak manfaat. Olahraga dapat mengubah cadangan energi atau lemak yang ada di dalam tubuh menjadi glukosa. Dengan begitu rasa lesu, melas, dan mengantuk akan hilang.

Kondisi tubuh yang lemah setelah tidak terisi asupan makanan dan minuman selama 14 jam merupakan alasan banyak orang meninggal olahraga, tak terkecuali mereka yang ingin menurunkan berat badan. Mereka menganggap jika berat badan akan turun dengan sendirinya ketika menjalankan puasa selama satu bulan. Padahal jika tidak memperhatikan asupan makanan saat berbuka dan tidak melakukan olahraga maka resiko berat badan naik justru semakin besar.

Olahraga saat puasa mampu membakar lemak di dalam tubuh yang menumpuk. Selain itu, olahraga di bulan Ramadhan juga dapat mempercepat pembentukan tubuh. Sehingga hal ini sangat tepat bagi Anda yang ingin membentuk otot tubuh dengan tambahan minuman berprotein tinggi setelah olahraga.

Manfaat Olahraga Saat Puasa

Ketika Anda berpuasa biasanya nafsu makan tidak terkontrol, untuk itu memperhatikan pola makan sehat adalah hal yang penting dan pastikan olahraga menjadi aktivitas yang rutin agar tubuh tetap bugar.

Olahraga Saat Puasa yang Bisa Anda Pilih

Puasa membuat metabolisme tubuh menurun secara alami. Ini karena terbatasnya asupan energi dan nutrisi yang didapat dari makanan dan minuman. Untuk itu, Anda dapat memilih olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang. Olahraga dengan intensitas tersebut dapat menjaga kebugaran tubuh dan tidak terlalu memberatkan selama berpuasa. Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa Anda pilih.

baca juga : cara mengecilkan perut tanpa olahraga

Jogging

Jogging dengan intensitas ringan sangat baik dilakukan ketika Anda berpuasa. Anda dapat melakukan olahraga ini beberapa jam setelah makan sahur atau sore hari menjelang puasa. Jogging yang dilakukan pagi hari tidak akan membuat Anda kelelahan karena energi yang tersedia setelah makan sahur masih banyak. Anda dapat melakukan jogging selama 20-30 menit agar kebugaran tubuh tetap terjaga. Yang perlu diperhatikan dari olahraga ini adalah intensitas yang ringan demi mencegah dehidrasi berlebih.

Bersepeda

Olahraga saat puasa yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah bersepeda. Ini merupakan olahraga yang digemari saat bulan Ramadhan. Anda dapat melakukannya bersama keluarga atau teman sehingga lebih menyenangkan. Olahraga ini dapat dilakukan sekitar 45 menit dan mampu membakar 300 kalori untuk wanita, dan 350 untuk pria.

Renang

Renang menjadi jenis olahraga yang mampu membakar kalori dengan baik. Salah satu olahraga dengan intensitas ringan ini dapat dilakukan sore hari menjelang berbuka puasa. Anda dapat melakukan olahraga renang selama 30 menit. Dengan waktu tersebut terbukti mampu membakar 360 kalori bagi wanita dan 420 kalori bagi pria. Namun Anda harus berhati-hati jangan sampai ketika renang air masuk ke mulut dan tertelan.

Jalan Cepat

Jalan cepat menjadi pilihan terbaik sebagai olahraga saat puasa dengan intensitas ringan di bulan Ramadhan. Anda dapat melakukan olahraga ini bersama teman atau keluarga agar lebih menyenangkan. Olahraga ini dapat Anda lakukan selama 30 menit sehingga membuat keseimbangan tubuh tetap terjaga saat berpuasa. Waktu terbaik melakukan olahraga ini adalah menjelang waktu berbuka.

Yoga

Selain baik untuk menjaga kebugaran tubuh, yoga juga dipercaya mampu menjaga pikiran agar tetap rileks. Yoga juga salah satu olahraga yang dapat mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh. Olahraga ini biasanya terfokus pada teknik pernafasan sehingga mempermudah suplay oksigen ke otak dan membuat Anda tetap berpikir jernih, tenang, dan nyaman ketika berpuasa. Olahraga ini dapat dilakukan kapanpun ketika berpuasa. Agar lebih maksimal pilihlah tempat yang tenang serta jauh dari keramaian.

Manfaat Olahraga Saat Puasa1

Naik Turun Tangga

Walaupun terkesan simpel, naik turun tangga merupakan olahraga yang baik dilakukan ketika Anda berpuasa. Olahraga ini cukup ringan namun jika tidak dilakukan dengan baik dapat membuat Anda dehidrasi. Naik turun tangga selama 10 menit dipercaya mampu membakar kalori dalam tubuh sebesar 178 kalori. Anda disarankan untuk tidak berlebihan melakukan olahraga ini.

Bowling

Bowling merupakan olahraga yang identik dengan bentuk permainan. Olahraga ini dapat membuat Anda lebih rileks dan berstamina. Olahraga dengan intensitas rendah ini dapat dilakukan selama berpuasa. Anda dapat melakukan olahraga ini sambil menunggu waktu berbuka. Jika dilakukan dengan teknik yang baik maka bowling mampu menjaga keseimbangan gerak tubuh supaya stamina terjaga.

baca juga : menu sahur untuk diet

Beberapa jenis olahraga saat puasa di atas dapat dilakukan selama bulan Ramadhan. Hal paling penting yang perlu Anda perhatikan adalah jangan terlalu berlebihan sehingga dapat mencegah tubuh Anda dehidrasi. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk Anda tidak melakukan olahraga.

jogging ketika puasa dapat meninggikan metabolisme, manfaat puasa bagi yang ingin membentuk tubuh, olahraga yang bisa meninggikan badan secara alami tapi tidak melelahkan saat puasa