Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh memang banyak sekali dan sangat luar biasa. Puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang dijalankan oleh umat muslim di seluruh dunia selama satu bulan penuh. Selain merupakan momen yang ditunggu-tunggu, puasa Ramadhan juga dapat mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan.

Kesehatan merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan. Dengan melakukan puasa maka tubuh akan mengalami proses detoksifikasi atau pengeluaran zat/racun dari dalam tubuh. Selain itu, puasa juga sangat baik dilakukan oleh seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Berikut beberapa manfaat puasa yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan untuk Pria dan Wanita

Puasa yang dilakukan dengan benar dan tetap menjaga pola makan sehat maka akan sangat baik untuk kesehatan. Meskipun badan tidak mendapatkan asupan makanan selama 14 jam tetapi tidak mengurangi khasiat puasa bagi tubuh. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan saat berpuasa.

Sistem Pencernaan Menjadi Sehat

Dengan melakukan puasa berarti akan mengurangi masuknya makanan pada organ pencernaan seperti lambung, usus, dan saluran pembuangan. Karena proses pengurangan tersebut membuat organ pencernaan dapat beristirahat beberapa waktu. Dengan begitu cairan di dalam tubuh akan tetap terjaga. Selain itu, dengan melakukan puasa maka gangguan pencernaan seperti sembelit dan perut kembung akan sembuh. Ketika berpuasa sistem pencernaan akan mendapatkan waktu untuk meningkatkan fungsinya. Sehingga ketika waktu berbuka tiba, sistem pencernaan lebih efisien dan kemungkinan pengembangan suatu penyakit lebih kecil.

Meningkatkan Detoksifikasi

Manfaat puasa bagi kesehatan selanjutnya adalah mampu meningkatkan detoksifikasi. Selama Anda berpuasa maka tubuh akan mengeluarkan racun pada sistem pencernaan. Ini dilakukan saat tubuh menggunakan cadangan lemak sebagai energi, cadangan lemak tersebut akan membakar racun berbahaya di dalam tubuh.

BACA TIPS INI JUGA  Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Busuk Berlebihan Secara Tradisional

Anabolisme dan Katabolisme Seimbang

Anabolisme merupakan pembentukan senyawa organik sederhana menjadi senyawa yang lebih kompleks. Sedangkan katabolisme adalah proses penguraian senyawa organik yang komplek menjadi senyawa sederhana. Saat berpuasa akan terjadi keseimbangan antara nabolisme dan katabolisme sehingga asam amino dapat berguna untuk meremajakan sel dalam memproduksi glukosa serta menyediakan asam amino dalam darah seharian. Ketika berbuka puasa dan sahur akan memberikan cadangan protein yang tercukup di dalam hati. Seperti yang kita ketahui jika protein di dalam hati akan difungsikan untuk deaminasi asam amino agar bisa digunakan sebagai energi, karbohidrat ataupun lemak.

Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh

Dengan berpuasa maka sistem kekebalan tubuh akan lebih baik. Menurut beberapa peneliti, saat puasa akan terjadi peningkatan limfosit hingga 10 kali lipat. Meskipun jika dilihat secara keseluruhan limfosit atau sel darah putih tidak mengalami perubahan, tetapi sel T akan mengalami kenaikan yang cukup pesat. Para peneliti juga membuktikan jika seseorang setelah berpuasa kadar opa-betta akan mengalami penurunan, sedangkan kadar api alfa 1 akan naik dibandingkan sebelum berpuasa. Dengan kondisi tersebut tubuh Anda akan terhindar dari resiko penyakit jantung serta penyumbatan pembuluh darah.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat puasa untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu membuat ginjal Anda menjadi lebih sehat . Ginjal merupakan salah satu organ dalam yang penting untuk diperhatikan. Ginjal berguna untuk menyaring zat berbahaya yang berasal dari makanan serta minuman yang Anda konsumsi. Fungsi ginjal akan lebih maksimal jika osmosis urin di dalam tubuh mencapai 1000-12.000 ml omosis/kg air. Ketika Anda berbuka puasa maka kekuatan osmosis urin dapat tercapai sehingga membuat fungsi ginjal lebih maksimal.

ginjal

Menurunkan Kolesterol di Dalam Tubuh

BACA TIPS INI JUGA  Cara Memutihkan Gigi Yang Kuning

Menurut beberapa penelitian, seseorang yang berpuasa maka kadar kolesterol jahat akan mengalami penurunan dari dalam darah. Dengan menurunnya kadar kolesterol tersebut maka dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit stroke ataupun serangan jantung. Berpuasa juga baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet karena akan lebih mudah menurunkan tingkat kolesterol.

Meningkatkan Fungsi Otak

Saat berpuasa, neurotropik yang diturunkan dari otak mengalami peningkatan. Sehingga tubuh dapat memproduksi sel otak lebih banyak dari biasanya dan membuat kinerja otak menjadi lebih baik. Orang yang berpuasa juga akan mengalami penurunan hormon kortisol yang diproduksi kelenjar adrenal sehingga dapat menurunkan tingkat stres.

Dapat berpikir Lebih Tajam dan Kreatif

Dengan puasa, pikiran Anda akan lebih tenang serta melambat. Namun dengan pikiran yang melambat tersebut justru mampu membuat otak berpikir lebih tajam serta kreatif. Jika dilihat dari segi insting, rasa lapar merupakan masalah kelanjutan hidup sehingga sangat wajar jika berpuasa dapat membuat pikiran menjadi lebih tajam dan kreatif.

baca juga : manfaat olahraga saat puasa

Itulah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.