Mengenal Gejala Varises Pada Ibu Hamil

Varises pada ibu hamil disebabkan adanya pembuluh darah yang mengalami pembengkakan sehingga membuat kulit berwarna biru. Jika varises terjadi pada pembuluh darah balik maka dapat mengakibatkan penurunan di area dinding vena. Biasanya varises terjadi pada pembuluh darah di belakang lutut akibat hormon progesteron kehamilan. Pertumbuhan bayi dalam rahim akan memberikan tekanan di pembuluh darah pada area panggul serta pembuluh darah besar. Varises meski tidak berbahaya, tetap harus diperhatikan agar nanti tidak menghambat proses persalinan., terutama varises yang terjadi pada bagian kewanitaan.

penyebab-varises

Mengenal dan Mencegah Varises yang Dialami oleh Ibu Hamil

Varises ibu hamil pada trimester 3 memang sering terjadi karena disebabkan beberapa hal yang kerap dilakukan tanpa adanya kesadaran. Apalagi hormon kehamilan terus tumbuh untuk menjaga sang bayi yang bisa menjadi salah satu penyebab varises tersebut. Beberapa kebiasaan yang menyebabkan varises:

  • Membungkuk ketika mengambil barang, lebih baik jongkoklah agar janin tidak tertekan sehingga bayi tidak menekan pembuluh darah.
  • Melakukan aktivitas yang memberikan beban pada tubuh dan jogging dalam waktu yang cukup lama.
  • Melakukan aktivitas yang berubah secara mendadak, misal memutar tubuh dengan cepat atau melakukan lompatan yang bisa menyebabkan otot nyeri.
  • Mengunakan Bra yang tidak menyangga payudara dengan aman akan menyebabkan pembuluh darah di daerah aerola tertekan.
  • Merokok pada saat hamil karena kandungan dalam rokok akan menyebabkan pembuluh darah menyempit dan kaku sehingga mudah terjadi varises.
  • Menggunakan hak tinggi saat hamil dapat menekan otot pada tumit sehingga membuat kinerja pembuluh darah menjadi tidak maksimal.

Sedangkan untuk pencegahan varises bagi ibu hamil, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  1.  Tidur menghadap kiri: Vena cava berlokasi di bagian kanan tubuh. Karena itulah tidur menghadapi ke arah kiri akan membuat aliran darah bisa berjalan lancar.
  2. Olahraga: untuk memperbaiki sirkulasi darah tentu saja berolah raga menjadi cara yang efektif. Namun pilih olah raga yang tidak membahayakan kehamilan.
  3. Posisikan kaki lebih tinggi: Ketika tidur usahakan posisi kaki lebih tinggi dari badan sehingga memudahkan sirkulasi darah.
  4. Jaga berat badan: Untuk menjaga kehamilan, jaga kondisi berat badan agar tidak terlalu naik yang bisa membuat kolesterol meningkat dan membebani pembuluh darah.
  5. Hindari konstipasi: Dengan minum banyak air putih, mengurangi garam serta memperbanyak makanan berserat bisa menghindari konstipasi serta memperlancar peredaran darah.
  6. Gunakan stoking : Gunakan stoking yang memiliki bagian pergelangan kaki lebih ketat dan lebih longgar di area paha bisa mengalirkan darah dengan lancar

Varises pada ibu hamil memang sering terjadi karena itulah kita harus melakukan pencegahan lebih dini akan terbentuknya varises dan mempermudah proses persalinan nantinya.

Deskripsi: Varises pada ibu hamil sering terjadi karena itulah kita harus mengerti penyebabnya yang dimulai dari kebiasaan sehingga dapat melakukan pencegahan