Mengenal Penyebab dan Gejala Penyakit Herpes

Jika anda melihat terdapat lepuhan-lepuhan kecil dan menyakitkan di area sekitar mulut, muka atau hidung, maka kemungkinan anda telah terpapar virus herpes. Pada dasarnya penyakit herpes bisa sangat membingungkan banyak orang, maka dari itu sangat penting untuk mengetahui virus yang menjadi penyebabnya dan gejalanya.

Herpes simplex merupakan salah satu jenis infeksi yang paling umum dan mudah sekali menyebar, sehingga mampu menyerang ratusan ribu hingga jutaan orang di seluruh dunia setiap tahunnya. Disebabkan oleh Herpes Simplex Virus (HSV), infeksi ini hadir dalam berbagai macam bentuk dan bisa akibat dari tertular HSV-1 atau HSV-2.

Ketika anda telah terkena virus herpes, maka akan sangat sulit untuk menghilangkannya karena virus ini cenderung akan hidup di dalam tubuh anda selama berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun.

 

Ciri-ciri Penyakit Herpes dan jenisnya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, terdapat dua jenis virus yang dapat menyebabkan anda terkena herpes simpleks, yaitu HSV-1 dan HSV-2. Jika HSV-1 biasanya dikaitkan dengan herpes oral dan menyebabkan anda terkena lepuhan-lepuhan kecil yang sangat menyakitkan, lain lagi dengan HSV-2 yang lebih dihubungkan dengan herpes genital.

Dikenal dengan sebutan Herpes labialis, herpes oral biasanya menyerang area bibir anda. Herpes oral ini dapat disebarkan melalui kontak baik secara seksual maupun non-seksual seperti berciuman atau berbagi minuman dan rokok bersama dengan seseorang yang telah terpapar virus tersebut. Sangat sulit untuk menghilangkan herpes oral secara total dan kondisi ini cenderung terjadi secara berulang dan terus menerus. Berbeda dengan herpes labialis, herpes genital cenderung menginfeksi alat kelamin baik pria maupun wanita, dan bisa disebarkan melalui kontak seksual. Diperkirakan setidaknya terdapat lebih dari 1,1 miliar orang yang telah terpapar virus jenis ini di seluruh dunia, dan biasanya disebabkan oleh HSV-2.

Penyebab Penyakit Herpes adalah


Terdapat beberapa penyebab anda bisa terkena penyakit herpes. Yang paling umum terjadi adalah disebabkan oleh kontak seksual dengan seseorang yang sudah menderita penyakit tersebut. Tetapi, resiko seseorang terpapar virus tersebut bisa berdasarkan jenis kelamin, aktivitas seksual, masalah kandung kemih, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

 

  • Jenis Kelamin

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita lebih mungkin terkena infeksi herpes dibandingkan dengan pria karena infeksi cenderung lebih mudah menyebar dari pria ke wanita.

 

  • Aktivitas Seksual

Sebagai penyakit yang juga dikenal dengan ‘penyakit menular seksual’, infeksi ini dapat menyebar selama kontak seksual berlangsung. Semakin aktif anda melakukan aktivitas tersebut, maka semakin besar kemungkinan anda terkena infeksi tersebut, baik jenis herpes oral maupun herpes genital.

 

  • Penyakit Menular Seksual

Jika anda setidaknya pernah menderita penyakit menular seksual selain herpes – atau mungkin anda tengah mengalaminya saat ini – kemungkinan besar terdapat peradangan, iritasi, atau kulit rusak di area alat kelamin anda sehingga membuat virus herpes lebih mudah menyerang anda.

 

  • Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Jika anda memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuh anda, baik itu disebabkan oleh gaya hidup atau penyakit tertentu seperti autoimun, maka andapun cenderung bisa terserang penyakit herpes dengan lebih mudah.

 

  • Gangguan Kandung Kemih

Masalah gangguan kandung kemih juga bisa memudahkan virus herpes menyerang anda. Hal ini karena kemungkinan uretra anda tengah meradang, sehingga membuat infeksi dapat tumbuh dan menyebar tanpa peringatan ke seluruh tubuh anda.


 

Ciri ciri Penyakit Herpes

Masing-masing jenis herpes memiliki gejala yang berbeda. Pada dasarnya, terdapat berbagai macam jenis herpes, dan yang paling umum adalah herpes oral, herpes genital, dan herpes gladiatorum.

  • Herpes Oral

Gejala awal dari penyakit ini biasanya disertai dengan rasa sakit yang terbakar atau menyengat di area yang telah terinfeksi, dimana disertai dengan sakit tenggorokan, leher kaku, atau kelenjar getah bening yang membesar. Lepuhan-lepuhan kecil akan muncul di area bibir dan berlangsung hingga 10 hari.

 

  • Herpes Genital

Gejala dari jenis herpes genital bisa menyebabkan anda mengalami rasa sakit atau iritasi di area alat kelamin anda, disertai dengan benjolan merah kecil atau lecet kecil berwarna putih. Sejenis bisul atau borok biasanya ikut muncul dan akan pecah serta berdarah, sehingga bisa menyebabkan keropeng pada alat kelamin anda dan berpotensi sangat menyakitkan.

 

  • Herpes Gladiatorum

Kondisi ini dikenal dapat menyerang jari tetapi gejalanya bisa termasuk ruam atau peradangan di area dada, perut, leher, kaki, dan wajah. Beberapa gejala lainnya bisa meliputi demam, sakit tenggorokan, dan membesarnya kelenjar getah bening.

Sekian ulasan lengkap mengenai penyebab dan gejala penyakit herpes, kita tentu tidak ingin tertular oleh penyakit menular ini bukan. Simak juga bagaimana cara mengobati penyakit herpes.