Mengenali Ciri-ciri Penyakit Paru-paru Basah Berdasarkan Gejalanya

Ciri-ciri penyakit paru-paru basah diawali dengan adanya peradangan di dalam paru-paru yang disebabkan oleh virus, jamur, maupun bakteri. Peradangan dapat pula terjadi saat Anda menghisap udara yang mengandung bahan kimia. Terjadinya penyakit ini juga sangat tergantung pada kondisi tubuh Anda, bagi yang memiliki stamina baik maka akan terhindar dari penyakit paru-paru ini. Karena itulah yang umum menderita penyakit ini adalah mereka yang masih berusia kurang dari 2 tahun atau lebih dari 65 tahun sebab pada usia tersebut kondisi tubuh tidak maksimal.

paru-paru basah bahaya

Ciri berdasarkan gejala pada penyakit paru yang basah

1. Ciri yang utama adalah penderita akan batuk secara terus menerus, batuk tersebut juga terjadi pada jangka waktu yang lama, lebih dari 3 minggul. Bahkan setelah diobati dengan minum obat batuk biasa, tidak kunjung sembuh juga.
2. Pada saat penderita batuk, maka ia akan mengeluarkan dahak yang disebabkan oleh banyaknya cairan yang mengendap dalam paru-paru penderita. Pada stadium yang sudah lebih tinggi, dahak tersebut akan bercampur dengan darah yang disebabkan oleh adanya pendarahan di dalam paru-paru.
3. Pada saat penderita sedang batuk maka dada akan terasa nyeri terutama di daerah paru-paru yang memang sedang diserang penyakit ini.
4. Penderita akan kesulitan bernafas karena cairan dalam paru-paru akan menghambat pasukan oksigen untuk mengalir ke paru-paru. Sebab itu penderita akan mengalami sesak nafas dengan disertai bunyi.
5. Penderita akan kehilangan nafsu makan yang menyebabkan berat badan akan turun secara drastis. Hal ini juga akan menyebabkan tubuh menjadi sangat lemas dikarenakan asupan nutrisi dalam tubuh yang tidak ada sehingga penderita lebih cepat lelah dari biasanya.
6. Terjadinya demam ringan dimana tangan dan kaki akan terasa dingin yang akan berlangsung selama lebih dari satu bulan.. Demam juga tidak kunjung sembuh meskipun sudah diberi obat penurun demam.
7. Pada malam hari penderita akan mengeluarkan keringat dingin tanpa alasan yang jelas. Meskipun cuaca sedang dingin, namun telapak tangan akan tetap basah karena keringat.

Jika dilihat dari ciri-ciri penyakit paru-paru basah tersebut, memang hal-hal yang terjadi pada penderita penyakit paru-paru sangatlah umum. Bahkan berbagai jenis penyakit paru-paru juga memiliki ciri-ciri yang sama, karena itulah tidak banyak yang sadar bahwa mereka sedang menderita paru-paru basah. Ciri-ciri tersebut juga sangat mirip dengan gejala flu biasa sehingga orang tidak waspada dan hanya meminum obat flu untuk menyembuhkannya. Baru saat dahak sudah bercampur dengan darah maka mereka sadar bahwa yang mereka alami adalah paru-paru basah. Karena itulah tidak salah jika Anda mencoba untuk memeriksakan pada dokter spesialis paru-paru saat mengalami ciri yang sama.