Menu Buka Puasa Untuk Diet Sehat

Menu buka puasa untuk diet yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai kandungan gizi. Setiap makanan memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda. Kandungan gizi yang seimbang akan membuat tubuh menjadi sehat dan energi tubuh tetap terjaga terutama di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana umat muslim menjalankan ibadah puasa. Puasa tersebut akan dijalankan selama satu bulan lamanya. Dalam kondisi tersebut biasanya tubuh akan kekurangan cairan tubuh ataupun energi. Hal ini karena selama kurang lebih 13 jam tubuh tidak mendapatkan asupan makanan ataupun minuman. Dengan kondisi tubuh seperti itu biasanya seseorang akan makan dengan porsi yang banyak saat buka puasa tiba.

Cara tersebut dilakukan untuk mengobati rasa lapar dan haus setelah menjalankan puasa. Padahal, perlu Anda ketahui jika makan makanan berlebih saat buka puasa akan berpengaruh terhadap kesehatan Anda. Kondisi ini tentu akan semakin buruk jika Anda melakukannya terus menerus selama satu bulan. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, hal ini justru akan memperparah kondisi tubuh Anda. Apalagi bagi Anda yang mengalami kegemukan.

Menu Buka Puasa untuk Diet Sehat1

Kebiasaan makan berlebih saat buka puasa justru dapat meningkatkan berat badan Anda. Jadi tidak heran kita sering menjumpai seseorang yang berat badannya naik setelah melakukan puasa di bulan Ramadhan. Sebenarnya terdapat menu buka puasa untuk diet yang perlu Anda ketahui. Dengan memilih menu buka puasa sehat berat badan Anda akan tetap terjaga. Hal ini juga tidak menghalangi Anda menjalankan program diet dan tidak perlu merasa takut kekurangan energi.

Menu Buka Puasa untuk Diet yang Praktis

Terdapat berbagai macam pilihan makanan yang dapat digunakan sebagai menu buka puasa sehat. Namun saat melakukan program diet tidak semua makanan bisa Anda pilih. Cara yang paling tepat adalah memilih makanan sehat yang mampu me-recovery stamina di dalam tubuh tanpa takut perut akan menjadi buncit. Berikut merupakan menu diet untuk berbuka puasa yang bisa Anda pilih.

Menu Buka Puasa dengan Karbohidrat Kompleks dan Air Putih

Memilih makan makanan yang berkarbohidrat kompleks serta kaya akan vitamin makan mampu menghilangkan dehidrasi di dalam tubuh. Sebagai contoh Anda dapat meminum air putih kemudian makan kurma atau buah secukupnya. Setelah sholat maghrib Anda dapat mengonsumsi makanan berat. Beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan kacang merah, buah-buahan seperti jeruk, apel, anggur, sayur-sayuran seperti terong, kangkung, kubis, selada, dan biji-bijian seperti gandung dan beras merah.

baca juga : buah-buahan penurun berat badan secara cepat

Tidak seperti teh manis, kandungan karbohidrat tersebut tidak akan menaikkan gula darah sehingga cukup aman untuk tubuh.

Menu Buka Puasa dengan Rumput Laut

Rumput laut mengandung serat yang sangat baik untuk pencernaan seta dapat mengurangi tumpukan racun di dalam usus. Kandungan fitokmia pada rumput laut dapat membantu tubuh agar tetap sehat.

Menu Buka Puasa dengan Ikan

Beberapa ikan dapat Anda pilih sebagai menu buka puasa untuk diet. Diantaranya adalah kan salom, ikan tuna, dan ikan makarel. Jenis ikan tersebut memiliki BCAA yang cukup tinggi serta memiliki kandungan asam lemak omega 3. Kandungan tersebut sangat baik untuk memperbaiki fungsi otak dan mampu mengurangi lemak serta kolesterol di dalam darah.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Lainnya

Banyak yang berpikir jika puasa diet merupakan cara yang paling mudah dan aman. Seseorang beranggapan jika dengan berpuasa berat badan akan turun. Namun terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut diantaranya.

• Reaksi akibat dari proses adaptasi tubuh. Dalam 10 hari pertama menjalankan puasa Anda akan mengalami perubahan pola makan, sehingga organ pencernaan akan mulai beradaptasi. Proses adaptasi tersebut dapat mempercepat metabolisme sehingga Anda dapat mudah menurunkan berat badan pada 10 hari pertama. Namun Anda tetap harus mengontrol nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.Menu Buka Puasa untuk Diet Sehat

• Wajib sahur. Walaupun Anda memiliki tujuan untuk diet tetapi saat melaksanakan puasa Anda diharuskan untuk makan sahur. Ini bertujuan agar energi dalam tubuh dapat tersimpan. Untuk menu buka puasa untuk diet yang dipilih harus memenuhi gizi seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Perlu Anda ketahui jika makanan yang mengandung serat dan lemak mampu bertahan hingga 5-6 jam di dalam tubuh.

• Buka puasa dengan mengonsumsi makanan lembut. Untuk berbuka puasa Anda disarankan untuk mengawalinya dengan makan makanan yang lembut, seperti kolak rumput laut. Hindari makan makanan yang keras karena organ pencernaan biasanya belum stabil. Selain itu Anda disarankan untuk menghindari makanan pedas dan minuman bersoda ketika berbuka puasa.

baca juga : cara mengecilkan perut secara alami tanpa olahraga

• Olahraga ringan. Walaupun sedang berpuasa, Anda harus tetap melakukan olahraga. Olahraga ringan dapat Anda pilih untuk membuat tubuh tetap bugar seperti bersepeda ataupun jalan kaki. Olahraga yang baik dapat Anda lakukan pada sore hari sebelum waktu berbuka tiba.

Itulah beberapa menu buka puasa untuk diet dan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

cara mengecilkan perut buncit dengan puasa dan menu berbuka untuk umur 17 tahun, makanan yg cocok saat buka puasa