Menu Sahur Untuk Diet Sehat

Menu sahur untuk diet tentu dibutuhkan bagi setiap orang yang ingin menurunkan berat badan. Sahur merupakan waktu yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dalam tubuh yang nantinya dijadikan sebagai energi dalam aktivitas sehari-hari. Asupan makanan yang masuk harus Anda perhatikan agar program diet Anda tetap berjalan dengan baik.

Bagi pelaku diet, bulan puasa dapat Anda manfaatkan sebagai waktu yang tepat untuk mendukung Anda dalam menurunkan berat badan. Selama 14 jam tubuh Anda tidak akan mendapatkan asupan makanan. Untuk itu Anda diharuskan memilih menu sahur yang tepat dan dapat memenuhi nutrisi dalam tubuh. Sebenarnya dalam menu makan sahur tidak harus dengan porsi yang banyak. Anda cukup memilih makanan yang berkarbohidrat kompleks.

Menu Sahur Untuk Diet Sehat

Meski sahur dilakukan pada pagi hari, hal ini bukan berarti Anda harus menyantap makanan instant atau cepat saji. Ini karena sahur merupakan waktu yang penting dibandingkan dengan berbuka puasa. Untuk mengawalinya Anda disarankan untuk meminum air putih karena ketika Anda melakukan puasa tentu banyak cairan tubuh yang hilang. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup maka cairan dalam tubuh akan terpenuhi ketika Anda berpuasa seharian.

Daftar Menu Sahur Untuk Diet

Melakukan program diet ketika bulan puasa terkadang membuat orang bingung mengenai menu sahur apa yang akan dipilih. Karena pelaku diet harus memilih menu yang mengenyangkan dan bernutrisi namun tetap rendah lemak. Anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini terdapat beberapa daftar menu sahur yang memiliki nutrisi tinggi dan sangat tepat untuk program diet. Sehingga Anda dapat menjalankan puasa dengan lancar, tetap bugar, serta diet tetap jalan. Berikut di antaranya.

baca juga : menu buka puasa untuk diet sehat

Oatmeal

Cara & Tips >>  Tips Mengecilkan Perut dengan Cepat Secara Alami

Salah satu menu yang dapat Anda pilih saat makan sahur adalah oatmeal. Makanan bersereal ini cukup mengenyangkan dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Oatmeal mengandung serat yang tinggi, dan tidak mengandung lemak, sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Namun rasa oatmeal yang hambar membuat orang tidak menyukainnya. Jika Anda merupakan salah satu diantaranya maka Anda dapat mencampurkan dengan bahan lain. Ban yang lain juga harus masuk kategori menu diet, seperti pisang dan kacang.

Jagung

Menu sahur untuk diet selanjutnya adalah jagung. Makanan menjadi salah satu favorit bagi para pelaku diet di bulan puasa. Jagung memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan kaya akan vitamin B1. Anda dapat merebus jagung sebagai menu sahur yang sehat. Kandungan pada jagung dapat dijadikan energi serta kandungan vitamin B5 mampu berperan untuk metabolisme tubuh. Untuk itu pastikan jagung sudah tersedia di menu sahur Anda.

Cara & Tips >>  Mengatur Pola Makan Diet Sehat

Kentang

Selain jagung, kentang juga merupakan menu makanan yang baik untuk sahur. Kentang mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Agar kandungan pada kentang tidak hilang maka Anda dapat mengolahnya dengan cara direbus. Bagi sebagian besar pelaku diet, kentang berguna sebagai pengganti nasi. Dalam satu buah kentang berukuran sedang mengandung 164 kalori, 4,3 protein, 37 gram karbohidrat, 0,2 lemak, 4,7 serat pangan, dan sama sekali tidak mengandung kolesterol.

Kacang Hijau

Jenis kacang-kacangan merupakan menu makanan sehat untuk diet. Ketika makan sahur Anda dapat memilih kacang hijau sebagai salah satu menu sahur Anda. Saat ini banyak makanan yang berbahan dasar kacang hijau, salah satunya adalah bubur kacang hijau. Agar lebih nikmat Anda dapat menambahkan roti gandum. Namun perlu Anda ketahui bahwa bubur kacang hijau tersebut tidak dicampur dengan santan karena mengandung lemak.

Roti Tawar Gandum

Memilih menu sahur untuk diet selanjutnya adalah dengan roti gandum. Roti tawar gandum hampir sama dengan roti tawar pada umumnya. Yang membedakan adalah roti gandum lebih memiliki serat yang jauh lebih banyak karena proses pembuatannya. Roti gandum dibuat menggunakan tepung gandum dan biji gandum utuh sehingga roti tawar gandum lebih sehat dibanding dengan roti tawar biasa. Agar tidak bosan untuk mengonsumsinya maka Anda dapat menambahkan selai kacang murni.

Cara & Tips >>  Menu Buka Puasa untuk Diet Sehat

kacang hijau1

Dada Ayam

Beberapa orang beranggapan jika diet tidak boleh mengonsumsi daging. Padahal anggapan tersebut tidak selalu benar. Sebenarnya Anda tetap boleh mengonsumi daging asalkan dapat mengolahnya dengan benar. Untuk daging ayam, bagian yang baik untuk dikonsumsi adalah bagian dada. Dada ayam mengandung protein paling tinggi dan sedikit mengandung lemak dibandingkan bagian ayam lainnya. Cara mengolah daging ayam yang paling tepat adalah dengan cara di rebus atau dipanggang.

Ikan Salmon

Menu sahur selanjutnya yang baik untuk diet adalah ikan salmon. Ikan salmon mengandung lemak omega 3 yang dapat mendukung program diet Anda. Lemak dari ikan salmon adalah lemak jenuh yang baik untuk tubuh. Namun dalam pengolahanya tidak boleh dengan cara digoreng agar tdak mengurangi kadungan sehat ikan salmon.

baca juga : cara mengecilkan perut secara alami tanpa olahraga

Itulah beberapa menu sahur untuk diet sehat yang dapat Anda coba di rumah.

PENTING! BACA JUGA Diet Sehat
Menu Buka Puasa untuk Diet Sehat

Menu buka puasa untuk diet yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai kandungan gizi. Setiap makanan memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda....

Cara Diet Yang Sehat & Benar Bagi Kesehatan

Cara Diet Yang Sehat & Benar Bagi Kesehatan - Banyak orang melakukan diet. Tujuan daripada melakukan diet adalah untuk mengurangi...

Cara Mengecilkan Perut Secara Alami Tanpa Olahraga

Cara Mengecilkan Perut Secara Alami Tanpa Olahraga - Cara mengecilkan perut secara alami mungkin telah di tinggalkan oleh sebagian orang...

Close