Obat Panas Dalam Alami Paling Ampuh

Obat panas dalam alami lebih dipilih banyak orang dibanding dengan mengonsumsi obat-obatan medis. Panas dalam merupakan suatu keadaan dimana tubuh mengalami panas yang berlebih pada sistem pencernaan. Panas dalam dapat menyerang siapa saja baik anak-anak hingga orang dewasa. Dan umumnya mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan akan cenderung berisiko terkena panas dalam.

Banyak yang menganggap jika panas dalam merupakan sebuah penyakit, padahal jika dilihat secara medis tidak ada istilah panas dalam. Menurut para ahli, panas dalam merupakan tanda dari respon tubuh ketika mengalami gangguan. Untuk mengatasi hal tersebut terdapat banyak obat panas dalam yang dapat Anda pilih. Namun Anda disarankan untuk memilih obat panas dalam alami. Sebelum mengetahui bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebab dari panas dalam berikut.

Penyebab Panas Dalam

• Kekurangan cairan, vitamin C, dan serta dalam tubuh.
• Terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak dan panas
• Faktor cuaca, seperti pada musim kemarau
• Kondisi seseorang yang mengalami stres
• Tidak stabilnya hormon dalam tubuh
• Daya tahan tubuh menurun

Banyak sekali orang yang tidak menyadari saat terkena panas dalam. Jika dilihat secara fisik maka kondisi seseorang terlihat normal atau biasa, padahal secara medis panas dalam cukup mengganggu kesehatan. Untuk lebih jelasnya perlu Anda ketahui gejala panas dalam berikut ini.

Gejala Panas Dalam

• Muncul gangguan di bagian mulut seperti sariawan, bibir pecah-pecah, serta bau mulut tak sedap.
• Terjadi gangguan pada sistem pencernaan seperti wasir dan susah buang air besar.
• Terjadi gangguan pada tenggorokan seperti peradangan, tenggorokan gatal, kering, dan sebagainya.
• Sering merasa haus dan dehidrasi berat.
• Badan seperti meriang bahkan mengalami panas tinggi
• Merasa sakit ketika menelan makanan.

Untuk mengobati panas dalam menggunakan bahan alami sebenarnya cukup mudah karena bahan-bahan yang digunakan banyak ditemukan disekitar kita. Selain itu, penggunaan bahan alami juga tidak memiliki efek samping dan baik untuk kesehatan tubuh lainnya.

Inilah Obat Panas Dalam Alami

obat panas dalam alami

Air Kelapa Hijau

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengobati panas dalam adalah dengan meminum air kelapa hijau yang masih muda. Air kelapa hijau mengandung senyawa elektrolit yang bermanfaat untuk mengatasi panas dalam dan mencegah dehidrasi. Selain itu air kelapa hijau yang masih muda dapat meningkatkan ion tubuh. Untuk mengobati panas dalam, Anda dapat meminum langsung air kelapa hijau. Tetapi untuk hasil yang maksimal, Anda dapat mencampurkan beberapa sendok madu alami. Anda mengonsumsi air kelapa hijau secara rutin agar panas dalam cepat diatasi.

Cuka Sari Apel

Obat panas dalam alami yang dapat Anda gunakan selanjutnya adalah cuka sari apel. Cuka apel berbeda dengan cuka pada umumnya. Perbedaan yang paling menonjol adalah tingkat kekerasaannya. Cuka apel cenderung lebih lembut dibanding cuka jenis lainnya. Cuka sari apel juga mengandung antibaterial serta vitamin C yang cukup tinggi. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan 5 sendok makan cuka sari apel dengan segelas air hangat. Anda dapat menggunakan air tersebut untuk berkumur selama 5 menit. Setelah itu uang dan Anda dapat berkumur menggunakan air hangat.

Madu dan Perasan Lemon

Seperti yang kita ketahui jika madu mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, salah satunya adalah mengobati panas dalam. Namun untuk hasil yang maksimal, Anda dapat mencampurkan madu dengan perasan buah lemon. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan 6 sendok makan madu dan 3 sendok makan perasan lemon. Anda dapat meminum campuran bahan alami tersebut dua kali sehari ketika bangun dan menjelang tidur.

Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan bahan alami yang mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan serta tersebut mampu melancarkan pencernaan dan menghilangkan panas dalam. Bahkan jika dikonsumsi secara rutin maka dapat meningkatkan sistem imun tubuh secara bertahap. Untuk obat panas dalam alami, cara menggunakannya adalah siapkan dua genggam kacang hijau kemudian rebus menggunakan 3 gelas air dan tunggu hingga tersisa satu gelas. Agar rasanya nikmat Anda dapat menambahkan jahe dan gula batu secukupnya. Sebelum Anda minum, saring rebusan kacang hijau terlebih dahulu. Anda dapat meminumnya 1 kali sehari hingga panas dalam sembuh.

Telur Ayam Kampung

Telur ayam kampung sering digunakan untuk jamu tradisional oleh para orang tua. Namun ternyata, telur ayam kampung juga dapat digunakan untuk mengobati panas dalam yang efektif. Caranya adalah siapkan 1 butir telur ayam kampung kemudian buat lubang sedikit pada bagian ujung. Tuang hingga putih telur keluar. Setelah itu buka lubang dan tenggak kuning telur secara langsung.

baca juga : cara mengatasi radang tenggorokan dengan cepat

Itulah beberapa obat panas dalam alami paling ampuh yang dapat Anda coba.

cara agar bisul cepat kempes