Obat Sakit Pinggang Sebelah Kanan dari Resep Tradisional

Obat Sakit Pinggang Sebelah Kanan dari Resep Tradisional – Sakit pinggang bisa saja terjadi misal pada area atau bagian kanan dan karenanya perlu diketahui obat sakit pinggang sebelah kanan. Ada banyak penyebab sakit pinggang sebelah kanan misalnya keseleo ataupun cidera karena Anda terjatuh atau posisi tidur yang salah. Selain itu, sakit pinggang bisa terjadi karena gangguan di empedu seperti peradangan yang juga sering disebut dengan batu empedu. Yang terakhir tentunya, sakit pinggang dapat terjadi karena gagal ginjal dan hal tersebut hanyalah salah satu gejalanya.

daun-dewa

Selain berbagai macam penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang sudah dibahas di atas, sebetulnya masih banyak hal yang dapat membuat pinggang bagian sebelah kanan kita sakit. Oleh karena itu, berikut beberapa resep tradisional yang bisa dicoba jika sakit pinggang muncul. Tentunya kalau sakit pinggang yang terjadi disebabkan oleh penyakit parah semacam gagal ginjal, tentunya harus segera periksa ke dokter.

Resep Obat Alami yang Bisa Digunakan untuk Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Akar ilalang: Akar ilalang rupanya bisa dipakai sebagai obat herbal hanya dengan merebus akar tersebut secukupnya kemudian disaring dan air rebusan diminum dua kali per hari secara teratur. Jangan lupa untuk meminum airnya setelah agak dingin.

Daun Dewa: Untuk merebus dan meminum air rebusan Daun Dewa perlu dipersiapkan:
500 mililiter air.
30 gram Daun Dewa dan temulawak,
25 gram Daun Baru Cina.
Caranya hanya tinggal membersihkan semua bahan-bahan, kemudian direbus dan disaring. Kandungan dari Daun Dewa seperti senyawa flavonoid, saponin, dan minyak atsiri baik untuk mengatasi sakit pinggang.

Buah Takokak: Untuk meminum air rebusan buah takokak caranya dengan mempersiapkan:
100 gram buah takokak, pilih yang masih segar.
600 mililiter air.
30 gram rambut jagung.
20 gram jahe merah.
10 gram adas.
Caranya hanya tinggal membersihkan semua bahan-bahan, kemudian direbus dan disaring. Minumlah air rebusan buah takokak saat masing hangat.

Jahe Merah: Resep jahe merah dibuat dengan cara yang sama seperti resep-resep sebelumnya yaitu dengan mempersiapkan:
25 gram jahe merah dan temulawak hitam.
30 gram akar sawi langit dan daun dewa.
600 mililiter air.
Rebus semua bahan-bahan di atas dengan 600 mililiter air, kemudia saring dan minumlah air rebusan tersebut saat masih hangat.

Itulah beberapa resep tradisional untuk obat sakit pinggang yang bisa terjadi di sebelah kanan. Selain membuat sendiri, sekarang juga banyak dijual obat-obat herbal dalam bentuk kapsul yang praktis untuk dicoba. Namun, perlu diingat pula jika sakit pinggang tetap tidak berkurang atau belum sembuh dalam jangka waktu lumayan lama segeralah periksakan diri ke rumah sakit.

BACA TIPS INI JUGA  Cara Menurunkan Demam Tinggi Anak dan Pada Orang Dewasa