Obat Untuk Gusi Bengkak Karena Tumbuh Gigi Mujarab

Obat Untuk Gusi Bengkak Karena Tumbuh Gigi Mujarab – Gusi bengkak bernanah adalah penyakit cukup serius yang terjadi di bagian belakang dalam mulut dengan efek sakit pada penderitanya seperti tersiksa karena merasakan ada denyutan sangat menyakitkan dari gusi yang mengalami peradangan hingga terasa sampai di kepala. Gusi bengkak dan karena sariawan dan panas dalam bisa memicu sakit pada gigi, ini dikarenakan gusi adalah sebuah jaringan kokoh yang letaknya menempel pada bagian bawah gigi.

Penyebab mengapa gusi menjadi bengkak perlu dicari tahu dahulu agar nantinya akan lebih mudah untuk mengobatinya. Dilihat secara medis penyebab yang paling sering adalah.

obat untuk gisi bengkak dan bernanah mujarab

Penyebab Gusi Bengkak dan Sakit Tenggorokan

1. Peradangan Gusi
Dengan Adanya peradangan atau karena infeksi iritasi pada gusi tidak jarang mengakibatkan mumculnya pembengkakan di bagian belakang gusi. Radang gusi atau lebih dikenal denagn gingivitis timbul akibat kondisi kebersihan di dalam mulut yang tidak terawat dengan baik. Banyak sekali plak (lapisan pada gigi yang terbentuk dari sekumpulan bakteri) yang melapisi bagian gigi, lama kelamaan akan seperti menusuk-nusuk gusi dikarenan sudah berubah menjadi karang gigi yang cukup sulit untuk dibersihkan.

Dan apabila tidak secepatnya diobati nantinya dapat merontokkan gigi yang menempel pada bagian gusi yang sedang meradang tersebut.

2. Kehamilan
Pada saat ibu hamil hormon pada tubuh meningkatkan aliran darah pada gusi yang nantinya akan membuatnya lebih mudah mengalami iritasi, dan kemudian lambat laun menyebabkan gusi menjadi bengkak. Perubahan aktifitas hormonal ini bisa berpotensi meningkatkan resiko akan terserang radang gusi dikarenan tubuh tidak mampu melawan bakteri yang mengakibatkan infeksi gusi.

Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Berair Secara Alami Tradisional agar Cepat Kempes

Obat untuk gusi bengkak haruslah tepat. Yang direkomendasikan para ahli untuk meredakan rasa sakit karena cabut gigi ataupun karena geraham bungsu tumbuh.

  • Menggunakan ramuan obat kumur yang bisa dibuat sendiri dari bahan larutan garam dan air hangat guna membersihkan bagian gigi, gusi, & rongga mulut dari berbagai bakteri.
  • Membasahi rongga dalam mulut dengan cara meminum banyak air putih, tujuan utama yakni membantu merangsang produksi air liur agar meningkat yang membunuh bakteri penyebab pembengkakan.
  • Menggosok gigi secara benar agar tidak membuat iritasi pada gusi.
  • Hindarilah pemakaian obat kumur dengan kandungan zat yang dapat memperparah gusi yang bengkak.
  • Berhentilah untuk menghisap rokok karena tembakau bisa semakin memperburuk kondisi ini, dan jangan pula minum-minuman beralkohol saat kondisi gusi masih bengkak.
  • Melakukan pemijatan secara perlahan pada gusi merupakan cara alternatif termudah.
  • Langkah terakhir, kompreslah menggunakan kain yang sebelumnya telah dicelupkan pada air hangat di bagian luar (pipi) gusi bengkak berguna untuk meredakan rasa sakit karena infeksi pada gusi.

Obat untuk Gusi Bengkak Dari Resep Dokter

Guna mempercepat proses pemulihan, Anda bisa meminum obat untuk gusi bengkak yang biasa diberikan dokter seperti berikut.

Obat penghilang rasa sakit

Pertama-tama Anda bisa meminum obat untuk mengurangi serta menghilangkan rasa sakit yang terjadi akibat gigi berlubang, yakni analgesik yang bisa dengan mudah ditemukan di apotik , contohnya yaitu ibuprofen, metampiron (antalgin), & asam mefenamat.

Antibiotikberguna untuk membunuh kuman atau bakteri penyebab infeksi gusi. Dapat Anda minum sesuai dengan yang telah dokter anjurkan.

Obat anti-radang berguna untuk mengatasi peradangan yang timbul pada gusi yang bengkak serta area lainnya dalam mulut. Sebelum mengkonsumsi obat ini sebelumnya pastikan Anda sudah menyesuaikan seperti dengan petunjuk dokter.

Bisa juga menggunakan obat untuk gusi bengkak tradisional yang membantu untuk mengempeskan gusi yang meradang secara perlahan.

Kulit Andong

Bahan: Kulit andong & garam (secukupnya).
Cara pembuatan: Bersihkan bagian kulit andong menggunakan air bersih, lalu kupas & tambahkan dengan sedikit garam. Lalu Ramuan tersebut diaduk, kemudian oleskan pada tempat yang terasa sakit.

Krokot
Bahan: Krokot (200 gram) & air (3 gelas).
Cara pengobatan: Cuci dulu kulit krokot, setelah itu rebuslah bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih & tinggal tersisa 1 gelas saja. Tunggu sampai dingin, minumlah air tersebut sampai habis.

Cara Mencegah Gusi Bengkak dan Bernanah Kambuh(Lagi)
  • Setelah makan, menjelang akan tidur, & bangun tidur di pagi hari rajin-rajinlah untuk menggosok gigi ataupun melakukan flossing.
  • Paling tidak setiap enam bulan sekali berkunjunglah ke dokter gigi untuk membersihkan bekas kotoran pada gigi yang tidak dapat dihilangkan hanya dengan cara menyikat gigi saja (plak atau karang gigi).
  • Apabila kondisi dalam mulut Anda sering sekali kering, tanyakan pada dokter mengenai obat kumur serta pasta gigi yang aman untuk kondisi ini.
  • Makanlah buah atau minumlah suplemen yang kaya akan kandungan vitamin C, kalsium, & asam folat berguna untuk mencegah gusi bengkak kambuh lagi.

Dalam beberapa kasus tapi jarang, gusi bengkak dapat disertai dengan nanah (abses gingiva). Pada saat kondisi sudah sampai separah itu, tindakan yang harusnya dilakukan yakni insisi & drainase (mengeluarkan nanah dengan menyayat gusi agar nanah tersebut keluar & bisa dibersihkan sesuai dengan prosedur secara medis).

Penting: Perlu untuk ketahui apabila gusi bengkak sudah lebih dari dua minggu. Anda harus berobat ke dokter spesialis & bercerita mengenai masalah yang sedang saat ini alami, seperti kapan mulainya terjadi pembengkakan & apakah sudah sering terjadi. Kadang untuk mengecek ada atau tidaknya infeksi, dokter biasanya akan melakukan tes darah.

cara mengobati gusi bengkak karena tumbuh gigi geraham, obat gusi bengkak karena tumbuh gigi geraham, obat gusi bengkak karena tumbuh gigi, cara mengatasi tumbuh gigi pada remaja, obat tumbuh gigi orang dewasa, cara pengobatan gusi rahang bengkak akibat gigi tumbuh, nama obat meredakan gigi tumbuh, mengobati bengkak gigi tumbuh, kenapa gigi rahang sakit gusi bengkak, gusi tisak menempel pada gigi geraham, gusi bengkak mau, cara menyayat gusi bernanah, gusi bengkak akibat sakit gigi, gigi bengkak, geraham bungsu berdarah