Pencegahan Kanker Serviks mulai dari sekarang

Pencegahan kanker serviks – Lebih baik mencegah daripada mengobati.kanker serviks menjadi penyakit yang menakutkan untuk setiap perempuan. Jarang sekali ada yang menyadari gejalanya, bahkan menurut penelitian menunjukan wanita yang terinfeski virus papiloma manusia (penyebab kanker serviks) baru memeriksakan dirinya setelah berada di stadium 3 yang membikin penderita mengalami kerusakan organ-organ didlam tubuhnya. Tak menutup kemungkinan pola kehidupan kamu sangat beresiko mengalami kanker serviks.
Kamu bisa melakukan pencegahan penyakit Ini dengan cara dibawah ini :


1. Pemberian vaksin kanker serviks
Keganasan kanker serviks bisa menyerang perempuan siapa saja.Vaksin bisa diberikan kepada wanita berumur 11-26 tahun. Vaksin diberikan di bulan 0,1 dan ke 6. Untuk kamu yang pernah memiliki riwayat terinkfesi virus penyebab kanker serviks bisa diberikan vaksinasi dengan efektifitas yang kurang. Vaksinasi dapat diberikan di dokter kandungan. Vaksinasi hanya diberikan untuk pencegahan bukan sebagai pengobatan.

Cara & Tips >>  Pengertian diabetes melitus adalah..

2. Deteksi memakai Pap Smear untuk pencegahan kanker serviks
Pap smear adalah metode skrining agar bisa mendeteksi kanker serviks. Tes ini telah terbukti mampu mendeteksi dini kalau terinfeksi virus papilopa manusia, sehingga mampu meminimalisir resiko terinfeksi kanker serviks & memperbaiki prognosis. Cara ini dianjurkan untuk kamu yang ingin mencegah sejak dini bisa melakukan pap smear satu tahun sekali untuk wanita yang telah menginjak umur 35 tahun, wanita yang memiliki riwayat menderita infeksi HPV, perempuan pengguna pil kontrasepsi. Lakukanlah sesering mungkin kalau hasil pap smear kamu menunjukan tidak normal atau sesudah pengobatan prekanker . Bagi kamu yang akan melakukan tes pap smear perhatikan ketentuannya supaya mendapat yang hasil akurat :

-Melakukan pap smear dua minggu setelah
hari pertama haid.
-Sebelum pemeriksaan sebaiknya tidak
memakai obat/ bahan herbal pencuci mulut alat
kewanitaan.
-Penderita paska persalinan paling baik datang 6-8
minggu untuk pemeriksaan pap smear.
-24 jam sebelum pemeriksaan tidak
diperbolehkan berhungan seksual

Kamu akan memperoleh hasil pap smear sesuai dengan hasil sesudah dilakukan pengambilan sel permukaan serviks dengan menggunakan spatula, yang kemudian setelahnya akan diproses oleh dokter ahli patologi.

Cara & Tips >>  Penyebab darah kental yang sangat membahayakan tubuh

3. Hindari berhubungan seks bebas
Virus papiloma manusia adalah virus yang dapat menular melalui hubungan
seksual. Fakta membuktikan hubungan seksual dengan bergonta-ganti pasangan adalah penyebab utama penularan virus ini.

4. Jangan merokok
Sudah jelas bahwa rokok didalamnya memiliki za-zat yang berbahaya bagi tubuh manusia, tetapi masih banyak orang menganggap remeh hal tersebut. Bagi kamu wanita, 30 persenpenderita kanker serviks adalah wanita perokok aktif. Penyebabnya utamanya adalah kandungan zat kimia yang ada didalam rokok memicu infeksi virus HPV ini.

5. Hindarilah diet tidak seimbang
Diet mungkin menjadi hal yang sangat penting bagi wanita untuk menjaga penampilan badanya, tapi tahukah kamu jika kamu melakukan diet dengan menghindari
asupan sayur dan buah, itu adalah diet salah yang salah . Diet yang tidak benar dapat memicu perkembangan virus penyebab kanker serviks. Kandungan yang ada di dalam sayur dan buah sebaliknya mampu membantu untuk melindungi kamu dari serangan penyakit kanker serviks.Perhatikan juga minuman dan makanan kamu jangan sampai mengandung zat berbahaya seperti pewarna, pengawet dan penyedap rasa.

Cara & Tips >>  Penyebab dan Gejala Awal Kanker Usus Besar

6. Produk kimia berbahaya
Pada zaman sekarang yang serba instan sekarang ini sebenarnya mampu lebih cepak memicu resiko terkena kanker. Kandungan zat berbahaya yang ada dalam pembungkus & bahan plastik yang terkena panas memicu munculnya kanker. Kurangilah pemakaian sterofom, bahan dari plastik yang dipanaskan atau terkena plastik.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan pencegahan kanker serviks semoga bermanfaat.

PENTING! BACA JUGA Penyakit Dalam
Penyebab darah kental yang sangat membahayakan tubuh

Penyebab darah kental - Mungkin anda pernah mendengar suati saran dari teman anda atau seorang dokter "Mengapa sih harus minum...

Cara kerja ginjal dalam sistem ekskresi

Cara kerja ginjal – Ginjal merupakan organ tubuh manusia yang bertugas menyaring sisa zat metabolisme yang tidak dibutuhkan lagi yang...

Penyakit jantung rematik,definisi dan gejalanya

Penyakit Jantung Rematik biasa disingkat (PJR) atau juga disebut Rheumatic Heart Disease (RHD) dalam bahasa kedokteran .Ini merupakan salah satu...

Close