Pengertian Penyebab Gejala Penyakit OCD Berikut Solusinya

Pengertian penyakit OCD – Mungkin secara tidak sadar teman atau keluarga anda mengalami penyakit ini. Sebenarnya OCD penyakit apa? mari coba kita bahas di artikel ini. Penyakit OCD mungkin di sebagian besar masyarakat kita tidak menganggapnya sebagai gangguan yang serius. Memang orang yang menderita penyakit ini terlihat seperti anak normal. Namun, kalo anda berbicara dengan dia pasti ada sesuatu yang tidak beres. Biasanya penderita OCD kalau bicara sering mengulang kata-katanya dan kalau menceritakan suatu kejadian atau peristiwa dia akan menceritakan secara urut dari awal sampai akhir. Dan kalo dia merasa salah dalam berkata dia akan menceritakannya mulai dari awal lagi kalao tidak pasti di raut mukanya terlihat cemas.

penyakit-ocd-adalah

Bisa dikatakan ocd ( obsessive compulsive disorder ) adalah penyakit kejiwaan. Yaitu suatu gangguan pikiran cemas yg dimiliki seseorang, dan dalam pikiran otaknya terdapat obsesi yang sangat besar. Untuk menyalurkan obsesinya itu dengan melakukan pekerjaan secara kompulsif ( berulang-ulang) untuk mengurangi kecemasanya. Atau dengan kata lain suatu keadaan yang sangat susah sekali mengontrol keinginan didalam otaknya sehingga menyalurkanya menjadi sebuah tindakan yang diluar wajar.

Penyebab Penyakit OCD
Berikut beberapa faktor yang mendasari penyebab penyakit ini:
– karena faktor keturunan
– Pengalaman yang tak terduga di masa lalu
– Memiliki ganguan obsesif – kompulsif sehingga menimbulkan depresi
– Memiliki riwayat pengalaman pribadi yang merupakan suatu konflik

Mungkin gangguan OCD ini sangat mirip seperti orang yang sedang depresi, karena gejala OCD hampir sama seperti sedang mengalami depresi. Gangguan OCD sangat berkaitan dengan depressi, atau riwayat kecemasan yang pernah dialaminya dulu. Beberapa gejala penderita OCD seringkali juga memperlihatkan gejala yang mirip dengan depresi. Sebagai contoh perilaku orang yang mengidap OCD seorang ibu ketika dalam pikiranya sedang depresi , dia akan terus berucap dan memiliki suatu obsesi untuk membunuh anaknya.

Kalau tidak segera ditangani penyakit kejiwaan ini bisa menjadi serius. Salah satu mengobatinya dengan cara
Hipnoterapi .Tapi untuk memilih seorang hipnoterapis anda harus selektif. Jadi pilihlah Hipnoterapis yang sudah berpengalaman atau memiliki jam terbang yang sudah tinggi. Sekilas pengertian penyakit ocd semoga dapat dimengerti.

Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Ocd

Sebenarnya dapat diamati dari perilaku pengidap sakit ini. Mungkin perilaku tidak normal atau nggak rasional juga disadari oleh penderitanya. Tetapi untuk mengurangi rasa cemas dalam dirinya tetap saja dia mengeluarkan dalam berupa perbuatan yang tidak masuk akal. Penyakit satu ini memang sangatlah kompleks karena penderitanya ketika menyalurkan perbuatannya bukan untuk suatu kepuasan akan tetapi untuk menghilangkan rasa khawatir , stress atau depresi dalam dirinya.

Beberapa perilaku kecil seseorang pengidap ODC ini seperti ketika dia mendapati tangannya kotor kemudian mencuci tangannya sampai bersih. Tapi, walapun tangan nya sudah bersih dia memilki perasaan kalau masih kotor dan mencucinya kembali. Dan perilaku itu akan terus diulang jika pikiran cemas kembali timbul.

Demikian pengertian dan penyebab apa itu penyakit OCD yang bisa saya sampaikan kepada para pembaca sekalian. Semoga tulisan ini bisa dimengerti dan tidak membuat bingung . Terima kasih

penyakit OCD